Lompat ke konten
Home » Wisata » Bukit Indah Karacak Valley di Garut Harus Coba Dikunjungi

Bukit Indah Karacak Valley di Garut Harus Coba Dikunjungi

Bukit Indah Karacak Valley6

Bukit Indah Karacak Valley

Karacak Valley Garut merupakan salah satu destinasi wisata di Garut yang resmi dibuka di tahun 2016, dan jadi hits saat itu.

Walaupun sudah bertahun-tahun, Karacak Valley tetap jadi favorit wisata dan habiskan waktu sembari menikmati keindahan alam sekitar.

Karacak Valley adalah berupa hutan pinus serta perkebunan kopi yang dimiliki oleh Perhutani, sementara untuk pengelolanya adalah LMDH (Lembaga Masyarakat Desa Hutan) Jaya Mandiri.

Luasnya mencapai 92 hektar, sementara yang dimanfaatkan untuk wisata adalah sekitar 10 hektar.

Alamat dan Lokasi Karacak Valley

Bukit Indah Karacak Valley
Bukit Indah Karacak Valley

Karacak Valley beralamat di Kampung Pakuwon, Kel. Sukanegla, Kec. Garut Kota, Kab. Garut. Lokasinya di pusat kota Garut, tak terlalu jauh dari Alun-Alun Garut.

Rute ke Wisata Karacak Valley

Jalan atau rute ke Karacak Valley bisa dilalui kendaraan roda dua dan kendaraan roda empat. Namun, direkomendasikan untuk memakai kendaraan roda dua saja.

Anda bisa mengarahkan kendaraan ke Jalan Bratayudha, kemudian belok ke arah Jalan Margawati. Selanjutnya, Anda terus melaju sampai tiba di lokasi wisata Karacak Valley.

Untuk Anda yang akan memakai transportasi umum, Anda bisa naik angkot 01 jurusan Terminal Guntur-Sukaregang maupun angkot 02 jurusan Terminal Guntur-Sukadana, dan Anda bisa minta berhenti di Margawati kemudian dilanjutkan dengan ojek.

Jam Operasional Karacak Valley

Jam buka wisata Karacak Valley adalah setiap hari Senin-Minggu dari pukul 07.00-17.00 WIB. Untuk Anda yang akan berkemah, terbuka selama 24 jam.

Baca Juga :  Review Wisata : Wisata Bahari Lamongan

Fasilitas Tersedia di Karacak Valley

Bukit Indah Karacak Valley4
Bukit Indah Karacak Valley4

Ada banyak fasilitas tersedia di Karacak Valley Garut. Berikut ini di antaranya:

  • Area parkir kendaraan,
  • Mushola
  • Toilet,
  • Warung makanan dan minuman,
  • Spot camping,
  • Gazebo,
  • Hutan pinus,
  • Air terjun.

Daya Tarik dari Wisata Karacak Valley

  • Air Terjun atau Curug
Bukit Indah Karacak Valley7
Bukit Indah Karacak Valley7

Air terjun atau curug di kawasan Karacak Valley bernama Curug Ngebul. Air terjun ini menjadi daya tarik utama bagi wisatawan yang berkunjung ke Karacak Valley. Ini adalah curug yang masih alami dan airnya mengalir jernih serta segar. Ditambah suara air terjun khas yang membuat suasana sekitar semakin tampak asri.

Selain itu, di sekitar air terjun terdapat kolam penampungan dengan ukuran tidak terlalu besar dan juga cukup dangkal, dimana Anda bisa bermain segarnya air dari Curug Ngebul.

Lokasi Curug Ngebul memang lumayan jauh dari pintu masuk, yaitu sekitar 1 km atau memakan waktu perjalanan sekitar 20 – 30 menit.

  • Trekking Seperti di Film Twilight
Bukit Indah Karacak Valley1
Bukit Indah Karacak Valley1

Untuk bisa mencapai Curug Ngebul, Anda harus menyusuri hutan pinus yang dikelilingi pepohonan tinggi. Pada sejumlah spot, keindahan alam sekitar terlihat seperti lokasi film Twilight, adem dan sangat indah.

Jalur trekking yang masih asri dan alami, tanjakan dan turunan yang tidak seberapa akan dilalui oleh Anda. Sebaiknya Anda mengenakan alas kaki nyaman dan tidak licin. Jangan lupa untuk membawa minum karena di jalur trekking tak ada warung.

Baca Juga :  Pesona Destinasi Wisata Favorit Air Terjun Rayap Jember

Jika Anda lelah, Anda bisa beristirahat dulu. Ada sejumlah tempat duduk alami pada spot tertentu. Waktu yang terbaik untuk mengunjungi Curug Ngebul adalah saat pagi hari agar Anda bisa menikmati udara yang masih segar dan jalur trekking bisa terlihat baik.

  • Hutan Pinus
Bukit Indah Karacak Valley3
Bukit Indah Karacak Valley3

Hutan pinus adalah daya tarik berikutnya, banyak pengunjung berfoto dengan latar belakang indahnya pepohonan pinus dan juga tak sedikit dari pengunjung yang mengaitkan hammock di satu pohon pinus ke pohon pinus lain.

Jika Anda adalah penggemar film Twilight, dijamin akan suka untuk melakukan trekking di sini, karena memang mirip sekali. Serupa tapi tidak sama.

Anda pun dapat menyaksikan kota Garut dari atas ketinggian saat menuju ke Puncak Dogar, pemandangan indah dan menawan terlebih saat sore menjelang.

  • Camping Ground
Bukit Indah Karacak Valley2
Bukit Indah Karacak Valley2

Ada sejumlah spot untuk berkemah atau camping di sekitaran Karacak Valley, bahkan dari pihak pengelola pun menyediakan persewaan tenda untuk Anda yang tidak mau repot dan ribet. Untuk harga sewa tenda pun cukup terjangkau.

Namun, jika Anda berkemah di sekitaran Karacak Valley harus siap dengan udara dingin di malam hari sampai pagi menjelang. Jadi, pastikan Anda membawa pakaian hangat dan juga perlengkapan yang lainnya.

Baca Juga :  Daya Tarik Wisata Taman Nasional Alas Purwo Perlu Diketahui

Penutup

Bukit Indah Karacak Valley5
Bukit Indah Karacak Valley5

Karacak Valley bisa dijadikan sebagai lokasi untuk Anda menghilangkan penat dan stress karena kesibukan sehari-hari yang direkomendasikan. Anda dapat menikmati alam indah dan pemandangan menawan bisa mengobati rasa lelah raga dan jiwa Anda.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan

Sponsor topwisata.info
Sponsor topwisata.info