Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Membuat makanan Sambusa, Hidangan Takjil Khas Timur Tengah

Membuat makanan Sambusa, Hidangan Takjil Khas Timur Tengah

Membuat makanan Sambusa (1)

Membuat makanan Sambusa

Bahan yang dibutuhkan :

  1. Minyak goreng secukupnya

Bahan Kulit :

  1. Tepung terigu sebanyak 250 gram
  2. Air sebanyak 50 mililiter
  3. Telur ayam sebanyak 1 butir, kocok lepas
  4. Mentega sebanyak 1 sendok makan

Bahan Isian :

  1. Mentega sebanyak 2 sendok makan
  2. Bawang bombay sebanyak 300 gram, cincang halus
  3. Ikan tuna sebanyak 250 gram, cincang halus
  4. Bawang putih sebanyak 5 siung, cincang halus
  5. Bumbu kari instan secukupnya
  6. Air sebanyak 50 mililiter
  7. Garam secukupnya
  8. Cabai hijau sebanyak 100 gram, buang biji dan iris serong

Langkah-langkah membuat Sambusa yang enak

  1. Langkah pertama dalam membuat sambusa yang enak adalah menyiapkan isiannya[1]. Untuk sambusa daging klasik, mulailah dengan menumis daging cincang, bawang putih, bawang bombay, daun seledri, dan daun bawang hingga daging berwarna kecoklatan dan sayuran empuk. Bumbui campuran dengan garam, merica, dan bumbu pilihan Anda. Anda juga bisa menambahkan bahan lain, seperti kentang atau kacang polong, ke dalam isian untuk menambah tekstur dan rasa. Setelah isiannya matang, sisihkan hingga dingin selagi Anda menyiapkan adonan.
  2. Untuk membuat adonan sambusa, campurkan tepung serbaguna, garam, dan mentega tawar ke dalam mangkuk[2]. Tambahkan air sedikit demi sedikit dan uleni adonan hingga teksturnya agak kaku[3]. Diamkan adonan selama kurang lebih 30 menit sebelum digulung menjadi lembaran tipis. Potong lembaran menjadi segitiga atau kotak, tergantung preferensi Anda. Untuk mengisi sambusa, letakkan sesendok isian yang sudah dingin di tengah adonan dan lipat menjadi bentuk segitiga[4]. Tutup pinggirannya dengan putih telur agar isian tidak tumpah saat digoreng.
  3. Langkah terakhir dalam membuat sambusa adalah menggorengnya hingga garing dan berwarna coklat keemasan [5]. Panaskan minyak dalam wajan atau wajan dan goreng sambusa secara bertahap selama 8-10 menit, atau sampai renyah dan renyah[6]. Angkat sambusa dari minyak dan tiriskan di atas tisu untuk menghilangkan minyak berlebih. Sajikan sambusa panas dengan saus pilihan Anda[3]. Dengan langkah sederhana ini, Anda bisa membuat sambusa lezat yang pasti akan memuaskan hasrat Anda.

Tip Dan Praktik Terbaik

**Bahan Segar** – Gunakan bahan-bahan segar dan berkualitas tinggi untuk meningkatkan cita rasa sambusa Anda. Sayuran segar, seperti bawang bombay, bawang putih, dan daun ketumbar, dapat memberikan perbedaan rasa yang signifikan. Selain itu, penggunaan bumbu segar seperti jintan, ketumbar, dan lada hitam dapat meningkatkan profil rasa isian secara keseluruhan.

Baca Juga :  Resep bumbu ayam bakar kecap untuk acara tahun baru

**Teknik Melipat yang Benar** – Pastikan sambusa terlipat dengan benar agar isian tidak tumpah saat proses memasak. Gunakan sedikit air atau pasta tepung untuk menutup pinggirannya dengan rapat. Pelipatan yang benar tidak hanya membantu mempertahankan isinya tetapi juga memastikan presentasi yang menarik.

**Suhu Memasak Optimal** – Pertahankan suhu minyak yang optimal saat menggoreng sambusa. Jika minyak kurang panas, sambusa akan menyerap minyak berlebih sehingga menghasilkan tekstur berminyak. Sebaliknya, jika minyak terlalu panas, bagian luar sambusa bisa gosong sebelum isiannya benar-benar matang. Suhu sekitar 350°F (175°C) umumnya cocok untuk menggoreng sambusa hingga berwarna cokelat keemasan.

**Eksperimen dengan Tambalan** – Meskipun sambusa tradisional diisi dengan daging giling atau sayuran yang diberi bumbu, jangan takut untuk bereksperimen dengan isian yang berbeda. Misalnya, cobalah memasukkan bahan-bahan unik seperti lentil, ubi, atau bahkan keju untuk menambah variasi dan memenuhi preferensi makanan yang berbeda. Ini juga dapat membuat sambusa Anda menonjol dan menarik khalayak yang lebih luas.

**Sajikan dengan Saus Celup** – Pasangkan sambusa Anda dengan saus celup pelengkap untuk meningkatkan pengalaman bersantap secara keseluruhan. Pilihan yang populer termasuk chutney asam, saus yogurt mint, atau saus berbahan dasar tomat pedas. Menawarkan berbagai saus celup dapat menambah kedalaman rasa dan memungkinkan para tamu untuk menyesuaikan pengalaman sambusa mereka.

Baca Juga :  BAKSO LOHOA, GURIH SEGAR DIPADUKAN DENGAN ANEKA SAYURAN

FAQ

Q: Apa saja bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat sambusa? A: Untuk membuat sambusa, Anda memerlukan kulit sambusa yang biasanya terbuat dari tepung terigu, udara, garam, dan minyak. Untuk isian sambusa, Anda dapat menggunakan daging cincang, kentang, bawang, dan rempah-rempah seperti jintan dan kunyit.

Q: Bagaimana cara mempersiapkan pengisian sambusa? A: Untuk mempersiapkan pengisian sambusa, Anda perlu menumis bawang putih dan rempah-rempah hingga harum, lalu tambahkan daging cincang atau kentang dan biarkan hingga matang. Setelah itu tambahkan garam dan rempah-rempah sesuai selera Anda.

Q: Apa langkah-langkah dalam melipat adonan sambusa? A: Langkah pertama adalah menyiapkan segitiga kulit sambusa di atas permukaan kerja. Kemudian letakkan pengisian di bagian tengah segitiga, lipat bagian bawah ke atas hingga membentuk segitiga, lalu lipat lagi hingga bagian atasnya ditutup.

Q: Berapa lama sambusa yang perlu digoreng hingga renyah dan berwarna coklat keemasan? A: Sambusa perlu digoreng selama sekitar 5-7 menit atau hingga kedua sisi kulitnya menjadi renyah dan berwarna coklat keemasan. Pastikan untuk membalik sambusa saat menggoreng untuk memastikan kedua sisinya matang secara merata.

Q: Bisakah saya menggoreng sambusa menggunakan minyak yang berbeda? A: Ya, Anda dapat menggunakan minyak sayur atau minyak biji-bijian untuk menggoreng sambusa. Pastikan minyak sudah cukup panas sebelum menambahkan sambusa untuk menggorengnya agar hasilnya menjadi renyah dan tidak terlalu berminyak.

Referensi : 

1.   Sambosa Saus Manis Pedas – UFS.  (n.d.)   Diperoleh February 8, 2024, dari www.unileverfoodsolutions.co.id 

Baca Juga :  Resep Kacang Mete Kari Panggang, Cemilan Lezat Teman Menonton Piala Dunia

2.   Cara Membuat Samosa India Terbaik di Rumah.  (n.d.)   Diperoleh February 8, 2024, dari id.lightups.io/how-make-best-indian-samosas-home 

3.   Resep Samosa, Lumpia Segitiga Khas Diwali di India.  (n.d.)   Diperoleh February 8, 2024, dari www.kompas.com 

4.   9 Resep Samosa Pakistan Gurih dan Renyah, Cocok ….  (n.d.)   Diperoleh February 8, 2024, dari www.merdeka.com 

5.   Cara membuat samosa sayur – resep | Makanan.  (n.d.)   Diperoleh February 8, 2024, dari koranprioritas.com 

6.   5 Cara Membuat Samosa Isi Sayuran yang Renyah untuk ….  (n.d.)   Diperoleh February 8, 2024, dari www.kompas.com 

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan

Sponsor topwisata.info