Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Memasak Resep Sayur Krecek Khas Jawa yang Benar-Benar Rasanya Lezat

Memasak Resep Sayur Krecek Khas Jawa yang Benar-Benar Rasanya Lezat

Sayur Krecek (1)

Resep sayur krecek

Sekarang, resep sayur krecek yang benar-benar lezat dan menggugah selera bisa Anda masak di rumh. Sayur yang sangat identik dengan masakan khas Jawa karena sering dijumpai di berbagai warung atau rumah makannya.

Selain itu, beberapa momentum atau acara spesial juga selalu menyajikan sayur krecek, seperti saat Idul Fitri, Idul Adha, atau hari khusus lainnya. Tentu saja sayur krecek tidak disediakan sendiri, tetapi berdampingan dengan masakan lainnya. Misalnya, opor ayam, gudeg, rendang sapi, ketupat sayur, dan yang lainnya.

Anda mungkin salah satu yang menyukai rasa masakannya dan ingin selalu menyantapnya setiap hari. Jika eperti itu, tidak perlu membelinya di luar, tetapi cukup memasaknya sendiri. Tentu saja dengan panduan resep sayur krecek selengkapnya berikut.

Bahan-bahan

  • 100 gram kerupuk kulit sapi
  • 3 potong tahu putih dipotong kotak-kotak sedang
  • 10 buah cabai rawit merah utuh
  • 2 lembar daun salam
  • 2 lembar daun jeruk
  • 2 cm lengkuas
  • 1 sendok teh garam
  • ½ sendok teh kaldu bubuk
  • 1 sendok makan gula Jawa disisir
  • 800 ml santan dari ½ butir kelapa
  • Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng tahu dan menumis bumbu
Baca Juga :  Resep Kue Putri Salju, Lembut Ngeprul di Mulut

Bumbu yang dihaluskan

  • 5 butir bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 3 buah cabai merah besar diseduh air panas

Cara memasak sayur krecek

Setelah semua bahan dan bumbu diatas disediakan lengkap, Anda bisa segera mempraktikkan cara memasak resep sayur krecek dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng agak banyak untuk menggoreng potongan tahu putih. Setelah minyak panas, masukkan tahu ke dalamnya dan goreng hingga berkulit kecoklatan. Matikan kompor dulu, lalu angkat dan tiriskan tahu goreng. Sisihkan.
  2. Kurangi minyak goreng sisa menggoreng tahu barusan hingga tersisa sekitar 3 sendok makan saja. Setelah itu, panaskan lagi minyak dan tumis semua bumbu halus hingga harum.
  3. Tambahkan lengkuas, daun jeruk, dan salam. Tumis lagi hingga layu. Setelah itu, tuangkan santan yang sudah disiapkan. Kecilkan api kompor, lalu aduk perlahan saja terus menerus agar santan tidak pecah.
  4. Setelah itu, masukkan kerupuk kulit sapi ke dalam wajan beserta tahu goreng dan cabai rawit merah utuh. Aduk perlahan lagi.
  5. Bumbui dengan garam, gula Jawa, dan kaldu bubuk. Aduk merata dan masak hingga mendidih serta kuah santan agak menyusut.
  6. Pastikan kerupuk kulit sudah lunak dan lembut menjadi krecek. Silahkan mencicipi sedikit masakannya untuk memastikan rasanya sudah sesuai selera. Jika sudah, matikan kompor dan tunggu beberapa saat agar masakannya tidak terlalu panas.
  7. Siapkan sebuah mangkuk saji ukuran besar untuk plating, lalu pindahkan masakan sayur krecek yang sudah matang ke dalam mangkuk tersebut. Taburi bawang merah goreng secukupnya agar lebih sedap masakannya. Jika ingin segera mencicipi dan  menyantapnya, jangan lupa menyiapkan nasi putih hangat agar lebih mengenyangkan.
Baca Juga :  Resep Bakso Udang Pedas, Menu Makanan Berkuah Hangat di Musim Penghujan

Setelah membaca uraian diatas, Anda bisa segera mempraktikkan segera resep sayur krecek tersebut di rumah. Semua bahan dan bumbunya bisa dibeli di pasar tradisional atau supermarket terdekat dengan harga terjangkau. Selamat memasak.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan