Lompat ke konten
Home » Resep » Resep Ayam Saus Lemon yang Cocok untuk Menu Makan Siang Keluarga

Resep Ayam Saus Lemon yang Cocok untuk Menu Makan Siang Keluarga

Ayam Saus Lemon (1)
Lazada

Resep ayam saus lemon

Inilah resep ayam saus lemon yang bisa menjadi salah satu menu makan siang atau malam Anda bersama keluarga.

Daging ayam fillet yang dimasak tepung, lalu disajikan dengan disiram saus lemon yang segar. Dipastikan rasanya benar-benar mantul dan menggugah selera. Sangat cocok menjadi santapan semua umur dari anak-anak hingga orang tua.

Untuk memasak menu ayam saus lemon juga tidak begitu sulit. Sementara itu, bahan-bahannya juga mudah didapatkan dengan harga cukup terjangkau.

Anda yang ingin memasaknya di rumah silahkan membaca resep ayam saus lemon selengkapnya berikut yang semoga bermanfaat.

Bahan utama

  1. 500 gram daging ayam fillet tanpa tulang
  2. Minyak goreng secukupnya

Bahan untuk perendam

  1. 2 siung bawang putih dihaluskan
  2. 1 cm jahe digeprek dan dihaluskan
  3. ½ sendok teh garam
  4. ½ sendok teh merica bubuk
  5. 1 gelas susu sapi

Bahan tepung kering

  1. 7 sendok makan tepung terigu
  2. 2 sendok makan tepung maizena
  3. ½ sendok teh garam
  4. ½ sendok teh merica bubuk

Bahan untuk saus

  1. 2 siung bawang putih dicincang halus
  2. ¼ sendok teh kaldu bubuk
  3. 3 gelas air
  4. 3 sendok makan air perasan jeruk lemon
  5. ¼ sendok teh parutan kulit jeruk lemon
  6. 2 sendok makan madu
  7. 2 sendok makan gula pasir
  8. ¼ sendok teh garam
  9. 1 sendok makan tepung maizena dilarutkan dengan 3 sendok makan air
  10. 1 sendok makan margarin untuk menumis

Cara memasak ayam saus lemon

Setelah semua bahan diatas lengkap disediakan, Anda bisa segera mempraktikkan cara memasak resep ayam saus lemon dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Bersihkan dulu daging ayam fillet yang sudah disiapkan di bawah air mengalir. Setelah itu, potong-potong daging bentuk memanjang. Sisihkan.
  2. Selanjutnya, siapkan wadah baskom dan masukkan satu persatu semua bahan perendam ke dalamnya. Aduk merata, lalu masukkan potongan daging ayam ke dalam adonan. Aduk merata dan diamkan sekitar 30 menit.
  3. Siapkan wadah baskom lainnya, lalu masukkan satu per satu semua bahan tepung kering ke dalamnya. Aduk merata. Sisihkan.
  4. Selanjutnya, panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng secukupnya untuk menggoreng daging ayam. Ambil satu per satu potongan daging ayam, lalu guling-gulingkan ke dalam adonan tepung kering. Setelah itu, masukkan ke dalam minyak goreng yang sudah panas.
  5. Lakukan langkah tersebut untuk semua daging ayamnya. Goreng hingga matang dan berwarna kecoklatan. Setelah matang, angkat dan tiriskan. Sisihkan dulu sebentar agar bisa mendingin.
  6. Langkah berikutnya membuat saus lemon. Caranya, panaskan wajan penggorengan lagi dan beri margarin yang sudah disiapkan. Setelah panas dan meleleh, masukkan satu per satu semua bahan saus lemon, kecuali larutan tepung maizena.
  7. Masak di api kompor kecil saja dan aduk merata merata hingga mendidih. Setelah itu, tuangkan larutan maizena dan aduk lagi hingga kuahnya mengental. Jangan lupa untuk mencicipi sedikit sausnya untuk mengkoreksi rasanya. Jika sudah pas di lidah, matikan kompor dan saus lemonnya sudah matang.
  8. Siapkan piring saji untuk plating. Taruh dan tata ayam goreng tepung yang sudah matang diatasnya. Setelah itu, siram dengan saus lemon. Anda juga bisa memisahkan saus lemonnya dalam mengkuk kecil terpisah. Lengkapi dengan nasi putih hangat saat ingin menyantapnya.

Itulah cara memasak resep ayam saus lemon yang direkomendasikan untuk Anda sekalian. Jika Anda sangat penasaran dengan rasanya, silahkan memasaknya di rumah dengan langkah-langkah seperti yang diuraikan diatas. Selamat mencoba.

Lihat Videonya :

Cara Membuat Ayam Goreng Saus Lemon
Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan BalasanBatalkan balasan

Exit mobile version