Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Resep Japchae, Bihun Korea Selatan yang Lezat dan Gurih

Resep Japchae, Bihun Korea Selatan yang Lezat dan Gurih

Resep Japchae1 (1)

Resep Japchae

Japchae dikenal sebagai chapchae adalah hidangan populer di Korea. Ini adalah hidangan yang paling banyak dicari, terutama selama liburan meriah di Korea seperti Hari Tahun Baru dan festival Panen, tetapi dapat dinikmati kapan saja.

Namun belakangan ini, soun yang terbuat dari ubi jalar, serta sayuran berwarna dan daging yang telah dibumbui muncul sebagai komponen utama dari hidangan tersebut.

Meskipun Japchae biasanya disajikan sebagai lauk, Japchae juga dapat disajikan sebagai hidangan utama di atas nasi dikenal sebagai Japchae-bap.

Japchae yang dibuat dengan baik harus memiliki rasa yang manis sekaligus gurih, tekstur sayuran yang renyah, tidak terlalu lembut atau mentah, dan tekstur mie yang kenyal, tidak lembek.

BAHAN UNTUK JAPCHAE (6 SAMPAI 8 PORSI)

  1. 250g / 8,8 ons mi tepung ubi jalar Korea
  2. 100g / 3,5 ons fillet mata iga, potong-potong
  3. 1 wortel (120g / 4,2 ons), dibilas, dikupas & dipotong dadu
  4. 110g / 3,9 ons bayam bayi, dibilas
  5. 1/4 capsicum merah / paprika (50g / 1,8 ons), dibilas & dipotong dadu
  6. 1/2 bawang kuning (105g / 3,7 ons) dikupas, dibilas & diiris tipis
  7. 100g / 3,5 ons jamur shiitake segar bersihkan, buang batang & iris tipis

BUMBU BAYAM

  1. 1/4 sdt garam laut halus
  2. 1/2 sdt bawang putih cincang
  3. 1 sdt minyak wijen panggang

BUMBU DAGING SAPI

  1. 1 sdm kecap
    1. 1 sdt arak beras (mirin)
    1. 1/2 sdt bawang putih cincang
    1. 1/4 sdt lada hitam tumbuk
    1. 1 sdt minyak wijen panggang

MIE & MARINADE JAMUR – CAMPUR INI DALAM MANGKUK KECIL

  1. 4 sdm kecap
  2. 1 sdm madu
  3. 1 sdm gula merah
  4. 1 sdm minyak wijen panggang
  5. 1/8 sdt lada hitam tumbuk
Baca Juga :  Bagaimana Sih Memasak Ayam Betutu Khas Bali yang Lezat? Baca Dulu Resepnya Berikut

SENTUHAN AKHIR

  1. 1 sdm biji wijen panggang
  2. 1 sdm minyak wijen panggang
  3. (Opsional) 1 telur ekstra besar dibilas, putih telur dan kuning telur dipisahkan
  4. minyak goreng
  5. garam laut halus
  6. air untuk merebus bayam dan mie

* 1 sdm = 15ml

CARA MEMBUAT JAPCHAE

  1. Daging sapi harus ditempatkan dalam mangkuk berukuran sedang. Campurkan “beef marinade” ke dalam daging dengan menambahkannya. Sisihkan mangkuk saat akan mengerjakan bahan lain dengan menutupinya dengan bungkus makanan.
  • Siapkan bahan seperti diuraikan di bawah ini.
  • Tambahkan satu sendok makan campuran “mie & rendaman jamur” ke irisan jamur dalam mangkuk sedang. Gabungkan mereka dengan baik. Simpan sampai memasaknya sekitar 20 menit dari sekarang.
  • Rebus bayam selama 5 sampai 10 detik dalam air mendidih. Alirkan air di bawah air keran dingin untuk mendinginkannya dengan cepat setelah dikuras. Masukkan bayam ke dalam mangkuk pencampur dan peras untuk menghilangkan air.
  • Mulailah menyiapkan bahan-bahan yang sudah dimasak seperti yang diuraikan di bawah ini.
    • Memasak dari warna yang lebih terang ke warna yang lebih gelap dalam satu wajan atau wajan antilengket untuk mengurangi transfer warna dan menghilangkan pembersihan di antaranya. Kecuali dua langkah pertama, yaitu putih telur dan kuning telur, pindahkan setiap langkah ke dalam mangkuk besar. Sebelum disajikan, campurkan semua bahan di sana.
    • Gunakan garpu untuk mengocok putih telur. Oleskan 1 sendok teh minyak goreng secara merata di dalam wajan yang telah dipanaskan secara menyeluruh. Tuang campuran putih telur dan masak selama satu hingga dua menit dengan api kecil. Sisihkan dan letakkan di atas talenan yang bersih.
    • Campurkan “bumbu bayam” dengan lembut dan merata. Itu harus ditempatkan dalam mangkuk besar, di mana nanti kita akan menambahkan sisa bahan yang sudah disiapkan.
    • Dalam panci besar, didihkan air. Tambahkan mi dan rebus selama 6 hingga 7 menit setelah air mulai mendidih (sekitar 6 hingga 8 menit kemudian). Buang airnya. Untuk mendinginkan, bilas dengan air dingin dan biarkan air mengalir selama satu hingga dua menit.
    • Menggunakan gunting dapur, potong mie beberapa kali. Panjang yang baik adalah antara 6 dan 8 inci (sekitar 15 dan 20 cm). Masukkan mie dan sisa campuran “mie & bumbu jamur” ke dalam mangkuk. Gabungkan mereka dengan baik. Simpan sampai Anda siap untuk memasaknya (sekitar 10 menit).
    • Kocok kuning telur dengan garpu. Tambahkan lebih banyak minyak goreng ke dalam wajan dan oleskan secara merata. Tuang campuran kuning telur dan masak selama satu hingga dua menit dengan api kecil. Sisihkan dan letakkan di atas talenan yang bersih.
    • Jika perlu, tambahkan lebih banyak minyak. Bawang harus dimasak selama satu hingga dua menit dengan api kecil hingga sedang dengan sedikit garam. Masukkan ke dalam mangkuk besar.
    • Tambahkan jamur yang sudah dibumbui (termasuk saus yang tersisa di mangkuk) dan tumis selama satu hingga dua menit dengan api kecil hingga sedang hingga matang. Pindahkan ke mangkuk pencampur yang sangat besar.
    • Tumis daging yang sudah diasinkan dengan api sedang selama dua hingga tiga menit atau sampai matang. Masukkan ke dalam mangkuk besar.
    • Di atas api kecil hingga sedang, tumis mie yang sudah diasinkan sampai benar-benar terlapisi saus (sekitar dua hingga tiga menit). Masukkan ke dalam mangkuk besar.
  • Iris putih telur dan kuning telur menjadi irisan setipis batang korek api. Seperti sebelumnya, letakkan di mangkuk besar.
  • Dalam mangkuk besar, tambahkan bahan “sentuhan akhir” yang tersisa minyak wijen dan biji wijen dan aduk perlahan dengan tangan. Kamu juga dapat mencampur dengan server salad terlebih dahulu, lalu campur dengan tangan setelah cukup dingin.
Baca Juga :  Resep Soto Ayam Yang Mudah Dan Simple

Author : Choiriyah Nur Fadilla

Lihat Video Resep Japchae

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan