Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Resep Kue Beras Garaetteok khas Korea

Resep Kue Beras Garaetteok khas Korea

Garaetteok
Lazada

Resep Kue Beras (Garaetteok)

Garaetteok adalah jenis kue beras Korea yang sering digunakan untuk membuat tteokguk, yaitu sup kue beras, dan tteokbokki, yaitu kue beras pedas.

Garaetteok juga dikenal sebagai garae-tteok atau garaeddeok, adalah sejenis kue beras Korea berbentuk silinder. Kue ini dibuat dengan mepssal-garu (tepung beras non-ketan) dan memiliki tekstur yang sedikit kenyal dan melenting.

Garaetteok berwarna putih dan tidak memiliki banyak rasa, sehingga sangat cocok untuk hidangan seperti tteokbokki atau tteokguk, yang merupakan hidangan tumis.

Saat menggiling beras untuk membuat tepung beras dari awal, beras akan menjadi lebih halus jika direndam lebih lama. Usahakan untuk merendamnya setidaknya selama 12 jam. Jika merendam beras dalam cuaca yang lembab dan panas, tutupi beras di dalam kulkas.

Gunakan beras berbiji pendek atau beras berbiji sedang (seperti beras sushi) saat membuat tepung beras sendiri.

Tepung beras yang tersisa dapat disimpan di dalam freezer. Sebelum menggunakan tepung beras beku, cairkan terlebih dahulu di dalam lemari es selama 24 jam atau keluarkan dari freezer dan diamkan pada suhu ruangan selama 1 jam. Sebelum memasak tepung beras, ayak tepung beras.

Disarankan untuk menambahkan tepung beras ke dalam kue beras karena akan memberikan tekstur yang lebih kenyal dan lembut.

Jumlah tepung beras kering atau lembab yang dimiliki akan menentukan berapa banyak air mendidih yang dibutuhkan.

Gunakan gelas ukur yang lebih kecil untuk menambahkan air mendidih satu per satu.

Microwave atau kukusan dapat digunakan untuk membuat kue beras kukus. Namun, perlu diingat bahwa adonan dapat dengan mudah menjadi terlalu matang di dalam microwave, terutama jika air yang ditambahkan tidak cukup.

Di atas tangan, kenakan sepasang sarung tangan yang aman untuk makanan dan sepasang sarung tangan katun tebal.

Saat kamu mengeluarkan adonan kue beras kukus dari oven, sarung tangan ini akan melindungi tangan dari panas. Saat menguleni dan menumbuk kue beras, sarung tangan ini juga mencegah adonan menempel di tangan.

Bentuk kue beras menjadi lebih mudah dan lebih baik tanpa sarung tangan ketika adonan dibentuk menjadi silinder. Adonan tidak akan menempel di tangan pada saat itu.

BAHAN-BAHAN UNTUK GARAETTEOK (KUE BERAS BERBENTUK SILINDER)

  1. 2 cangkir tepung beras giling basah (300 gram), dari biji-bijian pendek atau sedang
  2. 1 sendok makan tepung maizena
  3. 1 sendok teh garam halus
  4. 3/4 cangkir air mendidih (untuk versi microwave, 175 gram), dibagi menjadi tiga set 1/4 cangkir
  5. 2/3 cangkir air mendidih (untuk versi kukusan, 155 gram)
  6. 1/2 sdt minyak wijen

* 1 sendok makan = 15 ml, 1 cangkir =250 ml

CARA MENGGUNAKAN MICROWAVE UNTUK MEMBUAT KUE BERAS :

  1. Dalam mangkuk yang aman untuk microwave, campurkan tepung beras, tepung maizena, garam halus, dan 1/4 cangkir air mendidih. Campurkan dengan baik. Campurkan lagi dengan 1/4 cangkir air mendidih lainnya. Campuran kue beras tidak boleh keras seperti adonan kue harus halus dan mudah dicampur.
  2. Bungkus plastik harus digunakan untuk menutupi mangkuk, sisakan sedikit celah agar uap keluar. Dengan menggunakan microwave 1250W, masukkan mangkuk ke dalam microwave dan panaskan selama 2 menit.
  3. Tambahkan 1/4 cangkir sisa air mendidih setelah mangkuk diangkat. Sekali lagi, tutup mangkuk dan kembalikan ke dalam microwave untuk memanaskannya selama satu menit tiga puluh detik. Mangkuk microwave harus diangkat.
  4. Saat membentuk kue beras, tutup talenan dengan alas kue silikon atau beberapa lapis cling wrap agar tidak lengket. Letakkan adonan kue beras di atas alas setelah dikeluarkan dari mangkuk dengan hati-hati.
  5. Di atas tangan, letakkan sarung tangan yang aman untuk makanan dan sarung tangan katun tebal. Hal ini dikarenakan adonan kue beras akan terasa sangat panas saat disentuh. Adonan kue beras diuleni. Agar kue beras memiliki tekstur yang bagus dan elastis, tumbuk dengan alu selama sekitar 5 menit.

CARA MENGGUNAKAN KUKUSAN UNTUK LONTONG :

  1. Campurkan tepung beras, tepung maizena, garam halus dan 2/3 cangkir air mendidih ke dalam mangkuk.
  2. Letakkan campuran tepung beras di atas kukusan dan tutupi dengan kertas roti atau tisu dapur yang bersih. Kukus selama 20 menit dengan api besar dengan tutup tertutup.
  3. Saat membentuk lontong, tutup talenan dengan alas kue silikon atau beberapa lapis cling wrap agar tidak lengket. Letakkan adonan kue beras kukus di atas alas dengan hati-hati.
  4. Di atas tangan, letakkan sarung tangan yang aman untuk makanan dan sarung tangan katun tebal. Hal ini dilakukan karena adonan lontong akan sangat panas jika bersentuhan dengan tangan. Adonan kue beras diuleni. Agar kue beras memiliki tekstur yang bagus dan elastis, tumbuk dengan alu selama sekitar 5 menit.

Siapkan kue beras untuk TTEOKOKKI (kue beras pedas)

  1. Bagi adonan kue beras menjadi lima bagian yang sama besar.
  2. Gosok kue beras dengan telapak tangan menggunakan 1/2 sendok teh minyak wijen.
  3. Potong kedua ujung kue beras setelah menggulungnya menjadi silinder dengan diameter 0,4 hingga 0,6 inci.
  4. Bagi kue beras utama menjadi potongan-potongan sepanjang 6 cm (4 inci), kira-kira seukuran jari kelingking. Kue beras sekarang siap digunakan dalam tteokbokki dan hidangan tumis lainnya.

Siapkan kue beras sebagai persiapan untuk membuat tteokguk, sup kue beras khas Korea

  1. Bagi adonan kue beras menjadi dua bagian yang sama besar.
  2. Gosok kue beras dengan telapak tangan menggunakan 1/2 sendok teh minyak wijen.
  3. Gulung kue beras menjadi kue beras berbentuk silinder dengan diameter 2 hingga 3 cm atau 0,8 hingga 1,2 inci.
  4. Tutup kue beras dengan cling wrap dan letakkan di atas piring besar. Agar lebih mudah mengirisnya, dinginkan selama sekitar satu jam. Namun, jika masih bisa mengiris kue beras segera setelah dibentuk jika sedang terburu-buru.
  5. Iris secara diagonal dalam bentuk oval dengan ketebalan sekitar 0,5 cm. Kamu sekarang dapat menggunakan kue beras dalam sup lontong.

Lihat video cara membuat Garaetteok

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan BalasanBatalkan balasan

Exit mobile version