Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Sayur Asem Sunda, Segar dan Lezat Disukai Banyak Orang

Sayur Asem Sunda, Segar dan Lezat Disukai Banyak Orang

Sayur Asem Sunda (1)

Resep sayur asem Sunda

Resep sayur asem Sunda menjadi salah satu menu kuliner yang menarik. Hal itu dikarenakan sayur asemnya agak berbeda dengan sayur asem khas Jakarta, Jawa Tengah, atau Jawa Timur.

Sayur asem tersebut biasanya tesedia di warung atau rumah makan khas Sunda. Rasa segar sayurnya memang sangat cocok disantap pada siang hari yang panas.

Sekarang, Anda tidak perlu membelinya di luar sana karena bisa membuatnya sendiri di rumah. Terutama yang suka kuliner khas Sunda memang direkomendasikan untuk memasaknya sendiri.

Lalu, bagaimana resep sayur asem Sunda selengkapnya? Berikut informasi selengkapnya yang semoga bermanfaat untuk Anda sekalian.

Bahan-bahan

  1. 1,5 liter air kaldu daging
  2. 50 gram melinjo
  3. 1 buah jagung manis muda dibelah dua, lalu dipotong 3 cm
  4. 50 gram kacang tanah
  5. 100 gram kacang merah rebus
  6. 200 gram kacang panjang dipotong 3 cm
  7. 1 buah labu siam dikupas, lalu dipotong kotak-kotak
  8. 50 gram daun melinjo
  9. 1 sendok teh asam Jawa dilarutkan dengan sedikit air
Baca Juga :  Mau Tahu Resep Sroto Banyumas yang Mantul? Begini Caranya

Bumbu-bumbu

  1. 3 butir bawang merah diiris tipis
  2. 1 siung bawang putih diiris tipis
  3. 2 cm lengkuas dikupas dan digeprek
  4. 2 lembar daun salam
  5. 2 sendok teh gula Jawa disisir
  6. 1 sendok makan garam
  7. ½ sendok teh terasi disangrai dulu

Cara membuat sayur asem Sunda

Setelah semua bahan dan bumbu diatas lengkap disediakan, Anda dapat segera mempraktikkan resep sayur asem Sunda dengan cara membuatnya sebagai berikut.

  1. Siapkan panci ukuran sedang, lalu silahkan merebus air kaldu di api kompor kecil hingga mendidih. Setelah itu, masukkan semua bumbu yang sudah disiapkan satu per satu ke dalam panci. Rebus hingga aromanya harum.
  2. Setelah itu, masukkan melinjo, kacang panjang, labu siam, jagung, daun melinjo, dan larutan asam Jawa. Aduk merata dan masak hingga semua bahan matang serta lunak.
  3. Jangan lupa untuk mencicipi sedikit kuah sayurnya untuk mengkoreksi masakannya. Jika terasa keasinan, Anda bisa menambahkan air secukupnya ke dalam panci. Namun jika rasanya kurang sedap, Anda bisa menambahkan kaldu bubuk atau garam secukupnya, lalu aduk lagi sebentar.
  4. Setelah matang, matikan kompor dan biarkan sejenak agar sayur tidak terlalu panas. Setelah itu, barulah siap disajikan.
  5. Siapkan mangkuk sayur ukuran sedang untuk plating. Lalu, tuangkan sayur asem Sunda yang sudah matang diatas mangkuk. Anda bisa melengkapinya dengan nasi putih hangat secukupnya saat ingin menyantapnya.
Baca Juga :  Resep Membuat Mie Soba Yang Gurih Dan Lembut

Cukup mudah bukan mempraktikkan resep sayur asem Sunda? Oleh karenanya, silahkan Anda coba sendiri di rumah. Siapa tahu Anda bersama seluruh keluarga di rumah menyukainya. Selamat mencoba.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tag:

Tinggalkan Balasan