Lompat ke konten
Home » Resep » Resep Makaroni Goreng Pedas Manis untuk Cemilan di Rumah atau Dijual Lagi

Resep Makaroni Goreng Pedas Manis untuk Cemilan di Rumah atau Dijual Lagi

Makaroni Goreng Pedas Manis

Resep makaroni goreng pedas manis

Resep makaroni goreng pedas manis cukup mudah untuk mempraktikkannya. Hasilnya, makaroni goreng tersebut bisa Anda jadikan cemilan atau makanan kecil untuk disantap bersama seluruh keluarga dan orang terdekat.

Bahkan, Anda juga bisa menjualnya secara offline maupun online untuk mendapatkan keuntungan. Sangat menarik, bukan?

Makaroni goreng yang biasanya dijual di plastik kecil untuk jajan anak-anak sekolahan dan rasanya hanya gurih asin saja. Untuk yang sekarang, makaroninya dimasak dengan bumbu pedas manis, sehingga lebih sedap untuk dimakan.

Level pedasnya juga bisa Anda tentukan sendiri sesuai selera masing-masing. Lalu, bagaimana resep makaroni goreng pedas manis selengkapnya? Berikut uraiannya yang harus Anda baca.

Bahan-bahan

  1. 250 gram makaroni basah
  2. 6 lembar daun jeruk diiris tipis
  3. 4 sendok makan gula pasir
  4. 1 sendok makan garam
  5. 1 sendok makan air asam Jawa
  6. ½ sendok kaldu bubuk
  7. 1 gelas air putih
  8. Minyak goreng secukupnya
Baca Juga :  Memasak Udang Tahu Tumis Tauco, Mudah Rasa Luar Biasa

Bumbu yang dihaluskan

  1. 3 butir bawang merah
  2. 2 siung bawang putih
  3. 2 buah cabai rawit merah atau sesuai selera
  4. 3 buah cabai merah keriting

Cara membuat makaroni goreng pedas manis

Setelah semua bahan diatas disiapkan, Anda dapat segera mempraktikkan resep makaroni goreng pedas manis dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Bersihkan dulu semua makaroni di bawah air mengalir, lalu angkat dan tiriskan. Setelah itu, panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng agak banyak untuk menggoreng makaroni. Setelah minyak panas, masukkan semua makaroni ke dalam wajan dan goreng hingga berwarna kecoklatan.
  2. Jangan lupa diaduk agar matangnya merata. Setelah matang, angkat dan tiriskan. Sisihkan dulu dan diamkan beberapa saat agar agak mendingin.
  3. Panaskan wajan penggorengan lagi dan Anda bisa menggunakan minyak goreng sisa menggoreng makaroni tadi. Kurangi minyak gorengnya hingga tinggal sedikit karena hanya untuk menumis saja.
  4. Setelah minyak panas, masukkan irisan daun jeruk dan goreng hingga sedikit mengering. Lalu, masukkan semua bumbu halus ke dalam wajan dan tumis hingga harum.
  5. Tambahkan air asam Jawa dan air secukupnya, lalu aduk merata. Setelah itu, bumbui dengan garam, gula pasir, dan kaldu bubuk. Masak hingga mengental dan kecilkan api kompornya.
  6. Setelah itu, masukkan semua makaroni goreng ke dalam wajan dan aduk merata dengan bumbu. Anda harus mengaduknya dengan cepat. Setelah matang, matikan kompor dan biarkan sejenak  makaroninya agar agak mendingin.
  7. Siapkan piring saji yang sudah dilapisi tisu kering untuk plating. Lalu, tuangkan makaroni goreng pedas manis yang sudah matang diatasnya.
Baca Juga :  Resep Nugget Tahu Wortel, Bekal Sehat Sekolah

Itulah resep makaroni goreng pedas manis yang bisa Anda praktikkan sekarang juga di rumah. Mulai dari anak kecil hingga orang tua pasti menyukai rasa pedas manisnya tersebut. Selamat mencoba.

Lihat Videonya :

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan