Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Mau Tahu Resep Rendang Kentang Jamur Selengkapnya? Baca ini

Mau Tahu Resep Rendang Kentang Jamur Selengkapnya? Baca ini

Rendang Kentang Jamur
Lazada

Resep rendang kentang jamur

Resep rendang kentang jamur bisa dijadikan menu alternatif pilihan. Anda pasti sudah mengetahui bahkan pernah menyantap rendang, bukan?

Menu masakan khas Minang yang berbahan daging sapi dan rasanya sangat lezat. Namun sayangnya, harga daging sapi sekarang sedang meroket, sehingga tidak dapat memasak rendang daging semacam itu.

Anda tidak perlu khawatir karena masih bisa memasak rendang, tetapi mengganti bahan di dalamnya dengan kentang dan jamur.

Rasa bumbu rendangnya masih kuat dan kentang jamurnya tetap lezat saat dimasak dengan bumbu tersebut. Anda yang sangat penasaran dengan rasanya silahkan memasak sendiri di rumah resep rendang kentang jamur. Untuk lebih jelasnya, baca dulu uraian berikut.

Bahan-bahan

  1. 3 buah kentang ukuran besar dikupas lalu dipotong dadu
  2. 300 gram jamur tiram segar dicuci bersih
  3. 500 ml air kelapa muda
  4. 500 ml santan kental
  5. 200 gram kelapa parut yang sudah disangrai
  6. 100 gram kacang merah direbus hingga matang
  7. 5 sendok makan minyak goreng
  8. 1 sendok makan kaldu bubuk ayam

Bumbu 1 yang dihaluskan

  1. 10 siung bawang merah
  2. 5 siung bawang putih
  3. 15 buah cabai merah keriting
  4. 5 buah cabai rawit merah atau sesuai selera
  5. 3 cm jahe
  6. 1 sendok teh ketumbar
  7. 1 sendok teh merica bubuk

Bumbu 2

  1. 5 biji kapulaga
  2. 5 lembar daun jeruk
  3. 5 buah cengkih
  4. 3 buah pekak atau bunga lawang
  5. 2 cm kunyit digeprek
  6. 2 batang serai digeprek
  7. 2 lembar daun salam
  8. 2 lembar daun kunyit diiris halus
  9. 1 sendok makan asam Jawa dilarutkan dengan air

Cara memasak rendang kentang jamur

Setelah semua bahan dan bumbu diatas disediakan, Anda dapat segera mempraktikkan cara memasak resep rendang kentang jamur dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Siapkan wadah baskom, lalu masukkan kentang, jamur tiram, air kelapa, dan kaldu bubuk. Aduk merata dan diamkan selama 20 menit agar bumbu meresap. Diketahui bahwa campuran dari air kelapa dan kaldu bubuk dapat dijadikan bumbu rendaman yang akan menghasilkan tekstur bahan lebih juicy serta gurih.
  2. Selanjutnya, panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng yang sudah disiapkan. Setelah panas, tumis bumbu 1 yang sudah dihaluskan hingga harum. Setelah itu, masukkan satu per satu semua bumbu 2 ke dalam wajan. Tumis hingga semua bahan layu.
  3. Tuangkan santan kental ke dalam wajan, lalu kecilkan api kompor. Aduk perlahan terus menerus agar santan tidak pecah. Tambahkan kelapa parut dan terus diaduk perlahan.
  4. Setelah itu, masukkan kentang, jamur, dan semua bumbu rendaman ke dalam wajan. Aduk perlahan terus hingga kuahnya menyusut.
  5. Selanjutnya, masukkan kacang merah dan masak terus hingga sedikit mengering. Jangan lupa untuk mencicipi sedikit masakannya untuk mengkoreksi rasanya. Jika sudah pas rasanya, matikan kompor karena masakan sudah matang. Siap disajikan.
  6. Siapkan piring saji untuk plating. Tuangkan masakan rendang kentang jamur yang sudah matang diatasnya. Anda bisa melengkapinya dengan nasi putih hangat saat ingin menyantapnya.

Ternyata, cara memasaknya tidak begitu sulit, bukan? Anda bisa coba memasak resep rendang kentang jamur tersebut di rumah. Setelah matang, silakan dicicipi bersama seluruh keluarga. Selamat mencoba.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan BalasanBatalkan balasan

Exit mobile version