Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Resep Tumis Bayam Bumbu Kencur, Masakan Berzat Besi Tinggi dengan Rasa Mantap

Resep Tumis Bayam Bumbu Kencur, Masakan Berzat Besi Tinggi dengan Rasa Mantap

tumis bayam bumbu kencur (1)
Lazada

Resep tumis bayam bumbu kencur

Bagaimana cara memasak resep tumis bayam bumbu kencur yang menggugah selera? Anda sekalian mungkin sudah bosan dengan sayur bayam bening yang hampir di semua warung atau rumah makan khas Jawa menyediakannya.

Jika seperti itu, tidak ada salahnya coba memasak bayam dengan cara lain. Salah satunya, yaitu dimasak dengan ditumis bersama bumbu kencur bersama daging giling.

Cara memasaknya cukup mudah dan sederhana, tetapi hasilnya dijamin lezat. Bayam sebagai salah satu sayuran hijau yang mengandung zat besi tinggi memang sangat cocok dikonsumsi oleh setiap orang, mulai dari anak kecil hingga orang tua.

Sayur tersebut bisa dikombinasikan dengan beragam lauk pendamping agar lebih lezat dan mantap.

Anda juga bisa memasak resep tumis bayam bumbu kencur di rumah dengan terlebih dulu membaca bahan dan langkah-langkahnya sebagai berikut.

Bahan-bahan

  1. 2 ikat bayam segar
  2. 2 buah wortel diiris panjang
  3. ½ labu siam diiris panjang
  4. 100 gram daging giling atau kornet
  5. 4 siung bawang putih dicincang halus
  6. 5 butir bawang merah dicincang halus
  7. 4 cm kencur digeprek lalu dicincang
  8. 4 buah cabai merah besar diiris panjang
  9. ½ sendok teh terasi bakar
  10. 1 gelas air matang
  11. ½ sendok teh garam
  12. ½ sendok teh gula pasir
  13. ½ sendok teh kaldu bubuk
  14. Minyak goreng secukupnya untuk menumis

Cara memasak tumis bayam bumbu kencur

Setelah semua bahan diatas lengkap disediakan, Anda dapat segera mempraktikkan cara memasak resep tumis bayam bumbu kencur dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Bersihkan semua bayam yang sudah disiapkan di bawah air mengalir. Setelah itu, buang bagian batang dan akrnya, jika ada, karena hanya dibutuhkan daun bayamnya saja. Sisihkan.
  2. Selanjutnya, panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng secukupnya untuk menumis. Setelah minyak panas, tumis bawang putih, bawang merah, dan kencur hingga harum.
  3. Tambahkan daging cincang dan aduk merata. Masak hingga berubah warna. Setelah itu, masukkan bayam, wortel, irisan cabai, dan labu siam. Tuangkan air dan aduk merata.
  4. Bumbui dengan terasi, garam, gula pasir, dan kaldu bubuk. Aduk merata lagi hingga semua sayuran matang. Silahkan Anda mencicipi sedikit masakannya untuk mengkoreksi rasanya. Jika rasanya sudah sedap dan matang, segera matikan kompor. Masakan siap disajikan.
  5. Siapkan piring saji untuk plating, lalu tuangkan masakan tumis bayam bumbu kencur yang sudah matang diatasnya. Taburi bawang merah goreng secukupnya, jika ada. Jangan lupa menyiapkan nasi putih hangat saat ingin menyantapnya.

Ternyata cukup mudah memasak resep tumis bayam bumbu kencur. Selanjutnya, silahkan Anda praktikkan sendiri sesuai langkah-langkah diatas. Selamat mencoba.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan BalasanBatalkan balasan

Exit mobile version