Lompat ke konten
Home » Resep » Yuk, Coba Resep Ayam Rendang Tanpa Santan yang Bikin Ngiler Banyak Orang

Yuk, Coba Resep Ayam Rendang Tanpa Santan yang Bikin Ngiler Banyak Orang

Ayam Rendang Tanpa Santan (2)

Resep ayam rendang tanpa santan

Resep ayam rendang tanpa santan begitu menarik untuk Anda coba di rumah untuk lauk makan sekeluarga. Biasanya, masakan rendang identik menggunakan santan kental, sehingga menjadikannya begitu sedap. Namun rendang yang saat ini dibahas, dijamin tanpa santan memang sengaja seperti itu agar lebih sehat. Sementara untuk bahan utamanya, yaitu ayam kampung yang memiliki serat dan tekstur daging lebih keras. Oleh karenanya, memasaknya harus lebih lama agar dagingnya empuk.

Adapun bumbu rendang yang digunakan cukup mudah digunakan dan umum karena tidak seperti rendang khas Minang. Anda yang penasaran dengan masakannya harus mencobanya sekarang juga. Namun sebelumnya, silahkan membaca resep ayam rendang tanpa santan selengkapnya berikut.

Bahan-bahan

  1. 500 gram ayam kampung segar
  2. 5 lembar daun salam
  3. 3 cm lengkuas digeprek
  4. 1 batang serai digeprek
  5. 5 sendok makan larutan air asam Jawa
  6. 1 keping kecil gula Jawa
  7. 1 sendok teh gula pasir
  8. ½ sendok teh merica bubuk
  9. Air matang secukupnya
  10. Minyak goreng secukupnya untuk menumis
Baca Juga :  Resep dan Cara Membuat Es Le boh Timon Khas Aceh

Bumbu yang dihaluskan

  • 10 butir bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 2 sendok makan kunyit bubuk
  • 10 buah cabai merah besar
  • 1,5 bungkus kecil terasi

Cara memasak ayam rendang tanpa santan

Setelah semua bahan dan bumbu diatas disediakan lengkap, Anda bisa segera mempraktikkan cara memasak resep ayam rendang tanpa santan dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Bersihkan dulu ayam kampung yang sudah disiakan di bawah air mengalir. Buang semua kotoran dan bulu-bulu halus di kulitnya.
  2. Setelah itu, potong ayam menjadi beberapa bagian ukuran sedang atau sesuai selera Anda. Rebus ayam sekitar 45 menit hingga berbuih, lalu angkat dan tiriskan.
  3. Anda yang memiliki panci presto silahkan memakainya untuk merebus ayam dengan air secukupnya selama kurang lebih 30 menit saja. Angkat dan tiriskan. Sisihkan dulu.
  4. Selanjutnya, panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng secukupnya untuk menumis. Setelah minyak panas, tumis semua bumbu halus hingga harum dan matang.
  5. Tambahkan lengkuas, batang serai, daun salam, lalu tumis lagi hingga layu. Setelah itu, masukkan potongan ayam kampung dan larutan air asam Jawa.
  6. Aduk merata dan masak diatas api kompor kecil. Bumbui dengan gula Jawa, gula pasir, merica bubuk, serta air matang secukupnya.
  7. Aduk perlahan dan masak hingga kuahnya mengental dan agak mengering. Silahkan mencicipi sedikit masakannya untuk mengkoreksi rasanya agar sesuai selera Anda.
  8. Pastikan juga ayam sudah empuk dan bumbuny meresap ke dalamnya. Setelah benar-benar matang, matikan kompor dan biarkan beberapa saat agar tidak terlalu panas.
  9. Siapkan sebuah piring saji untuk plating, lalu pindahkan masakan ayam rendang tanpa santan yang sudah matang diatasnya. Lengkapi dengan nasi putih hangat saat ingin menyantapnya.
Baca Juga :  Resep Lontong Tuyuhan Khas Rembang dengan Rasa Gurih Pedas Menggugah Selera

Sekarang, Anda sekalian sudah mengetahui selengkapnya resep ayam rendang tanpa santan. Jangan menunggu waktu lebih lama untuk segera mencobanya agar bisa segera mencicipi masakannya yang dijamin mantul.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan