Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Resep Nabak Kimchi Kimchi Air khas Korea

Resep Nabak Kimchi Kimchi Air khas Korea

Nabak Kimchi1 (1)
Lazada

Resep Nabak Kimchi

Nabak-kimchi adalah kimchi air yang ringan dan menyegarkan yang cocok untuk musim semi. Warnanya yang oranye dan banyak sayuran di dalamnya. Hidangan Korea apa pun cocok dipadukan dengan ini.

Nabak kimchi, juga dikenal sebagai Mul kimchi adalah salah satu jenis kimchi air Korea. Bahan utamanya adalah lobak dan kubis, yang diasinkan sebelum dicampur dengan air dan bumbu tambahan seperti pir, bawang merah, bawang putih, dan serpihan cabai Korea untuk membuat kimchi air yang lezat.

Nabak kimchi adalah kimchi yang cocok untuk vegetarian atau vegan karena tidak memerlukan saus ikan, tidak seperti kimchi biasa.

Teknik mengiris lobak menjadi bentuk persegi yang tipis adalah asal muasal nama “nabak”. Orang Korea menyebut metode ini sebagai “nabak-sseolgi” Bunyi yang dihasilkan saat memotong lobak membuatnya dinamai “nabak-nabak”

Nabak kimchi memiliki rasa asin dan banyak kesegaran. Rasa asam mulai muncul saat didiamkan dan difermentasi.

Kimchi ini cocok dengan sebagian besar hidangan Korea, tetapi ubi jalar panggang atau panggang, sup kue beras, dan hidangan Korea yang lezat sangat cocok. Akibatnya, sering disajikan sebagai salah satu hidangan di meja Charye, ritual leluhur, dan pada Hari Tahun Baru Korea.

Nabak kimchi dapat bertahan selama 4 hingga 6 jam pada suhu ruangan. Kemudian, simpan di lemari es. Kamu dapat membiarkannya untuk waktu yang lebih lama, tetapi mungkin akan berfermentasi terlalu cepat dan dapat dikonsumsi keesokan harinya.

Nabak kimchi, seperti jenis kimchi lainnya, akan berubah menjadi asam seiring berjalannya waktu karena berfermentasi secara perlahan di lemari es. Beberapa orang mengatakan bahwa kimchi harus dikonsumsi dalam waktu tiga sampai empat hari.

Tentu saja, hal ini akan tergantung pada berapa lama kimchi disimpan pada awalnya dan bagaimana cara penyimpanannya secara keseluruhan.

Lobak akan melunak dan kimchi akan berubah menjadi sedikit asam setelah titik ini, yang menunjukkan bahwa kimchi sudah tidak dalam kondisi terbaiknya.

Biasanya kimchi disajikan dengan nasi dan lauk-pauk khas Korea. Ini memberikan rasa yang menyenangkan, berenergi, dan asam. Kamu dapat menghiasi nabak kimchi yang kamu sajikan dengan apel, pir nashi, atau mentimun yang diiris tipis.

Hidangan ini akan memiliki tekstur yang renyah dan rasa manis alami dari air garam kimchi.

BAHAN NABAK KIMCHI

BAHAN UTAMA :

  1. 450g / 15,9 ons lobak (lobak Korea atau daikon), kupas, potong kotak berukuran 1 inci (2,5 cm) dengan ketebalan 1/8 inci (0,3 cm)
  2. 345g / 12,2 ons kubis napa, gunakan bagian dalam daun kuning saja (buang daun hijaunya) dan potong kecil-kecil (kotak 1 inci)
  3. 2 sendok makan garam dapur, kristal berukuran sedang
  4. 110g / 3,9 ons wortel, kupas dan iris tipis (ketebalan 1/8 inci (0,3 cm))
  5. 40g / 1,4 ons daun bawang, potong sepanjang 2 inci (5 cm)
  6. 35g / 1,2 ons cabai merah, buang bijinya dan iris tipis

BUMBU KIMCHI AIR

  1. 2 sendok makan tepung beras ketan
  2. 1,5 cangkir air
  3. 400g / 14,1 ons pir nashi, diblender atau diparut halus95g / 3,3 ons bawang bombay, diblender atau diparut halus
  4. 1 sendok makan bawang putih cincang
  5. 1/2 sendok makan jahe cincang
  6. 2 sendok makan bubuk cabai Korea (gochugaru)
  7. 8 gelas air
  8. 1 sendok makan garam dapur, kristal berukuran sedang

OPSIONAL (UNTUK DISAJIKAN)

  1. mentimun, iris tipis
  2. pir nashi, kupas, iris tipis

* 1 sendok makan = 15 ml, 1 cangkir = 250 ml

CARA MEMBUAT NABAK KIMCHI

  1. Tambahkan lobak dan kubis napa yang telah disiapkan ke dalam wadah kimchi berukuran 4,8 liter/1,26 galon. Campurkan dua sendok makan garam. Tutup dan biarkan selama 30 menit pada suhu kamar.
  2. Buatlah pasta beras ketan sambil menunggu. Dalam panci, campurkan air dan tepung beras ketan dan masak dengan api sedang selama 5-8 menit hingga adonan mengental. Pindahkan pasta beras ketan yang sudah disiapkan ke dalam mangkuk sedang dan biarkan dingin. Tambahkan buah pir, bawang bombay, jahe cincang, dan bubuk cabai Korea. Aduk rata.
  3. Letakkan ayakan di atas tempat kimchi dari tahap pertama dan tutupi dengan kain katun besar. Tuangkan bumbu kimchi dari tahap kedua. Peras kain katun untuk mengeluarkan cairannya saja setelah membungkusnya.
  4. Wadah harus diisi dengan 8 gelas air dan 1 sendok makan garam. Masukkan cabai, daun bawang, dan wortel yang sudah disiapkan. Tutup wadah dan sisihkan selama empat hingga enam jam pada suhu kamar. Kemudian simpan di lemari es. Kamu bisa mulai menyajikannya keesokan harinya. Sebelum disendok, aduk rata dan sajikan dalam keadaan dingin.

Lihat video membuat Nabak Kimchi

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan BalasanBatalkan balasan

Exit mobile version