Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Resep Gimmari (Gulungan Rumput Laut Goreng)

Resep Gimmari (Gulungan Rumput Laut Goreng)

Resep Gimmari1 (1)
Lazada

Resep Gimmari

Gimmari adalah jenis makanan yang terbuat dari mie gelas (dangmyeon), rumput laut kering (gim atau nori), dan komponen sayuran opsional (wortel atau daun bawang putih.

Versi sederhana dari mie japchae Korea dibungkus dengan selembar rumput laut kering untuk hidangan ini. Setelah itu, adonan goreng dioleskan ke atasnya dan digoreng. Gimmari adalah cara terbaik untuk menghabiskan japchae Korea yang tersisa.

Gimmari, jajanan kaki lima Korea yang populer dan rasanya lezat! Orang Korea sangat menyukainya. Gimmari juga bisa diucapkan gimari, kimari, atau kimmari oleh beberapa orang asing.

Gulungan rumput laut dapat dibuat dengan sempurna dalam sekejap menggunakan resep sederhana ini. Untuk hidangan yang lezat sajikan dengan Tteokbokki, kue beras pedas dari Korea!

Gimmari sangat lezat dimakan dengan kue beras pedas yang disebut tteokbokki karena renyah di luar dan sedikit kenyal di dalam. Gulungan rumput laut ini sebenarnya melebihi tteokbokki.

Tips membuat Gummari :

  1. Pastikan mie gelas dikeringkan secara menyeluruh. Mereka akan membuat rumput laut kering menjadi basah jika terlalu basah. Rumput laut akan menjadi lengket dan seperti lem jika meniriskannya dalam waktu yang cukup lama, tetapi tidak apa-apa karena akan memotongnya menjadi potongan-potongan kecil sebelum mencampurkannya dengan bumbu.
  2. Jika gulungan rumput laut pecah, ada baiknya memiliki lembaran rumput laut kering tambahan. Sebelum menggoreng gulungan rumput laut, mungkin terlalu lama membiarkannya terpapar udara. Oleh karena itu, siapkan rumput laut tambahan jika perlu memperbaiki beberapa di antaranya. Selain itu, cobalah untuk mempersingkat waktu antara menggulung dan menggoreng untuk mencegah hal ini.

Cara menyajikan gummari cukup dimakan begitu saja atau dicampur dengan saus tteokbokki atau disajikan dengan saus kecap. Kombinasi rumput laut goreng dan saus tteokbokki.

BAHAN-BAHAN UNTUK GIMMARI

UTAMA

  1. 3 lembar rumput laut kering, potong menjadi dua (memanjang)
  2. 115g / 4 ons mie gelas Korea
  3. (opsional) 45g / 1,5 ons wortel, potong dadu halus
  4. (opsional) 10g / 0,35 ons daun bawang bawang putih, cincang halus
  5. Sedikit minyak sayur untuk menggoreng (saya menggunakan minyak canola.)

SAUS MIE GELAS

  1. 1 sendok makan kecap asin, biasa (saya menggunakan merek Kikkoman.)
  2. 1 sdt garam laut halus
  3. 1/4 sdt minyak wijen
  4. Beberapa taburan lada hitam bubuk

ADONAN

  1. 1 cangkir tepung kentang (atau tepung maizena)
  2. 3/4 cangkir air
  3. 1 sendok makan minyak goreng
  4. 1 butir putih telur

CARA MEMBUAT :

  1. Untuk melembutkan mie gelas, rendam selama 10 menit dalam mangkuk besar. Rebus selama 5 menit dengan api sedang. Setelah mi ditiriskan dan dicuci dengan air dingin, sisihkan selama 5 hingga 10 menit agar airnya menguap. Potong mi menjadi potongan seukuran jari dan letakkan di dalam mangkuk berukuran sedang setelah itu sisihkan.
  2. Dalam mangkuk berukuran sedang, campurkan air dan tepung kentang untuk membuat adonan penggorengan. Tepung harus diratakan dengan spatula setelah bahan-bahan ini ditambahkan. Untuk tidak mencampur atau mengaduk pada saat ini. Sebagai gantinya, letakkan di atas meja dapur sementara bahan-bahan lainnya disiapkan. Air dan pati akan terpisah sebagai hasilnya, yang akan memakan waktu sekitar 10 hingga 20 menit.
  3. Buang air setelah pati dan air terpisah (bagian terakhir dari air mengandung sedikit pati, tetapi tidak apa-apa untuk dibuang). Campurkan putih telur, minyak goreng, dan endapan pati. Aduk rata hingga teksturnya halus (awalnya akan terasa kaku, jadi mungkin membutuhkan garpu atau sejenisnya untuk mengaduknya). Setelah itu simpanlah.
  4. Dalam mangkuk kecil, campurkan semua bahan untuk saus. Mie, saus, dan wortel harus ditambahkan ke dalam mangkuk mie (dari langkah 1). Dengan menggunakan tangan, aduk hingga merata.
  5. Untuk memulai, bagi lembaran rumput laut menjadi dua. Kemudian, tutupi sekitar dua pertiga bagian rumput laut dengan sedikit campuran mie gelas dan sayuran. Gulung rumput laut selanjutnya. Untuk merekatkan rumput laut, jika perlu, basahi bagian atasnya dengan air. Tempatkan di samping. Dengan bahan yang tersisa, lakukan prosedur ini sekali lagi.
  6. Dengan menggunakan gunting, potong rumput laut yang sudah digulung menjadi tiga bagian dengan ukuran yang sama.
  7. Didihkan minyak dalam jumlah besar di dalam wajan atau penggorengan. Saat suhu minyak mencapai 350 derajat Fahrenheit, berarti minyak sudah siap. Minyak akan mencapai suhu ini dalam waktu sekitar lima menit. Aduk adonan dari langkah 3 secara menyeluruh sebelum menggunakannya. Setelah melapisi setiap gulungan rumput laut satu per satu di dalam adonan, masukkan gulungan rumput laut yang sudah dilumuri minyak ke dalam penggorengan. Goreng selama satu hingga dua menit atau hingga matang.
  8. Saat menggoreng, hindari memadati penggorengan karena akan menyulitkan pengamatan proses memasak. Selain itu, gulungan rumput laut berlapis adonan yang mengambang di minyak panas cenderung lengket, jadi gunakan sumpit dari penggorengan untuk memisahkannya dengan hati-hati. Angkat gulungan rumput laut goreng dari wajan dan letakkan di atas tisu dapur untuk menyerap minyak. Lanjutkan proses ini hingga semua gulungan rumput laut selesai digoreng.
  9. Gulungan rumput laut dapat digoreng untuk kedua kalinya selama 30 detik hingga 1 menit untuk mendapatkan kulit yang lebih renyah. Sisihkan.
  10. Sajikan. (Gulungan rumput laut goreng ini cocok disajikan dengan hidangan Tteokbokki atau Rabokki maupun dimakan sendiri). Selain itu, dapat disajikan dengan saus kecap Korea.

Author : Choiriyah Nur Fadilla

Lihat Video Resep Gimmari

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan BalasanBatalkan balasan

Exit mobile version