Lompat ke konten
Advertisements
Home » Resep Gulai Itik Khas Aceh yang Rasanya Menggugah Selera

Resep Gulai Itik Khas Aceh yang Rasanya Menggugah Selera

Gulai Itik Khas Aceh

Resep gulai itik

Resep gulai itik khas Aceh menjadi salah satu kekayaan kuliner Nusantara yang hingga sekarang masih bertahan di tengah gempuran masakan atau makanan mancanegara.

Kita semua seharusnya bangga dengan kuliner tradisional yang dimiliki sendiri. Mulai dari bahan, bumbu, hingga cara memasaknya mempunyai nilai autetik tersendiri. Begitu juga dengan masakan gulai itik ini.

Masakannya menggunakan daging itik atau bebek yang direbus dan dimasak cukup lama agar empuk. Sementara itu, bumbu yang digunakan rempah-rempah khas Nusantara yang menjadikan citarasanya semakin berkelas.

Anda yang penasaran dengan rasa gulai itik khas Aceh bisa memasaknya di rumah. Namun sebelumnya, silahkan membaca selengkapnya resep gulai itik berikut yang semoga bermanfaat.

Bahan-bahan

  1. 1 ekor itik atau bebek segar ukuran sedang (Anda juga bisa memasak bagian kepala dan ati ampelanya)
  2. 200 ml santan kental dari 1 butir kelapa
  3. 50 gram kelapa parut disangrai, lalu dihaluskan
  4. 2 sendok teh garam
  5. ½ sendok teh merica bubuk
  6. ½ sendok teh gula pasir
  7. 500 ml santan encer dari sisa perasan santan kental
  8. 1 buah jeruk nipis
  9. Kaldu bubuk secukupnya
  10. Minyak goreng secukupnya untuk menumis
Baca Juga :  Resep Ayam Taliwang asli Lombok

Bumbu yang dihaluskan

  1. 5 siung bawang merah
  2. 3 siung bawang putih
  3. 4 buah cabai merah besar
  4. 2 cm jahe
  5. 2 cm lengkuas
  6. 5 buah cengkih
  7. 1 sendok makan ketumbar
  8. 2 buah bunga pala
  9. ½ sendok teh pala
  10. ½ sendok teh ada manis

Cara memasak gulai itik

Sponsor topwisata.info

Setelah semua bahan dan bumbu diatas disiapkan, Anda bisa segera mempraktikkan resep gulai itik dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Bersihkan dulu bebek atau itik di bawah air mengalir. Buang semua kotoran dan mungkin bulu-bulu kecil yang masih menempel di kulitnya. Setelah itu, potong menjadi 10 bagian atau sesuai selera Anda.
  2. Siapkan wadah baskom, lalu masukkan semua potongannya ke dalamnya. Tambahkan garam dan beri perasan jeruk nipis. Aduk merata dan diamkan sekitar 15 menit untuk menghilangkan bau amisnya.
  3. Setelah 15 menit, bilas potongan daging di bawah air mengalir hingga bersih. Setelah itu, rebus sekitar 30 menit hingga mengeluarkan busa. Angkat dan tiriskan.
  4. Siapkan wajan penggorengan dan beri minyak goreng cukup banyak untuk menggoreng daging bebek/itik. Pastikan minyak sudah panas barulah memasukkannya satu per satu. Goreng hingga berwarna kuning kecoklatan. Angkat dan tiriskan. Sisihkan dulu.
  5. Panaskan wajan penggorengan lagi dan beri minyak goreng 2 sendok makan saja untuk menumis. Setelah minyak panas, tumis semua bumbu halus hingga harum.
  6. Tuangkan santan kental ke dalamnya, lalu kecilkan api kompor. Aduk merata perlahan agar santan tidak pecah. Tambahkan kelapa parut dan terus diaduk perlahan.
  7. Bumbui dengan garam dan kaldu bubuk secukupnya. Aduk merata. Setelah itu, potongan itik/bebek yang sudah digoreng tadi. Aduk merata lagi.
  8. Tuangkan santan encernya dan aduk merata. Masak hingga mendidik dan kuahnya menyusut. Jangan lupa mencicipi sedikit kuahnya untuk mengkoreksi rasanya. Jika dirasa masih kurang sedap, Anda bisa menambahkan kaldu bubuk secukupnya, lalu mengaduknya lagi sebentar. Setelah itu, matikan kompor dan masakan siap disajikan.
  9. Siapkan mangkuk saji untuk plating. Tuangkan masakan gulau itik yang sudah matang diatasnya. Taburi bawang merah goreng secukupnya, jika ada. Lengkapi dengan nasi putih hangat atau irisan lontong saat ingin menyantapnya.
Baca Juga :  Yuk, Masak Lontong Sayur di Rumah untuk Sarapan Pagi

Resep gulai itik khas Aceh sudah matang dan siap disantap. Anda yang sudah membaca langkah-langkahnya diatas silahkan mempraktikkan sendiri di rumah. Dijamin rasanya menggugah selera. Selamat mencoba.

Lihat Videonya :

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Sponsor topwisata.info