Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Resep DakJuk, Bubur Nasi Ayam Korea Instan

Resep DakJuk, Bubur Nasi Ayam Korea Instan

DakJuk1 (1)

Resep DakJuk

Dakjuk adalah hidangan bubur kaldu nasi dan tulang ayam dari Korea. Hidangan ini terbuat dari nasi dan ayam. Biasanya disajikan sebagai penutup hidangan Baeksuk, tetapi juga dapat dikonsumsi sendiri.

Cara terbaik untuk membuat dakjuk yang sempurna adalah dengan menggunakan kaldu ayam buatan sendiri yang terbuat dari ayam. Sebelum membuat Dakjuk, masak dan nikmati Baeksuk (sup ayam utuh), alih-alih mengonsumsi ayam utuh, gunakan bagian kaki atau dada tanpa tulang.

Jika kamu tidak memiliki daging tanpa tulang, kamu dapat menggunakan kaldu ayam kalengan rendah sodium dengan tambahan daging dada ayam.

Untuk menambah rasa pada kaldu tulang, hancurkan tulang secukupnya hingga pecah. Ini akan menghasilkan pecahan tulang kecil yang tidak enak untuk dimakan jika dihancurkan seluruhnya.

Gunakan beras dengan bulir yang pendek. Untuk bubur ala Korea ini, beras berbutir sedang atau panjang tidak akan cukup dalam hal kelengketan. Terakhir, masukkan telur kocok untuk menambah rasa dan protein.

Jangan mengisi panci instan lebih dari setengahnya dengan bubur saat memasaknya. Selain itu, karena sup akan memercik banyak saat dilepaskan dari tekanan setelah dimasak, yang terbaik adalah menutup katupnya dengan handuk dapur yang tebal agar tidak mengotori seluruh dapur.

Bahan – Bahan :

Buatlah Sup Ayam atau gunakan sisa kaldu dan daging dari Baeksuk

  1. 3 cangkir kaldu ayam
  2. 1 ekor ayam cornish atau bangkai ayam (sisa dari resep Baeksuk)
  3. 1 cangkir daging ayam (hitam dan putih) (sisa dari resep Baeksuk)
  4. 1/2 cangkir beras putih berbiji pendek yang direndam selama 30 menit
  5. 3 lembar daun perilla (diiris tipis-tipis)
  6. 2 batang daun bawang (cincang)
  7. garam (secukupnya)
  8. biji wijen
  9. 2 sdt bawang putih segar (cincang)
  10. 0,5 sdm minyak wijen (opsional)
Baca Juga :  Resep Macaroni Schotel Kukus yang lezat dan menggugah selera

Cara Membuat :

  1. Tiriskan beras berbiji pendek setelah direndam selama tiga hingga satu jam. Jika memasak dengan panci presto, bisa lewati langkah ini.
  2. Di atas kompor, masak ayam utuh (ayam cornish bisa digunakan untuk jumlah yang lebih sedikit) selama 40 menit. Nasi dan semangkuk sup ayam adalah cara yang bagus untuk memulai, jadi simpan sisanya untuk langkah berikutnya. Untuk dua porsi, kamu membutuhkan 2 hingga 3 cangkir kaldu.
  3. Keluarkan daging dari ayam dan sisihkan. Potong daging menjadi bentuk dadu dengan menggunakan pisau. Setelah itu tambahkan daging.
  4. Dengan menggunakan sisi pisau, hancurkan ujung tulang kaki, yang berada di dekat sendi, untuk memperlihatkan sumsumnya.
  5. Tambahkan tulang yang telah dihancurkan, dan kaldu ayam ke dalam panci. Dalam panci instan, gunakan lebih sedikit kaldu daripada versi kompor.
  6. Tutup penutup kompor, didihkan, dan masak selama 30 menit dengan api kecil. Tutup panci instan, kunci katupnya, dan gunakan pengaturan sup untuk memasak dengan tekanan rendah selama tujuh menit.
  7. Untuk membuang tulang, saring kaldu melalui saringan. Singkirkan tulang. Simpan kaldu.
  8. Dalam panci yang sama, masukkan sedikit minyak wijen dan masak nasi yang telah direndam selama 1-2 menit sampai terlapisi dengan baik dan sedikit bening. Tambahkan kaldu ke dalam nasi. Setelah nasi menyerap semua cairan dan matang sesuai dengan keinginan, tutup panci dan biarkan mendidih selama 15-20 menit. Kamu dapat memasak Dakjuk untuk waktu yang lebih lama dan menambahkan lebih banyak kaldu jika ingin membuatnya sangat lembut. Aduk sesekali untuk memastikan nasi tidak menempel di dasar panci. Nasi yang sudah direndam dan siap dimasak di dalam Instant Pot. Tidak apa-apa jika ada daging di dalamnya itu sebenarnya adalah tulang rawan. Aduk dan masak nasi selama 1-2 menit hingga sedikit bening. Masukkan kaldu tulang. Atur pengatur waktu selama 10 menit, tutup penutupnya, dan kunci katupnya.
  9. Setelah lima menit pelepasan alami, lakukan pelepasan cepat dengan membuka katup dan biarkan uap keluar.
  10. Cincang bawang putih, daun perilla, dan daun bawang saat nasi dimasak.
  11. Tambahkan daging, aduk, dan didihkan di atas kompor selama beberapa menit (jika menggunakan panci instan, atur fungsi ke 1 menit) sehingga daging menjadi hangat tanpa harus dimasak lagi.
Baca Juga :  Memasak Resep Telur Bebek Masak Lemak di Rumah yang Mudah dan Rasanya Sedap

TIPS MENYAJIKAN DAKJUK :

  1. Sajikan dakjuk yang lezat ini dengan kecap asin atau garam laut berkualitas tinggi. Di meja, biarkan orang membumbui sesuai selera. Kecap asin tidak harus dituangkan ke seluruh mangkuk, melainkan hanya beberapa sendok saja yang harus disuapkan ke bubur. Biji wijen atau biji perilla, daun bawang, dan daun perilla melengkapi hidangan ini.
  2. Kamu bisa menyimpan sisa makanan selama tiga sampai empat hari di lemari es. Saat kamu memanaskannya kembali, tambahkan lebih banyak air. Pembekuan juga bisa digunakan.
  3. Beri garam pada bubur hanya jika bubur sudah siap untuk dimakan. Seiring waktu, garam akan menyebabkan nasi rusak.
  4. Kamu dapat menggunakan kaldu ayam kalengan dan dada ayam jika tidak memiliki ayam utuh atau tidak punya waktu, tetapi rasanya tidak akan seenak membuat kaldu tulang sendiri. Untuk meningkatkan rasa kaldu ayam kalengan, masaklah kaki atau dada ayam tanpa tulang sekali lagi. karena kaldu tulang ayam adalah fokus dari hidangan ini.
Baca Juga :  Yuk buat Nasi Bakar Tongkol Kemangi di Rumah

Lihat video membuat DakJuk

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan