Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Sup Kue Beras Korea (Tteokguk) untuk Tahun Baru!

Sup Kue Beras Korea (Tteokguk) untuk Tahun Baru!

Tteokguk1
Lazada

Resep Tteokguk

Pada Hari Tahun Baru, orang Korea wajib menyantap Tteokguk, sup kue beras. Bulatan kue beras yang kenyal dan kuah kaldu yang hangat dan hangat dari sup ini membuatnya menjadi makanan penghibur terbaik untuk musim apa pun!

Apa itu Tteokguk? Tteokguk adalah sup Korea tradisional yang dibuat dengan kaldu yang lezat (biasanya daging atau ikan teri) dengan potongan kue beras bundar yang dimasak di dalamnya.

Meskipun dapat dikonsumsi kapan saja sepanjang tahun, orang Korea harus mengonsumsi setidaknya satu mangkuk Tteokguk / Ddukguk pada Hari Tahun Baru.

Banyak orang Korea yang pulang ke kampung halaman mereka selama liburan Tahun Baru, terutama Seollal, Tahun Baru Imlek.

Ketika mereka mengunjungi orang tua dan kerabat lanjut usia lainnya, mereka membungkuk (Saebae) kepada mereka dan mendoakan kesehatan dan kemakmuran bagi mereka.

Para orang tua memberi anak-anak mereka Saebaedon (hadiah uang) sebagai tambahan berkat dan kata-kata bijak.

Mengapa orang Korea merayakan Tahun Baru dengan tteokguk, sup kue beras? Tidak ada yang tahu pasti mengapa Sup Kue Beras Korea (Tteok Guk) berubah menjadi makanan tradisional Korea untuk dimakan di rumah pada hari Tahun Baru.

Membuat kue beras adalah cara untuk memanfaatkan beras yang sudah tua karena beras tersebut dipanen pada musim gugur dan tidak ada cara untuk menyimpannya untuk waktu yang lama di masa lalu.

Menurut kepercayaan tradisional, hal ini berkaitan dengan yin dan yang, dan kue beras serta Hari Tahun Baru mewakili energi yang (positif). Jangan tanya mengapa kue beras dikaitkan dengan energi Yang.

Catatan paling awal tentang tteokguk berasal dari dinasti Joseon. Asal-usul tteokguk tteok (kue beras berbentuk oval) dan Garaetteok-dari mana kue beras berbentuk oval bundar dipotong-sangat menarik.

Bentuk kue beras yang bulat juga melambangkan matahari, dan bentuk Garaetteok yang panjang seperti tongkat melambangkan “kekayaan yang berkelanjutan”, menurut legenda.

Dikatakan bahwa warna “putih” pada kue beras melambangkan “kecerahan” untuk awal yang bersih dan cerah di Tahun Baru.

Selain itu, bentuknya yang bulat dan menyerupai koin Korea kuno melambangkan kekayaan dan kemakmuran.

Tteokguk Tteok, yang diterjemahkan menjadi “kue beras yang dibuat untuk sup”, adalah nama yang diberikan untuk irisan kue beras jenis ini.

Beberapa waktu yang lalu, kaldu untuk sup kue beras dibuat dengan menggunakan daging unggas. Tteokguk dengan Kaldu Sapi, yang dibuat dengan kaldu daging sapi, telah menjadi hal yang biasa belakangan ini.

Kamu juga dapat menggunakan kaldu ayam atau kaldu sayuran, atau keduanya. Meskipun kaldu ikan teri kurang beraroma dibandingkan kaldu sapi, namun lebih cepat, lebih mudah, dan rasanya lebih bersih.

Cara menyimpan kue beras :

Kue beras biasanya mulai rusak setelah beberapa hari di lemari es.    Oleh karena itu, jika kamu memiliki sisa tteokguk yang belum dimasak, kamu dapat menyimpannya selama berbulan-bulan di dalam freezer.

Cara mencairkan kue beras sangat mudah, yaitu dengan merendamnya dalam air dingin selama beberapa menit. Membekukannya juga tidak akan mempengaruhi rasanya.

Cara untuk menghias tteokguk sepenuhnya tergantung pada selera. Taburkan daun bawang yang baru dipotong atau diiris di atasnya.

Kamu dapat mengocok telur dan mengaduknya ke dalam kaldu sebelum disajikan pada tahap berikutnya.

Jangan dimasak atau didiamkan terlalu lama, karena kue beras yang tersisa akan berubah menjadi bola pasta beras yang besar.

Kuahnya akan mengental secara signifikan, dan kue berasnya akan mulai lembek. Oleh karena itu, lebih baik tidak menyisakan sisa makanan namun, jika ada tiriskan supnya sehingga kue beras dan supnya dapat dipisahkan.

Apa sebenarnya Tteok itu? “Tteok atau Dduk” merujuk pada kelas umum kue beras Korea yang dibuat dengan mencampurkan tepung beras (bisa beras manis atau beras biasa) dengan air dan mengukusnya.

Kue ini dapat disempurnakan dengan bahan mugwort (suk), labu (hobahk), dan kacang merah (paht). Mereka masing-masing disebut sebagai hobahk dduk, paht dduk, dan suk dduk. Sudah jelas bagaimana nama-nama itu bekerja.

Bahan-Bahan untuk kaldu :

  1. 1 lb irisan kue beras/ovalet untuk sup
  2. 8 cangkir kaldu ikan teri
  3. 2 batang daun bawang
  4. 1/2 irisan bawang bombay (opsional)
  5. 1 buah wortel yang sudah dipotong-potong (opsional)
  6. 1 T bawang putih cincang
  7. 1 T guk kanjang (Kecap Sup Korea)
  8. 1/2 sendok teh garam
  9. lada hitam

Untuk hiasan

  1. rumput laut panggang (gim) yang sudah dihancurkan atau diiris
  2. 1 batang daun bawang, iris
  3. 2 butir telur
  4. 1 sendok teh minyak sayur untuk menggoreng
  5. 1/2 kg daging sapi rebus atau daging sapi giling atau daging giling (opsional)

bumbu untuk daging sapi:

  1. 4 sdt kecap asin
  2. 4 sdt gula pasir
  3. 1 T arak untuk menanak nasi
  4. 1 T minyak wijen
  5. 1 T bawang putih cincang
  6. 1/2 sdt lada hitam bubuk

Cara Membuat :

  1. Siapkan kaldu ikan teri.
  2. Khususnya jika lontong dibekukan, bilas dan rendam selama 5 hingga 10 menit dalam air dingin.
  3. Buatlah Telur JIDAN Besting.
  4. Kocok dua butir telur dalam mangkuk dengan garam dan merica. Panaskan wajan antilengket dengan api sedang-tinggi dengan sedikit minyak sayur. Setelah telur dimasukkan ke dalam wajan, segera matikan api. Buatlah panekuk tipis seperti panekuk dengan menaburkan telur di atas wajan. Balikkan telur saat hampir matang, seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini, dan kembalikan wajan ke api sedang.
  5. Setelah telur matang sempurna, keluarkan dari wajan dan biarkan dingin di atas talenan. Lipat menjadi tiga bagian yang saling tumpang tindih (tri-lipat) ketika sudah cukup dingin untuk dipegang. Kamu akan dapat memotong irisan dengan lebih merata dengan cara ini.
  6. Sebagai alternatif, kamu bisa mengaduk telurnya, mirip seperti membuat sup telur.
  7. TOPING DAGING SAPI: Iris daging sandung lamur atau daging rebus menjadi irisan tipis sebelum digunakan. Bumbui potongan daging atau hamburger giling dengan kecap asin, gula, mirin, bawang putih, lada dan minyak wijen. Campurkan dengan baik.
  8. Dalam wajan, masak daging sapi hingga benar-benar matang dengan api sedang-besar. Jangan repot-repot menambahkan minyak tambahan.
  9. Di dalam panci, panaskan kaldu ikan teri dengan suhu sedang-tinggi. Tambahkan garam, Guk Ganjang, dan bawang putih cincang ke dalam sup untuk membumbui. Kamu juga dapat menambahkan potongan bawang bombay dan wortel ke dalam sup untuk menambah rasa dan menambah rasa. Rebus hingga mendidih.
  10. Tambahkan irisan kue beras ke dalam sup mendidih setelah ditiriskan. Masak selama beberapa menit sambil ditutupi panci. Kue beras sudah matang dan siap disantap saat mengapung di atas. Tambahkan irisan daun bawang dan lada hitam setelah mematikan api.
  11. Jika perlu, sesuaikan bumbu dengan mencicipi kuahnya. Jika perlu, tambahkan lebih banyak garam. Sajikan sup lontong dalam mangkuk dengan daging sapi dan telur yang telah disiapkan sebelumnya sebagai hiasan. Jika kamu mau, taburkan biji wijen di atasnya, dan selesai!

Lihat video Tteokguk

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan BalasanBatalkan balasan

Exit mobile version