Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Memasak Resep Gulai Tongkol dengan Rasa Gurih Pedas yang Mantap di Lidah

Memasak Resep Gulai Tongkol dengan Rasa Gurih Pedas yang Mantap di Lidah

Gulai Tongkol (1)
Lazada

Resep gulai tongkol

Resep gulai tongkol sangat menarik dan sepertinya sangat menggugah selera. Oleh karenanya, Anda bisa membuktikan sendiri dengan memasaknya di rumah, lalu mencicipi masakannya bersama seluruh anggota keluarga.

Meskipun tidak memakai bahan protein hewani daging sapi, kambing, ayam, atau yang lainnya. Namun, ikan tongkol yang memiliki daging tebal dan lembut tetap cocok dimasak dengan bumbu gulai.

Bumbu gulai memang dapat dikombinasikan dengan berbagai bahan sesuai selera Anda masing-masing. Salah satunya ikan tongkol yang ternyata juga bisa dimasak dengan bumbu gulai dan benar-benar menggugah selera.

Sangat cocok dijadikan menu lauk makan siang dengan nasi hangat. Dijamin makannya lahap dan banyak. Berikut resep gulai tongkol selengkapnya yang semoga bermanfaat.

Bahan-bahan

  1. 2 – 3 ekor ikan tongkol segar ukuran sedang
  2. 1 buah jeruk nipis
  3. 1 sendok teh garam (untuk marinasi)
  4. 500 ml santan dari ½ butir kelapa
  5. 3 batang serai digeprek
  6. 3 lembar daun salam
  7. 4 lembar daun jeruk
  8. 3 cm lengkuas digeprek
  9. 4 buah bunga lawang
  10. 3 buah kapulaga
  11. 2 sendok teh garam
  12. 1 sendok teh kaldu jamur
  13. 1 sendok teh gula pasir
  14. Air matang secukupnya
  15. Minyak goreng untuk menggoreng ikan tongkol dan menumis

Bumbu yang dihaluskan

  1. 8 butir bawang merah
  2. 4 siung bawang putih
  3. 1 sendok makan ketumbar butiran
  4. 4 butir kemiri disangrai
  5. 5 buah cabai merah keriting
  6. 10 buah cabai rawit merah atau sesuai selera
  7. 2 cm kunyit
  8. 2 cm jahe
  9. 3 cm lengkuas

Cara memasak gulai tongkol

Setelah semua bahan dan bumbu diatas disediakan lengkap, silahkan Anda mempraktikkan cara memasak resep gulai tongkol dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Bersihkan dulu semua ikan tongkol yang sudah disiapkan. Buang sisik dan kotoran di bagian perut dan insangnya.
  2. Setelah itu, potong menjadi beberapa bagian sesuai selera. Jika Anda emnyukai kepalanya, silahkan saja ikut dimasak. Masukkan semua potongan tongkol ke dalam wadah baskom bersih, lalu beri perasan jeruk nipis dan garam.
  3. Aduk merata dan diamkan sekitar 15 menit untuk menghilangkan bau amisnya. Setelah 15 menit, bilas lagi dengan air bersih. Tiriskan dulu.
  4. Panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng agak banyak untuk menggoreng ikan tongkol. Pastikan minyak sudah panas, lalu masukkan satu per satu tongkol ke dalamnya. Goreng hingga setengah matang saja hingga berwarna coklat muda. Angkat dan tiriskan.
  5. Kurangi minyak goreng sisa menggoreng ikan tongkol tadi hingga tersisa sekitar 2 sendok makan saja karena hanya untuk menumis. Panaskan lagi minyak goreng, lalu tumis semua bumbu halus hingga harum.
  6. Tambahkan daun salam, daun jeruk, batang serai, lengkuas, kapulaga, dan bunga lawang. Tumis hingga semua bahan layu, lalu tuangkan air secukupnya dan masak hingga mendidih.
  7. Setelah itu, tuangkan santan ke dalam wajan dan kecilkan api kompor. Aduk perlahan terus menerus agar santan tidak pecah.
  8. Bumbui dengan garam, gula pasir, dan kaldu jamur. Aduk terus perlahan, lalu masukkan semua tongkol yang sudah digoreng setengah matang.
  9. Masak hingga mendidih dan kuahnya sedikit menyusut. Silahkan untuk mencicipi sedikit masakannya untuk mengkoreksi rasanya. Jika sudah sesuai selera, matikan kompor karena masakan sudah matang dan siap disajikan.
  10. Siapkan mangkuk saji ukuran besar untuk plating, lalu tuangkan masakan gulai tongkol yang sudah matang. Taburi bawang merah goreng secukupnya untuk menambah sedap masakan. Jika ingin menyantapnya sebagai lauk, jangan lupa menyiapkan nasi putih hangat.

Resep gulai tongkol selesai dimasak dan sudah disiapkan nasi putih. Selanjutnya, silahkan untuk menyantapnya bersama seluruh keluarga dan orang terdekat. Selamat mencoba.

Lihat video membuat Gulai Tongkol

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan BalasanBatalkan balasan

Exit mobile version