Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Memasak Resep Telur Ceplok Balado Pete untuk Lauk Makan Siang yang Mantul

Memasak Resep Telur Ceplok Balado Pete untuk Lauk Makan Siang yang Mantul

telur ceplok balado pete (1)

Resep telur ceplok balado pete

Dari nama resep telur ceplok balado pete, mungkin Anda sudah bisa menebak isi bahan dari masakannya tersebut.

Memang benar, masakan yang satu ini menggunakan bahan telur ayam yang digoreng ceplok. Ditambah pete yang menambah citarasa masakannya. Lalu, semua bahan dimasak dengan bumbu balado yang identik dengan rasa pedas gurih.

Kuliner yang satu ini cukup sederhana dan mudah memasaknya. Namun demikian, rasa masakannya setelah matang jangan disepelekan karena dijamin mantul.

Apalagi Anda menyantapnya dengan nasi putih hangat saat perut sedang lapar. Dijamin, satu piring nasi belum cukup untuk disantap saat makan siang.

Lalu, bagaimana resep telur ceplok balado pete yang direkomendasikan? Berikut uraian selengkapnya.

Bahan-bahan

  1. 3 butir telur ayam
  2. 1 papan petai dikupas dan diiris
  3. 1 sendok teh garam
  4. 1 sendok teh gula pasir
  5. ½ sendok teh kaldu bubuk
  6. 2 lembar daun salam
  7. 2 lembar daun jeruk
  8. 2 cm lengkuas digeprek
  9. Air matang secukupnya
  10. Minyak goreng secukupnya
Baca Juga :  Resep Bebek Betutu Makanan Khas Bali Yang Nikmat Dan Juga Halal

Bumbu yang dihaluskan

  1. 5 butir bawang merah
  2. 2 siung bawang putih
  3. 5 buah cabai rawit merah
  4. 3 buah cabai merah keriting
  5. 3 buah cabai merah besar

Cara memasak telur ceplok balado pete

Setelah semua bahan dan bumbu diatas disiapkan lengkap, Anda dapat segera mempraktikkan cara memasak resep telur ceplok balado pete dengan beberapa langkah sebagai berikut.

  1. Panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng secukupnya untuk menggoreng telur. Setelah minyak panas, silahkan menggoreng telur ceplok satu per satu dengan tingkat kematangan sesuai selera Anda. Setelah matang, angkat dan tiriskan. Sisihkan dulu.
  2. Wajan dan minyak bekas menggoreng telur masih digunakan untuk menumis. Anda gunakan api kompor kecil saja, lalu masukkan semua bumbu halus. Tumis hingga harum, lalu tambahkan daun salam, dan jeruk, dan lengkuas. Aduk merata dan masak hingga layu.
  3. Bumbui dengan garam, gula, dan kaldu bubuk yang sudah disiapkan. Aduk merata. Setelah itu, masukkan telur ceplok yang sudah digoreng tadi dan aduk perlahan saja agar tidak sampai hancur.
  4. Masukkan juga pete yang sudah disiapkan. Aduk merata lagi. Silahkan Anda cicipi sedikit masakannya untuk mengkoreksi rasanya. Jika sudah pas dan matang, matikan kompor karena masakan siap disajikan.
  5. Siapkan piring saji untuk plating, lalu tuangkan masakan telur ceplok balado pete yang sudah matang diatasnya. Taburi bawang merah goreng secukupnya, jika ada. Jangan lupa menyiapkan nasi putih hangat saat ingin menyantapnya.
Baca Juga :  Cara Membuat Onsen Egg di Rumah

Silahkan Anda mempraktikkan beberapa langkah cara memasak resep telur ceplok balado pete, seperti yang diuraikan diatas. Masakannya sangat cocok untuk lauk makan siang. Selamat mencoba.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan