Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Resep Sup Ayam Merah yang Segar dan Nikmat untuk Disantap Setiap Saat

Resep Sup Ayam Merah yang Segar dan Nikmat untuk Disantap Setiap Saat

Sup Ayam Merah (1)

Resep sup ayam merah

Resep sup ayam merah terasa segar karena berkuah merah dari bahan tomat yang digunakan. Kesegaran kuahnya yang asam masih bisa ditolerir oleh lidah banyak orang.

Bahkan, Anda yang berselera pedas bisa menambahkan cabai rawit secukupnya sesuai selera. Sementara itu, bahan protein hewani yang dimasukkan, yaitu daging ayam, telur puyuh, dan bakso.

Namun demikian, Anda bisa menggantinya dengan bahan protein lainnya seperti yang diinginkan, seperti ceker ayam, ati ampela, atau yang lainnya.

Makanan berkuah segar yang satu ini bisa disantap langsung atau bersama nasi putih hangat. Sangat cocok dinikmati untuk makan siang.

Namun, Anda juga bisa menyantapnya pada saat sarapan pagi atau makan malam. Untuk bisa memasaknya di rumah, Anda harus membaca dulu resep sup ayam merah selengkapnya berikut.

Bahan dan bumbu

  1. 2 potong dada ayam segar tanpa tulang
  2. 10 butir telur puyuh matang
  3. 5 butir bakso ayam/sapi dipotong menjadi dua
  4. 2 buah wortel dibersihkan dan dipotong dadu
  5. 3 buah tomat merah dipotong dua bagian
  6. 5 helai buncis dipotong-potong
  7. 2 helai daun bawang dipotong kecil
  8. 3 buah brokoli dipotong-potong
  9. 3 butir bawang merah dicincang halus
  10. 3 sendok makan saus tomat
  11. 1 sendok teh garam
  12. ½ sendok teh gula pasir
  13. ¼ sendok teh merica bubuk
  14. ½ sendok teh pala bubuk
  15. ½ sendok teh kaldu bubuk
  16. 500 ml air
  17. 2 sendok makan margarin untuk menumis
Baca Juga :  Membuat Es Yakult Melon untuk Menu Berbuka Puasa

Cara memasak sup ayam merah

Setelah semua bahan dan bumbu diatas disediakan lengkap, Anda bisa segera mempraktikkan cara memasak resep sup ayam merah dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Bersihkan dulu daging ayam yang sudah disiapkan di bawah air mengalir. Lalu, rebus sekitar 30 menit, angkat, dan tiriskan. Setelah tidak terlalu panas, potong-potong ukuran sedang atau sesuai selera Anda. sisihkan.
  2. Selanjutnya, bang kulit beserta biji dari tomat merah yang sudah disiapkan. Siapkan panci ukuran sedang, lalu rebus air bersama tomat tersebut diatas api kompor sedang saja.
  3. Setelah itu, ambil tomat dan haluskan secara manual atau menggunakan blender/chopper. Sisihkan dulu. Sementara itu, air sisa rebusannya jangan dibuang karena masih digunakan memasak.
  4. Langkah berikutnya, panaskan wajan penggorengan dan beri margarin untuk menumis. Setelah panas dan meleleh, tumis bawang merah hingga harum.
  5. Tambahkan potongan ayam, telur puyuh, bakso, wortel, brokoli, dan buncis. Aduk merata hingga semua bahannya. Setelah itu, masukkan tomat yang sudah dihaluskan bersama saus tomat. Kecilkan api kompor dan aduk merata.
  6. Bumbui juga dengan garam, gula pasir, merica bubuk, pala bubuk, dan kaldu bubuk. Aduk merata lagi.
  7. Setelah itu, tuangkan air sisa rebusannya ke dalam wajan. Aduk dan masak hingga mendidih. Silahkan mencicipi sedikit masakannya untuk mengkoreksi rasanya. Jika sudah sedap dan sesuai selera, matikan kompor karena masakan sudah matang dan siap disajikan.
  8. Siapkan sebuah mangkuk besar untuk plating, lalu tuangkan masakan sup ayam merah yang sudah matang. Taburi bawang merah goreng secukupnya untuk menambah kesedapannya. Jangan lupa menyiapkan nasi putih hangat saat ingin menyantapnya sebagai lauk makan.
Baca Juga :  Es Jagung Viral, ternyata begini membuatnya

Cukup mudah bukan langkah-langkah memasak resep sup ayam merah diatas? Silahkan Anda coba di rumah karena rasanya dijamin mantap.

Lihat video membuat Sup Ayam Merah

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan