Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Resep Gulai Ceker Pedas, Rasa Gurih Pedasnya Begitu Menggugah Selera

Resep Gulai Ceker Pedas, Rasa Gurih Pedasnya Begitu Menggugah Selera

Gulai Ceker Pedas (1)

Resep gulai ceker pedas

Resep Gulai Ceker Pedas, Rasa Gurih Pedasnya Begitu Menggugah Selera

Resep gulai ceker pedas menjadi alternatif yang bisa Anda pilih dan coba masak di rumah dengan citarasa gurih pedas menggugah selera.

Apalagi gulainya dibuat khas Minang yang menggunakan bahan daun singkong. Dengan begitu, perpaduan antara ceker dan daun singkong yang dimasak dengan bumbu gulai.

Hasil masakannya tidak perlu ditanyakan lagi karena dijamin mantul rasanya. Terutama Anda sekalian yang menyukai masakan khas Minang pasti juga suka gulai ceker pedas ini.

Apalagi Anda menyantapnya bersama nasi putih hangat untuk menu makan siang. Lalu, bagaimana resep gulai ceker pedas yang direkomendasikan? Berikut informasi selengkapnya yang harus Anda ketahui.

Bahan-bahan

  1. 10 – 15 ceker ayam segar
  2. 1 ikat daun singkong segar
  3. 500 ml santan dari ½ butir kelapa
  4. 2 batang serai digeprek
  5. 5 lembar daun salam
  6. 4 lembar daun jeruk
  7. 2 sendok teh garam
  8. 1 sendok teh merica bubuk
  9. 7 buah cabai rawit merah atau sesuai selera
Baca Juga :  Membuat Tortila jagung keju untuk Bekal Sekolah Anak

Bumbu yang dihaluskan

  1. 8 butir bawang merah
  2. 3 siung bawang putih
  3. 6 buah cabai merah keriting
  4. 2 cm kunyit
  5. 1 cm lengkuas
  6. 1 cm jahe
  7. 2 sendok teh ketumbar biji
  8. ¼ sendok teh adas manis
  9. ½ sendok teh jintan
  10. 1 sendok makan larutan air asam Jawa
  11. 4 butir kemiri

Cara memasak gulai ceker pedas

Setelah semua bahan dan bumbu diatas lengkap disediakan, Anda dapat segera mempraktikkan cara memasak resep gulai ceker pedas dengan beberapa langkah sebagai berikut.

  1. Bersihkan dulu semua ceker yang sudah disiapkan di bawah air mengalir. Setelah itu, rebus hingga matang dan empuk. Setelah matang, angkat dan tiriskan.
  2. Selanjutnya, panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng secukupnya untuk menumis. Setelah minyak panas, tumis semua bumbu halus hingga harum.
  3. Tambahkan batang serai dan daun salam. Aduk merata hingga semua layu. Setelah itu, masukkan ceker ayam yang sudah sudah direbus. Aduk merata lagi.
  4. Tuangkan santan ke dalam wajan dan kecilkan api kompor. Lalu, aduk perlahan saja secara terus menerus agar santan tidak pecah.
  5. Masukkan daun singkong dan cabai rawit merah ke dalam wajan. Lalu, bumbui dengan garam, gula pasir, dan merica bubuk. Aduk merata lagi perlahan.
  6. Masak hingga mendidih dan santannya menyusut. Jangan lupa mencicipi sedikit masakannya untuk mengkoreksi rasanya. Setelah rasanya pas dan sudah matang, matikan kompor. Masakan siap disajikan.
  7. Siapkan piring saji untuk plating, lalu tuangkan masakan gulai ceker pedas yang sudah matang diatas piring. Taburi bawang merah goreng secukupnya, jika ada. Siapkan juga nasi putih hangat saat ingin menyantapnya.
Baca Juga :  Resep Beef Stroganoff Asal Rusia yang Mudah Cara Memasaknya

Cukup mudah bukan memasak resep gulai ceker pedas? Setelah matang, jangan lupa mengajak seluruh keluarga dan orang terdekat untuk mencicipinya. Dijamin rasanya mantul dan pedas menyengat. Selamat mencoba.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan