Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Resep Hotteok Pancake Manis Khas Korea

Resep Hotteok Pancake Manis Khas Korea

Hotteok 1 (1)
Lazada

Resep Hotteok

Hotteok, jajanan kaki lima musim dingin yang populer di Korea yang terbuat dari panekuk manis, di rumah. Bagian luarnya renyah, tetapi bagian dalamnya penuh dengan rasa manis dan lengket!

Hoddeok atau Hodduk, yang merupakan pancake manis dari Korea. Hotteok, atau panekuk manis Korea, adalah salah satu jajanan pinggir jalan yang paling umum di Korea. Di musim dingin, mereka sangat populer.

Secara tradisional, pancake diisi dengan kacang atau biji-bijian, bubuk kayu manis, dan gula merah tua, tetapi baru-baru ini, pancake gurih (berisi sayuran, kimchi, bulgogi, atau keju)

– Pancake mentah (adonan) biasanya berwarna putih, tetapi bisa juga diwarnai atau dibumbui dengan teh hijau.

BAHAN-BAHAN UNTUK HOTTEOK, 6 PANCAKE (UKURAN SEDANG)

Bahan Utama

  1. 1 & 1/4 cangkir (157 g, 5,5 ons) tepung terigu serbaguna
  2. 1/2 sdt garam laut halus
  3. 1 sendok teh gula putih
  4. 1 sdt ragi kering instan
  5. 1/2 cangkir (125 ml) susu hangat
  6. Sedikit minyak goreng

Isian (aduk rata dalam mangkuk)

  1. 1/4 cangkir gula merah tua
  2. 1/4 sdt bubuk kayu manis
  3. 2 sdm kacang tumbuk pilihan (bisa menggunakan kacang kenari. Kacang tanah, irisan almond dan biji bunga matahari juga merupakan pilihan yang populer).

*1 cangkir = 250ml, 1 sendok makan = 15ml

CARA MEMBUAT HOTTEOK

  1. Tambahkan garam, gula, ragi, dan susu ke dalam mangkuk besar setelah tepung diayak. Tutup mangkuk dengan bungkus plastik dan campurkan semuanya hingga menjadi adonan. Pada suhu ruangan, fermentasi hingga adonan mengembang dua kali lipat. Waktu yang dibutuhkan sekitar satu jam pada suhu ruangan 27 C/80,6 F, tetapi ini bisa bervariasi tergantung pada seberapa baik ragi bekerja dan suhu ruangan.
  2. Pukul adonan beberapa kali dengan tangan untuk mengeluarkan gas setelah mengembang. Sekali lagi tutup dengan pembungkus, istirahatkan selama 20 menit.
  3. Pada saat adonan sudah siap, oleskan sedikit minyak goreng di tangan (agar tidak lengket) dan pisahkan adonan agar bisa dibuat 6 hotcakes berukuran sedang.
  4. Letakkan salah satu bagian adonan di tangan, lalu gunakan tangan untuk meratakan adonan sehingga dapat menambahkan sekitar 1 sendok makan isian ke dalamnya. Tutup adonan dengan mengumpulkan sudut-sudutnya setelah selesai. Untuk adonan yang tersisa, lakukan hal ini lagi.
  5. Panaskan wajan di atas api sedang dan tambahkan sedikit minyak goreng setelah dipanaskan.
  6. Letakkan satu atau beberapa bola adonan, tergantung ukuran wajan. Jika lebih, sisakan ruang yang cukup agar adonan dapat mengembang saat ditekan) ke dalam wajan dan masak selama sekitar 30 detik dengan api sedang hingga bagian bawahnya berwarna cokelat keemasan. Dengan menggunakan alat press profesional atau pembalik yang kokoh, balikkan dan tekan adonan ke bawah. Masak sekitar satu menit atau sampai bagian bawahnya berwarna cokelat keemasan. Setelah membalik pancake sekali lagi, kecilkan api hingga kecil. Masak gula pasir hingga benar-benar meleleh (sekitar satu menit) dengan menutup wajan dengan penutup. Meskipun tidak melanjutkan memasaknya dengan penutup, pancake akan tetap dapat dimakan, tetapi tidak semua isian gula akan meleleh.
  7. Letakkan pancake di atas piring dan lanjutkan dengan sisa adonan. Setelah itu hangatkan!

CATATAN:

  1. Makanlah selagi masih “lumayan” panas untuk mendapatkan rasa terbaik. Saat mendekati isian gula, berhati-hatilah karena bisa sangat panas, terutama untuk anak kecil.
  2. Jika menggunakan ragi kering instan dalam resep ini, tidak perlu mengaktifkannya (proofing) sebelum menambahkannya ke bahan-bahan lain untuk adonan.
  3. Kamu bisa mengganti air dengan susu jika alergi terhadap produk susu.
  4. Yang terbaik adalah memakan semua pancake pada hari pembuatannya. Isiannya sebagian besar direndam ke dalam adonan, jadi meskipun dipanaskan dengan baik di dalam microwave, rasa lengket dari isiannya akan hilang seiring berjalannya waktu.

Lihat video Hotteok

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan BalasanBatalkan balasan

Exit mobile version