Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Resep Dendeng Balado Kentang, Masakan Olahan Daging Sapi yang Mantul

Resep Dendeng Balado Kentang, Masakan Olahan Daging Sapi yang Mantul

Dendeng Balado Kentang
Lazada

Resep dendeng balado kentang

Ada banyak olahan daging sapi yang salah satunya bisa dimasak resep dendeng balado kentang. Apakah Anda sudah mengetahui atau mengenal resepnya?

Jika belum, silahkan membaca uraiannya hingga selesai karena akan menjelaskan langkah-langkah cara memasaknya. Dimana pembuatan dendeng tidak boleh sembarangan agar hasilnya tidak mengecewakan.

Dendeng yang biasanya berasa manis gurih, sekarang dimasak dengan bumbu balado yang pedas. Ditambah dengan potongan kentang untuk bahan karbohidratnya.

Dengan begitu, komposisi masakannya secara keseluruhan sudah cukup seimbang. Sangat cocok dijadikan lauk untuk makan siang atau malam dengan nasi putih hangat. Untuk lebih jelas dan detail perihal resep dendeng balado kentang, silahkan membaca uraian berikut.

Bahan-bahan

  1. 500 gram daging sapi padat tanpa lemak
  2. 2 buah kentang dibersihkan diiris tipis dan digoreng matang
  3. 3 siung bawang putih digeprek
  4. 1 sendok makan garam
  5. 1 liter air
  6. Minyak goreng secukupnya

Bumbu balado

  1. 5 butir bawang merah diiris kasar
  2. 5 buah cabai rawit merah dihaluskan
  3. 2 buah cabai merah besar dihaluskan
  4. 1 buah tomat merah dipotong kecil
  5. 1 sendok teh garam
  6. ½ sendok teh gula pasir
  7. 1 buah jeruk nipis

Cara memasak dendeng balado kentang

Setelah semua bahan dan bumbu diatas

Lengkap disediakan, Anda bisa segera mempraktikkan cara memasak resep dendeng balado kentang dengan beberapa langkah sebagai berikut.

  1. Bersihkan dulu daging sapi yang sudah disiapkan, lalu rebus hingga matang dan mengeluarkan kaldu. Setelah matang, angkat dan tiriskan.
  2. Biarkan dulu daging agar tidak terlalu panas. Setelah itu, iris tipis-tipis dagingnya. Selanjutnya, siap panci ukuran sedang lalu masukkan irisan daging, bawang putih, dan garam. Beri air dan rebus lagi hingga benar-benar empuk.
  3. Anda yang memiliki panci presto juga bisa menggunakannya. Perkirakan saja waktu merebusnya dengan selalu mengecek kematangan dagingnya.
  4. Setelah daging empuk, matikan kompor dan angkat dagingnya. Jangan lupa ambil tiga sendok makan air sisa rebusan daging tersebut untuk memasak.
  5. Langkah selanjutnya, pukul perlahan dagingnya hingga pipih, tetapi jangan samap hancur. Anda bisa menggunakan ulegan atau batu untuk memukulnya. Setelah itu, goreng daging dengan api kompor kecil hingga garing. Angkat dan tiriskan.
  6. Panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng secukupnya untuk menumis. Setelah minyak panas, tumis bawang merah hingga harum.
  7. Tambahkan semua cabai dan tomat. Aduk merata, lalu beri garam dan gula pasir. Aduk merata lagi.
  8. Setelah itu, tambahkan 3 sendok makan air kaldu sisa rebusan daging dan perasan jeruk nipis. Aduk lagi. masak hingga mendidih.
  9. Setelahnya, masukkan daging da kentang. Masak dan aduk hingga semua bahan tercampur. Anda bisa mencicipi sedikit masakannya untuk mengkoreksi rasanya. Jika sudah matang, matikan kompor dan masakan bisa segera disajikan.
  10. Siapkan piring saji untuk plating, lalu tuangkan masakan dendeng balado kentang yang sudah matang diatasnya. Taburi bawang merah goreng secukupnya jika ada. Jangan lupa menyiapkan nasi putih hangat saat ingin menyantapnya.

Beberapa langkah memasak resep dendeng balado kentang diatas silahkan Anda praktikkan sendiri di rumah. Dijamin rasanya mantul.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan BalasanBatalkan balasan

Exit mobile version