Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Resep Gosari Namul (Lauk Pakis Korea)

Resep Gosari Namul (Lauk Pakis Korea)

Gosari Namul (1)

Resep Gosari Namul

Gosari namul adalah lauk tradisional Korea yang terbuat dari tanaman yang dapat dimakan yang dikenal sebagai pakis pakis atau bracken fiddlehead.

Hidangan ini memiliki tekstur seperti daging dan dibumbui dengan kecap asin dan bawang putih cincang. Secara tradisional, makanan ini disajikan dalam bibimbap!

Batang muda pakis pakis, juga dikenal sebagai kepala biola, disebut gosari atau kosari. Dalam masakan Korea, gosari sering digunakan untuk membuat lauk, sup, atau rebusan, seperti yukgaejang.

Setelah merebus dan mendinginkannya, cukup dimasukkan bagian ke dalam kantong plastik dan membekukannya.

Bagian yang tersisa bisa digunakan untuk membuat gosari namul tambahan atau ditambahkan ke dalam rebusan atau sup.

Gosari namul dibumbui dengan kecap asin, bawang putih cincang, minyak wijen, dan biji wijen. Hasilnya, rasanya asin dan sedikit berbumbu bawang putih.

Minyak wijen dan biji wijen juga akan mengeluarkan aroma kacang yang kuat. Gosari namul adalah hidangan yang lezat untuk disajikan dengan sayuran. Ini adalah lauk khas di meja makan Korea.

Baca Juga :  Resep Kue Kenari Korea (Hodugwaja)

BAHAN-BAHAN UNTUK GOSARI NAMUL, BISA DISAJIKAN UNTUK 6-8 ORANG SEBAGAI LAUK

BAHAN UTAMA :

  1. 190 g / 6,7 ons gosari (pakis) yang sudah dihidrasi
  2. Sedikit air untuk merebus gosari
  3. 3 sdm air
  4. 1 sdt biji wijen sangrai
  5. Sedikit minyak goreng (saya menggunakan minyak bekatul)

BUMBU (CAMPUR DALAM MANGKUK)

  1. 1 sdm kecap asin biasa
  2. 1 sendok makan minyak wijen
  3. 1 sdm daun bawang, iris tipis1 sdt bawang putih cincang
  4. 1/4 sdt garam laut halus

* 1 sendok makan = 15 ml

CARA MEMBUAT :

  1. Tempatkan gosari atau pakis yang sudah dikeringkan dalam mangkuk besar dan tutupi dengan air selama delapan hingga dua belas jam untuk membuat gosari namul. Buang airnya. Masukkan air secukupnya untuk menutupi pakis ke dalam panci dan didihkan hingga mendidih. Tambahkan pakis dan biarkan mendidih selama 30 menit. Bilas gosari secara menyeluruh dengan air dingin yang mengalir setelah membuang airnya.
  2. Buang bagian kayu yang keras dari batangnya dengan menyisir rem pakis. Ini adalah prosedur yang melelahkan dan memakan waktu, tetapi sepadan dengan usahanya! Potong dengan panjang yang sama dengan jari telunjuk. Masukkan ke dalam mangkuk untuk diaduk. Aduk rata saus bumbu hingga tercampur rata.
  3. Dalam wajan, panaskan minyak dengan api sedang-tinggi. Oleskan minyak goreng setelah panas. Aduk pakis yang sudah dibumbui selama beberapa menit sebelum menambahkannya. Rebus selama tiga menit dengan api kecil setelah menambahkan air (tiga sendok makan). Taburkan biji wijen di atasnya. Matikan api setelah itu sajikan. Selama tiga sampai empat hari, dapat disimpan dalam keadaan dingin dalam wadah kedap udara.
Baca Juga :  Resep Kue Basah Wajik Yang Enak Dan Gurih

Lihat video Gosari Namul

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan