Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Resep Perkedel Kentang Daging yang Direkomendasikan untuk Anda Sekalian

Resep Perkedel Kentang Daging yang Direkomendasikan untuk Anda Sekalian

perkedel kentang daging (1)

Resep perkedel kentang daging

Resep perkedel kentang daging menjadi salah satu menu kuliner rumahan. Biasanya, perkedel kentang dijual di berbagai warung atau rumah makan khas Jawa, Padang, Betawi, dan yang lainnya.

Hal tersebut membuktikan perkedel menjadi makanan Nusantara yang bisa diterima oleh seluruh lapisan masyarakat di Indonesia.

Seiring perkembangan zaman, perkedel kentang dibuat dengan mengkombinasikan bahan tertentu.

Salah satunya daging sapi giling yang bisa dicampurkan dalam adonan kentang untuk perkedelnya.

Bukan hanya menjadi cemilan enak, tetapi perkedel kentang daging juga dapat dijadikan lauk saat mengkonsumsi beragam masakan, seperti soto, pecel, rendang, rawon, dan lain sebagainya.

Anda yang ingin mencoba membuatnya sendiri di rumah harus membaca dulu resep perkedel kentang daging yang direkomendasikan berikut.

Bahan-bahan

  1. 500 gram kentang dikupas bersih kulitnya
  2. 250 gram daging sapi giling halus
  3. 2 kuning telur
  4. 2 putih telur dikocok lepas
  5. 1 sendok makan tepung terigu
  6. Minyak goreng secukupnya
Baca Juga :  Coba deh Jualan ini, Wonton Ayam, Murah dan Viral

Bumbu yang dihaluskan

  1. 4 butir bawang merah ditumis
  2. 4 siung bawang putih ditumis
  3. 1 sendok teh merica butiran
  4. ½ sendok makan ketumbar disangrai
  5. 3 butir kemiri disangrai
  6. ½ sendok teh jintan disangrai
  7. 1 cm kunyit dibakar
  8. ½ sendok teh garam

Cara membuat perkedel kentang daging

Setelah semua bahan dan bumbu diatas lengkap disediakan, Anda dapat segera mempraktikkan resep perkedel kentang daging dengan cara membuatnya sebagai berikut.

  1. Siapkan panci kukusan dulu, lalu kukus semua kentang yang sudah dikupas hingga matang. Setelah matang, masukkan ke dalam wadah baskom dan haluskan dengan sendok, ulegan, atau alat lainnya.
  2. Tambahkan daging giling, semua bumbu halus, kuning telur, dan tepung terigu. Aduk rata menggunakan tangan hingga semua bahan tercampur.
  3. Setelah itu, ambil 1 – 2 sendok makan adonan perkedel, lalu bentuk bulat, oval, pipih, atau sesuai selera Anda. Masukkan semua adonan yang sudah dibentuk ke dalam panci kukusan dan kukus lagi sekitar 30 menit. Setelah matang, angkat dan sisihkan dulu.
  4. Selanjutnya, panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng agak banyak untuk menggoreng perkedel. Setelah minyak panas, masukkan perkedel ke dalam putih telur, lalu goreng di wajan. Jangan lupa dibolak-balik perkedelnya agar matangnya merata dan berwarna kecoklatan. Setelah matang, angkat dan tiriskan.
  5. Siapkan piring saji untuk plating, lalu letakkan dan tata perkedel kentang daging diatasnya. Anda bisa menjadikannya cemilan atau lauk pendamping saat ingin menyantap masakan tertentu.
Baca Juga :  Resep Sup Jamur Kuping, Enak dan Segar Disantap

Cukup mudah bukan membuat perkedel kentang dengan campuran daging giling di dalam adonannya? Silahkan Anda coba sendiri resep perkedel kentang daging diatas siapa tahun cocok dan suka dengan rasanya. Selamat mencoba.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan