Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Resep Usus Ayam Cabai Hijau, Sajian Menggugah Selera yang Mudah Memasaknya

Resep Usus Ayam Cabai Hijau, Sajian Menggugah Selera yang Mudah Memasaknya

Resep Usus Ayam Cabai Hijau (1)

Resep usus ayam cabai hijau

Resep usus ayam cabai hijau sangat cocok dimasak untuk menu lauk makan siang atau malam. Terutama Anda sekalian yang suka masakan dengan bahan protein hewani jeroan ayam.

Biasanya usus ayam sepaket dengan ati ampela ayam saat membelinya. Namun demikian, Anda tetap bisa membelinya hanya ususnya saja di pasar tradisional dengan harga cukup terjangkau.

Usus ayam tersebut dipilih yang segar dan berukuran sedang agar mantap saat disantap. Nantinya usus tersebut akan dimasak dengan cara ditumis dengan bumbu cabai hijau.

Sementara itu, level pedas masakannya bisa Anda sesuaikan sendiri sesuai selera masing-masing.

Jadi, cabai hijau yang dimasak bisa Anda sesuaikan jumlahnya. Untuk bisa memasaknya dengan rasa maknyus, silahkan membaca dulu resep usus ayam cabai hijau selengkapnya berikut.

Bahan-bahan

  1. 300 gram usus ayam segar ukuran sedang
  2. ½ butir bawang bombai diiris tipis
  3. 2 siung bawang putih diiris tipis
  4. 2 cm jahe digeprek
  5. 150 ml kaldu ayam
  6. 5 buah cabai rawit hijau dipotong kecil
  7. 3 buah cabai hijau besar dipotong kecil
  8. 2 sendok makan saus tiram
  9. ½ sendok teh garam
  10. ½ sendok gula pasir
  11. ½ sendok teh kaldu bubuk
  12. Minyak goreng secukupnya untuk menumis
  13. Air secukupnya untuk merebus usus ayam
Baca Juga :  Resep Cumi Pedas Sederhana, ala Rumahan

Cara memasak usus ayam cabai hijau

Setelah semua bahan diatas disediakan lengkap, Anda bisa segera mempraktikkan cara memasak resep usus ayam cabai hijau dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Bersihkan dulu semua usus ayam yang sudah disediakan di bawah air mengalir. Setelah itu, rebus dengan air secukupnya hingga mendidih dan berkaldu. Pastikan usus ayam tenggelam di dalam air saat direbus.
  2. Setelah matang dan empuk, angkat dan tiriskan ususnya. Sementara itu. air sisa rebusannya jangan direbus dan sisakan sekitar 1 gelas. Diamkan sejenak ususnya agar tidak terlalu panas. Setelah itu, potong-potong usus sekitar 3 cm. Sisihkan.
  3. Selanjutnya, panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng secukupnya untuk menumis. Setelah minyak panas, tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum dan layu. Tambahkan jahe dan tumis lagi.
  4. Masukkan semua potongan usus dan air kaldunya, lalu aduk merata. Setelah itu, masukkan semua cabai dan aduk merata lagi.
  5. Bumbui dengan saus tiram, garam, gula pasir, dan kaldu bubuk. Aduk merata hingga semua bahan tercampur.
  6. Silahkan mencicipi sedikit masakannya untuk mengkoreksi rasanya. Jika dirasa rasanya masih kurang sedap, tambahkan kaldu bubuk secukupnya, lalu aduk merata lagi. Setelah matang, matikan kompor dan masakan siap disajikan untuk disantap.
  7. Siapkan piring saji untuk plating, lalu tuangkan semua masakan usus ayam cabai hijau di atasnya. Taburi bawang merah goreng secukupnya, jika ada. Jangan lupa menyiapkan nasi putih hangat agar semakin mantap saat menyantapnya.
Baca Juga :  Resep Sop Daging Sapi Sederhana

Akhirnya, resep usus ayam cabai hijau sudah selesai dimasak dengan langkah-langkah seperti diuraikan diatas yang tidak begitu sulit mempraktikkannya. Silahkan Anda sekalian mencoba sendiri di rumah karena rasanya pasti lezat dan mantul.

Lihat Video Resep Usus Ayam Cabai Hijau

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan

Sponsor topwisata.info