Lompat ke konten
Home » Resep Gimbal Udang yang Satu Ini Harus Anda Coba Praktikkan di Rumah

Resep Gimbal Udang yang Satu Ini Harus Anda Coba Praktikkan di Rumah

gimbal udang (1)

Resep gimbal udang

Resep gimbal udang sangat menarik untuk diketahui informasinya. Dimulai asal makanannya  yang khas Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Gimbal udang mirip dengan peyek udang hanya ukurannya lebih besar dan tebal. Hal itu dikarenakan udang yang digunakan berukuran lebih besar dan cukup banyak.

Sementara itu, adonan tepungnya juga dibuat lebih banyak, sehingga setelah digoreng matang bentuknya seperti rambut gimbal manusia.

Gimbal udang sangat cocok dijadikan lauk pelengkap saat Anda makan menu apa saja. Mulai dari pecel-pecelan, soto yang berkuah, dan lain sebagainya.

Bahkan, kuliner ini juga bisa dijadikan cemilan saat perut sedang lapar, tetapi tidak ingin menyantap nasi. Lalu, bagaimana resep gimbal udang yang direkomendasikan? Berikut informasi selengkapnya yang harus Anda ketahui.

Bahan-bahan

  1. 250 gram udang segar ukuran sedang
  2. 2 butir telur ayam dikocok lepas
  3. 6 sendok makan tepung terigu
  4. 150 ml santan kental
  5. 3 batang daun bawang dipotong kecil
  6. Minyak goreng secukupnya
Baca Juga :  Resep Chicken Buttermilk, Ide Masakan untuk Bekal atau Jualan Nasi Box

Bumbu yang dihaluskan

  1. 2 siung bawang putih
  2. 1 sendok teh ketumbar bijian
  3. ½ sendok teh garam

Bahan pelengkap

  1. Sambal kecap secukupnya

Cara membuat gimbal udang

Setelah semua bahan dan bumbu diatas disediakan lengkap, Anda dapat segera mempraktikkan resep gimbal udang dengan cara membuatnya sebagai berikut.

  1. Bersihkan dulu semua udang yang sudah disiapkan di bawah air mengalir. Buang semua cangkang dan bagian kepalanya. Setelah itu, potong kecil-kecil udang atau sesuai selera Anda. Sisihkan dulu.
  2. Siapkan wadah baskom, lalu masukkan semua tepung terigu, santan, kocokan telur, dan potongan daun bawang. Aduk merata.
  3. Setelah itu, masukkan semua bumbu yang dihaluskan, lalu aduk merata lagi. Tambahkan semua potongan udang ke dalamnya. Aduk merata.
  4. Selanjutnya, panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng agak banyak untuk menggoreng adonan gimbal udang. Pastikan minyak sudah panas, lalu ambil 1 sendok makan adonan dan masukkan ke dalam minyak.
  5. Goreng adonan hingga berwarna emas kecoklatan. Jangan lupa dibolak-balik agar matangnya merata. Lakukan langkah tersebut hingga semua adonannya habis. Setelah matang, angkat dan tiriskan. Sisihkan dulu agar tidak terlalu panas.
  6. Siapkan piring saji untuk plating, lalu letakkan dan tata gimbal udang yang sudah matang diatasnya. Lengkapi dengan sambal kecap secukupnya.
Baca Juga :  Soto Kare Solo yang Rasanya Mantul

Akhirnya, resep gimbal udang selesai dipraktikkan dengan beberapa langkah diatas. Silahkan Anda coba sendiri di rumah karena rasanya benar-benar mantap. Selamat mencoba.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan

Sponsor topwisata.info