Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Resep Balado Baby Cumi Pete yang Sedap Berikut Harus Anda Coba di Rumah

Resep Balado Baby Cumi Pete yang Sedap Berikut Harus Anda Coba di Rumah

Balado Baby Cumi Pete (1)

Resep balado baby cumi pete

Resep balado baby cumi pete menjadi begitu spesial terutama bagi penggemar masakannya. Keistimewaannya bukan hanya dari bahan baby cumi dan bumbu baladonya saja. Namun, jangan melupakan pete yang bisa menjadi ciri khasnya, baik pada warnanya apalagi rasanya. Oleh karenanya, banyak orang tertarik saat melihat kenampakan masakannya, yaitu perpaduan merah dan hijau.

Ternyata memang benar, rasanya juga sangat spesial dengan mengkombinasikan rasa pedas, gurih, dan tidak ketinggalan khas petenya. Menu masakan seperti ini sangat cocok disajikan untuk makan siang bersama nasi putih hangat dan minuman dingin. Anda sekalian yang penasaran dengan rasa masakannya lebih baik memasaknya sendiri saja. Tentu saja dengan panduan resep balado baby cumi pete berikut.

Bahan-bahan

  • 250 gram baby cumi asin
  • 2 papan pete dikupas lalu masing-masing dipotong menjadi dua
  • 5 buah tomat hijau dipotong-potong
  • 1 sendok teh garam
  • 1 sendok teh gula pasir
  • Kaldu bubuk secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya untuk menumis
  • Air matang secukupnya
Baca Juga :  Pengen Makan Seafood ? Coba Buat Kepiting Saus Lada Hitam

Bumbu yang dihaluskan

  • 5 butir bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 1 buah tomat merah
  • 12 buah cabai rawit merah atau sesuai selera
  • 6 buah cabai merah keriting

Cara memasak balado baby cumi pete

Setelah semua bahan dan bumbu diatas sudah disediakan lengkap, Anda bisa segera mempraktikkan cara memasak resep balado baby cumi pete dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Siapkan baby cumi, lalu bilas sebentar dengan air bersih. Tiriskan. Setelah kering, goreng semua baby cumi di dalam minyak panas sebentar saja hingga aromanya keluar. Angkat dan tiriskan. Sisihkan dulu.
  2. Kurangi minyak goreng sisa menggoreng baby cumi, lalu panaskan lagi untuk menumis. Setelah minyak panas, tumis semua bumbu halus hingga harum.
  3. Masukkan semua baby cumi goreng, lalu aduk merata dengan bumbu. Kecilkan api kompor. Setelah itu, masukkan potongan pete dan tomat hijau. Aduk merata lagi.
  4. Tuangkan sedikit air, lalu masak hingga mendidih. Setelah itu, bumbui dengan garam, gula pasir, dan kaldu bubuk secukupnya. Aduk merata.
  5. Jangan lupa mencicipi sedikit masakannya untuk memastikan rasanya sudah sesuai selera. Jika sudah matang dan rasanya sedap, segera matikan kompor. Biarkan beberapa saat agar masakannya tidak terlalu panas.
  6. Siapkan sebuah piring saji untuk plating, lalu pindahkan masakan balado baby cumi pete yang sudah matang diatas piring. Taburi bawang merah goreng secukupnya untuk menambah sedap masakan. Jika ingin menjadikannya lauk makan, jangan lupa menyediakan nasi putih hangat.
Baca Juga :  Membuat Es Pink Lava ala Richeese

Masakannya sudah matang dan siap disantap bersama seluruh keluarga dan orang terdekat. Jadi, silahkan segera mempraktikkan resep balado baby cumi pete diatas yang dijamin rasanya mantu.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan