Lompat ke konten
Home » Video » Pemandian Air Panas Cibolang dan 3 Kolam Uniknya Jadi Tujuan Wisata Menarik di Bandung

Pemandian Air Panas Cibolang dan 3 Kolam Uniknya Jadi Tujuan Wisata Menarik di Bandung

Air Panas Cibolang (1)
Lazada

Air Panas Cibolang

Pemandian Air Panas Cibolang merupakan destinasi wisata di daerah Bandung yang menarik dan seru untuk dikunjungi. Wisata ini cocok untuk Anda yang ingin menghangatkan tubuh di tengah udara sejuk kota Bandung. Air panas yang ada di kolam pemandian ini asli dari sumber mata air panas gunung langsung. Membuatnya sangat alami serta mengandung berbagai macam manfaat untuk tubuh.

Di sini ada paling tidak 3 kolam untuk berenang ataupun berendam. Dibedakan berdasarkan pada kedalaman dan luas kolam. Tak hanya itu, ada pula kolam pancing untuk wisatawan yang gemar dan suka kegiatan memancing. Serta berbagai macam fasilitas pendukung untuk para wisatawan dapat menikmati objek wisata di Bandung ini.

Harga Tiket Masuk Wisata Pemandian Air Panas Cibolang Bandung

Objek wisata satu ini menetapkan tarif masuk wisata yang cukup terjangkau. Namun, jika para wisatawan ingin nikmati kolam berendam, Anda akan dikenai biaya tambahan. Lalu, jangan lupa untuk menyiapkan biaya parkir tergantung kendaraan yang digunakan. Kisaran biaya masuk ke objek wisata ini mulai dari Rp. 25.000 – Rp. 40.000.

Jenis-Jenis Tiket dan Harganya

  • Harga Tiket Masuk Reguler: Rp. 25.000
  • Harga Tiket Masuk VIP: Rp. 40.000
  • Harga Tiket Camping: Rp. 40.000
  • Harga Tiket Motor: Rp. 7.000
  • Harga Tiket Mobil: Rp. 12.000
  • Harga Tiket Mobil Roda 6: Rp. 40.000

Jam Buka Wisata Pemandian Air Panas Cibolang

Objek wisata satu ini buka selama 24 jam setiap hari. Sehingga para wisatawan bisa datang kapanpun ke objek wisata Pemandian Air Panas Cibolang ini. Dan kolam rendam pun tetap buka walaupun pada malam hari.

Pemandangan Indah di Sekitar Kolam Pemandian

Air Panas Cibolang3
Air Panas Cibolang3

Wisata ini menjadi kebanggaan warga Bandung. Lokasi wisata terletak di kawasan pegunungan Bandung Selatan yang berhawa sejuk dan cukup dingin. Suhu udara di tempat wisata ini rata-rata 12-28 derajat celcius tiap harinya. Tidak heran jika keberadaan dari wisata ini sangat menarik minat wisatawan.

Sedangkan area wisata berada di lahan seluas 2 hektar, berketinggian 1.000 – 1.400 Mdpl. Kawasan wisata satu ini punya pemandangan yang indah dan memukau. Jika dilihat dari atas, area pemandian dikelilingi pepohonan hijau yang tinggi menjulang. Ditambah hampara kebun teh hijau yang segar dan subur.

Lalu dari kejauhan terlihat pegunungan berjajar yang berwarna biru kehijauan. Area kolam air panas mempunyai beberapa kolam lainnya selain kolam rendam, yakni kolam memancing yang dekat dengan kolam rendam. Ada pula bangunan serta saung-saung yang mengapung di atas air sehingga membuat pemandangan semakin menawan dan memukau.

Berenang, Berendam, dan Terapi di Kolam

Air Panas Cibolang
Air Panas Cibolang

Untuk berenang dan berendam, ada 3 kolam berbeda. Ketiga kolam dibedakan dari kedalamannya, suhu, serta fungsi kolam. Air panas pada kolam pemandian pun berasal langsung dari sumber air panas Gunung Windu, yang mana menurut kepercayaan orang sekitar bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit, dan merelaksasi tubuh agar tidak kaku dan kejang.

Semua kolam sudah dikeramik, sehingga airnya tampak berwarna jernih. Dari kejauhan terlihat memiliki warna biru kehijauan, dengan asap-asap tipis yang mengepul dan menandakan bahwa airnya hangat.

Kolam yang pertama adalah kolam yang letaknya di dekat pintu masuk. Memiliki kedalaman sekitar 1,5 meter dan suhu kolam air kolam mencapai 40 derajat Celcius. Kolam ini diperuntukkan pengunjung dewasa, yang tujuannya adalah untuk terapi.

Lalu, ada kolam yang paling luas berkedalaman 80 cm. Kolam ini bisa dipakai dari pengunjung dewasa hingga anak-anak. Biasanya kolam ini dipakai untuk berenang. Suhu air kolam ini mencapai 35 derajat Celcius.

Merelaksasikan Tubuh dengan Berendam di Kolam Air Panas

Air Panas Cibolang2
Air Panas Cibolang2

Tak hanya dua kolam yang sebelumnya, ada satu kolam lain yang khusus. Jika Anda ingin memakai kolam ini harus membayar biaya tambahan tiket masuk sebesar Rp. 10.000. Biasanya kolam ini lebih sepi dan berukuran lebih kecil. Sehingga jika Anda ingin berendam dengan lebih tenang, maka kolam ini cocok dan tepat.

Bersantai sambil duduk bersandar pada dinding tepi kolam dan memandangi keindahan alam sekitar, tentunya menjadi kegiatan yang menyenangkan. Air panas dengan suhu 35 derajat Celcius ini bisa jadi penawar tubuh yang lelah. Seolah enggan untuk beranjak jika tubuh Anda sudah masuk ke dalam air kolam.

Memancing dan Ngagogo di Kolam Ikan

Air Panas Cibolang1
Air Panas Cibolang1

Pada sekitar kolam pemandian, ada kolam yang lainnya. Hal yang membedakan, kolam-kolam ini merupakan kolam yang dasarnya masih berupa tanah. Kolam ini dikhususkan untuk para wisatawan yang ingin memancing. Sedangkan, untuk alat-alat pancing wisatawan dapat membawanya sendiri ataupun menyewa di tempat wisata.

Wisatawan yang punya hobi memancing rela duduk selama berjam-jam menunggu umpan yang dilemparkan dilahap oleh ikan. Sambil duduk menunggu ikan, para wisatawan bisa menikmati keindahan pemandangan sekitar. Perpaduan pemandangan kebun teh dan pepohonan hijau, dan birunya langit serta gunung, tentu menjadi hiburan yang bisa mengusir rasa bosan ketika menunggu hasil pancing ikan.

Tak hanya memancing, ada pula tradisi lokal yang bisa dilakukan di kolam. Tradisi itu, yakni ngagogo. Tradisi ini tentunya menarik bagi para wisatawan luar daerah. Ngagogo merupakan cara menangkap ikan secara langsung memakai tangan, tanpa alat. Jadi, Anda harus siap basah dan siap menceburkan diri ke kolam.

Menikmati Kuliner Sekaligus Nuansa Air Panas

KOLAM PEMANDIAN AIR PANAS CIBOLANG PANGALENGAN BANDUNG || UPDATE HARGA TIKET TERBARU

Satu yang tidak boleh terlewatkan oleh Anda adalah menikmati kuliner di tempat wisata seru ini. Udara yang dingin dinikmati sambil menyantap kuliner yang hangat, tentunya sangat tepat. Makanan khas Sunda, dan minuman yang hangat bisa menjadi pilihan menu. Para wisatawan pun bisa menikmati teh hangat dan menyaksikan pemandangan hijau kebun teh sekitar.

Fasilitas Tersedia di Pemandian Air Panas Cibolang

Objek wisata sudah berdiri dari tahun 1985, yang mana tentu saja fasilitasnya dilengkapi seiring dengan berjalannya waktu, sehingga sekarang fasilitas di objek wisata ini cukup lengkap. Di sini, ada kamar ganti dan toilet, lahan parkir, mushola, dan saung. Tak hanya itu, ada pula penginapan yang masih di sekitar kawasan objek wisata. Sehingga para wisatawan tidak perlu merasa khawatir jika ingin menginap dan bermalam di sini.

Alamat Wisata Pemandian Air Panas Cibolang

Objek wisata pemandian air panas ini berada di Desa Wanasuka, Kec. Pangalengan, Kab. Bandung. Berjarak sekitar 50 km dari pusat Kota Bandung, yang bisa ditempuh dengan waktu sekitar dengan 2 Jam berkendara.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan BalasanBatalkan balasan

Exit mobile version