Lompat ke konten
Home » Resep » Resep Roti Canai Khas Aceh yang Lezat dan 99% Mirip dengan di Rumah Makan Aceh

Resep Roti Canai Khas Aceh yang Lezat dan 99% Mirip dengan di Rumah Makan Aceh

Roti Canai Khas Aceh (1)

Roti Canai Khas Aceh

Sore hari memang waktu nge-teh yang tepat. Tapi, kamu butuh pendamping supaya lebih nikmat. Entah itu kue, biskuit atau kudapan lainnya. Nah, salah satu jajanan yang layak kamu sandingkan dengan teh ialah roti canai.

Tidak asing, bukan, dengan jajanan tersebut? Ya, roti canai adalah sejenis flat bread atau roti pipih yang populer di Malaysia dan Indonesia, khususnya Aceh. Di sini, orang-orang mengenalnya dengan sebutan roti Maryam.

Canai sendiri adalah nama kota di India, yaitu Chennai. Kalau dalam Bahasa Melayu, canai dapat diartikan sebagai adonan yang digulung. Roti canai biasanya dihidangkan bersama kuah kari. Selain Aceh, makanan ini dapat dijumpai di Timur Tengah hingga Asia Selatan.

Karena mengandung karbohidrat, makanan yang dibuat dengan resep roti canai khas Aceh tadi kerap dijadikan menu sarapan. Sebab, dibanding nasi, lebih ringan dan fleksibel. Tapi, bagi yang terbiasa sarapan dengan nasi tentu akan memberi warna tersendiri.

Di rumah-rumah makan Aceh, roti canai disajikan bersama kari kambing. Teksturnya yang lembut dan renyah sangat cocok dipadukan dengan menu tersebut. Begitu dicelupkan, kuahnya akan meresap ke bagian dalamnya yang menimbulkan sensasi nikmat.

Baca Juga :  Cara Membuat Oseng Tahu Telur, Sederhana Namun Sangat Enak dan Nikmat

Makanan ini memang mudah dijumpai di sana. Apalagi, restoran khas Aceh juga sudah tersebar di berbagai wilayah. Tapi, di beberapa tempat, rasanya berbeda. Kurang sedap kalau kata orang Aceh sendiri.

Biar kamu bisa tahu bagaimana roti canai yang enak, mending buat sendiri di rumah. Ikuti resep roti canai khas Aceh berikut yang akan memandumu menghasilkan kudapan yang cita rasanya otentik.

Bahan:

  1. 3 ons teppung terigu,
  2. 1 butir telur ayam,
  3. 1 sendok makan susu bubuk,
  4. 1 sendok teh gula halus,
  5. ½ sendok teh garam,
  6. Mentega secukupnya,
  7. Minyak goreng untuk merendam adonan secukupnya,
  8. 150 ml air hangat,
  9. 50 ml minyak goreng.

Cara Membuat:

  1. Pertama, pecahkan telur ayam ke dalam wadah. Tuangi air hangat dan minyak goreng, lalu aduk sampai rata.
  2. Kedua, masukkan tepung terigu, susu bubuk, gula halus dan garam. Uleni serta banting-banting adonan sampai kalis dan tidak menempel di tangan.
  3. Selanjutnya, bulat-bulatkan adonan dengan ukuran yang sesuai selera. Bisa 1 ½ kali ukuran bola pingpong.
  4. Setelah itu, rendam adonan ke dalam minyak goreng. Tutup menggunakan kain bersih dan diamkan sampai mengembang sekitar 1-2 jam.
  5. Kemudian, pipihkan adonan sampai benar-benar tipis. Proses ini harus dilakukan dengan penuh kehati-hatian supaya tidak robek.
  6. Berikutnya, olesi mentega hingga rata dan gulung memanjang untuk dibuat lingkaran. Tarik-tarik supaya adonan jadi lebih panjang dan pipih.
  7. Tumpuk dua adonan jadi satu dan diamkan.
  8. Langkah selanjutnya, yaitu memipihkan adonan sampai melebar sambil ditarik. Ulangi hingga habis.
  9. Kalau sudah, goreng adonan tadi di atas teflon tanpa minyak. Jika sudah berubah warna, angkat dan hidangkan bersama susu kental manis, keju atau meises.
Baca Juga :  Resep Ayam Bakar Teflon Sudah Pasti Enak Dan Lembut

Selain opsi pelengkap yang disebutkan, kamu bisa menyajikan roti canai dengan kuah kari. Apabila tidak habis dalam sekali makan, kudapan yang dibuat dengan resep roti canai khas Aceh di atas dapat kamu simpan di freezer, lalu dipanaskan ketika hendak dimakan.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan