Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Resep Tomyam Jamur ala Vegetarian dan Cocok untuk Diet Protein Hewani

Resep Tomyam Jamur ala Vegetarian dan Cocok untuk Diet Protein Hewani

Tomyam Jamur1 (1)

Resep tomyam jamur

Resep tomyam jamur meskipun tidak memakai bahan seafood seperti ala Thailand, tetapi tetap menggugah selera tiap orang. Bumbu tomyam yang dipakai juga seautentik aslinya, sehingga Anda yang menyantapnya nanti akan merasa puas.

Hanya bahan protein hewaninya saja diganti jamur. Dipilih jamur merang karena teksturnya cukup lembut dan bergizi. Namun demikian, Anda bisa memakai jenis jamur lainnya atau bahkan mengkombinasikan dari beberapa jenis jamur.

Tomyam jamur ini sangat cocok untuk Anda sekalian para vegetarian alias tidak mengkonsumsi protein hewani. Sebagai gantinya, hanya mengkonsumsi sayuran, buah, dan tumbuhan saja. Jenia tomyam yang satu ini juga cocok untuk program berdiet.

Oleh karenanya, silahkan megnetahui resep tomyam jamur selengkapnya untuk mempraktikkannya nanti di rumah.

Bahan-bahan

  • 500 gram jamur merang segar
  • 100 ml air
  • 2 batang serai digeprek
  • 5 daun jeruk lemon disobek-sobek
  • 2 sendok makan kecap ikan
  • ½ sendok teh garam
  • 2 sendok teh air jeruk lemon
  • 10 buah cabai rawit merah diuleg kasar
  • 3 buah cabai merah keriting disangrai, lalu diuleg kasar
  • 4 lembar daun ketumbar dipotong-potong
Baca Juga :  Resep Membuat Nasi Kimchi Dingin

Cara memasak tomyam jamur

Setelah semua bahan diatas sudah disediakan lengkap, Anda bisa segera mempraktikkan cara memasak resep tomyam jamur dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Bersihkan dulu semua jamur merang yang sudah disediakan di bawah air mengalir. Setelah itu, masing-masing jamur dipotong menjadi dua. Sisihkan dulu.
  2. Selanjutnya, siapkan panci ukuran sedang, lalu rebus air yang sudah disiapkan diatas api kompor kecil saja. Masukkan batang serai, daun jeruk, dan semua jamur merang. Aduk perlahan.
  3. Masak hingga mendidih dan jamurnya benar-benar matang. Oleh karenanya, Anda harus mencicipinya langsung untuk memastikan tingkat kematangannya. Jika sudah matang, matikan kompor.
  4. Lalu, tambahkan air jeruk lemon dan semua cabai. Aduk perlahan lagi hingga merata. Silahkan Anda mencicipi sedikit kuahnya untuk mengkoreksi rasanya. Tomyam identik dengan rasa asam pedas. Jika rasanya sudah sesuai selera, berarti siap disajikan.
  5. Siapkan sebuah mangkuk besar untuk plating, lalu tuangkan masakan tomyam jamur yang sudah matang ke dalam mangkuk. Taburi daun ketumbar untuk menambah citarasa masakan.
Baca Juga :  Membuat Sup Kimlo Bakso untuk Menu Sehari-hari

Akhirnya, resep tomyam jamur selesai dimasak dan siap disantap. Jika ingin lebih mengenyangkan, Anda bisa memakannya dengan mie kuning atau nasi hangat. Selamat mencoba.

Lihat video membuat Tomyam Jamur

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan