Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Membuat soto ayam ambengan ala Pak Sadi

Membuat soto ayam ambengan ala Pak Sadi

Membuat soto ayam ambengan ala Pak Sadi (1)
Lazada

Membuat soto ayam ambengan

Bahan-bahan

  1. 1/2 ekor ayam
  2. 2 lt air

Bumbu lain :

  1. 2 batang serai, ambil putih, geprek
  2. 3 lembar daun jeruk,
  3. 2 lembar salam
  4. secukupnya garam, gula pasir, dan kaldu bubuk
  5. 1/4 sdt lada bubuk

Bumbu halus :

  1. 8 butir bawang merah
  2. 4 siung bawang putih
  3. 3 butir kemiri goreng
  4. 1 ruas kunyit bakar
  5. 1 ruas jahe bakar

Bahan bubuk koya :

  1. 4 bh kerupuk udang goreng
  2. 5 siung bawang putih goreng

Pelengkap :

  1. 200 gr tauge, seduh air panas
  2. 100 gr soun, seduh air panas
  3. 2 butir telur rebus
  4. 1 bh tomat, belah 8 (sy pake tomat cherry)
  5. secukupnya daun bawang
  6. bawang goreng
  7. seledri cincang
  8. jeruk nipis dan sambal cabe rawit rebus
  9. sesuai selera lauk pendamping

Langkah-langkah membuat sop ayam ambengan

  1. Langkah pertama dalam membuat sop ayam ambengan adalah menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan[1]. Untuk resep ini, Anda membutuhkan setengah bagian ayam kampung, dipotong-potong, serta minyak sayur, serai, daun jeruk, dan bumbu lainnya. Penting untuk mengukur dan menyiapkan semua bahan terlebih dahulu untuk memastikan proses memasak lancar. Setelah semua bahan siap, langkah selanjutnya adalah mulai memasak sup.
  2. Untuk memasak kuahnya, mulailah dengan merebus ayam dalam 2.500 ml air hingga empuk[2]. Sembari menunggu ayam matang, siapkan bumbu dengan cara menumis hingga matang sempurna[3]. Setelah ayam siap, masukkan bumbu tumis ke dalam kuah kaldu yang sudah mendidih, lalu bumbui kuah dengan garam dan bumbu lainnya sesuai selera[4]. Biarkan sup mendidih selama beberapa menit agar bumbu bisa menyatu.
  3. Setelah sup selesai dimasak, saatnya menyajikannya. Susun suwiran ayam, bihun, daun bawang, dan daun seledri dalam mangkuk[4]. Tuangkan sup di atas bahan-bahannya, dan percikkan saus di atasnya. Tambahkan air jeruk nipis sesuai selera, dan sajikan panas. Sup yang menenangkan dan beraroma ini sangat cocok untuk malam yang dingin atau sebagai hidangan lezat kapan saja sepanjang hari[5]. Dengan bumbunya yang harum dan daging ayamnya yang empuk, Sop Ayam Ambengan pasti menjadi favorit di rumah tangga mana pun.

Tip Dan Praktik Terbaik

**Gunakan Bahan Segar** – Saat membuat sop ayam ambengan, sangat penting untuk menggunakan bahan-bahan segar dan berkualitas tinggi. Ayam segar, sayuran, dan rempah-rempah aromatik akan meningkatkan rasa dan pengalaman sup secara keseluruhan. Misalnya, menggunakan bumbu yang baru digiling seperti ketumbar dan biji jintan akan memberikan rasa yang lebih kaya dibandingkan bumbu yang sudah digiling.

**Siapkan Kaldu Ayam Homemade** – Kaldu ayam buatan sendiri menambah kedalaman dan kekayaan pada sup ayam ambengan. Merebus tulang ayam, bawang bombay, wortel, dan seledri selama beberapa jam akan menghasilkan kaldu yang beraroma. Langkah ekstra ini meningkatkan rasa sup secara signifikan dibandingkan dengan menggunakan kaldu yang dibeli di toko.

**Seimbangkan Tingkat Rempah** – Menyeimbangkan tingkat kepedasan sangat penting dalam sup ayam ambengan. Sesuaikan jumlah cabai, jahe, dan bawang putih sesuai selera dan toleransi Anda terhadap panas. Bagi yang menyukai rasa yang lebih lembut, mengurangi jumlah cabai dapat membuat sup lebih enak tanpa mengurangi rasa aslinya.

**Didihkan Perlahan untuk Meningkatkan Rasa** – Biarkan sup ayam ambengan mendidih perlahan untuk memastikan bumbunya menyatu. Mendidih perlahan memungkinkan bumbu dan aromatik meresap ke dalam kaldu, menghasilkan profil rasa yang lebih kompleks dan berkembang dengan baik. Teknik ini merupakan ciri khas masakan Indonesia dan penting untuk mencapai cita rasa yang autentik.

**Hiasi dengan Herbal Segar dan Jeruk** – Sesaat sebelum disajikan, hiasi sup ayam ambengan dengan bumbu segar seperti daun ketumbar, daun bawang, atau kemangi Thailand untuk menambah kesegaran dan warna. Perasan sedikit jeruk nipis atau lemon di atas sup tepat sebelum disajikan dapat memberikan kontras tajam yang mencerahkan rasa dan menyatukan hidangan. Tips dan praktik terbaik ini akan membantu Anda menciptakan sup ayam ambengan yang lezat dan autentik yang mencerminkan esensi masakan Indonesia.

FAQ

Q: Apa saja bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat sop ayam ambengan? A: Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat sop ayam ambengan antara lain ayam, bawang merah, bawang putih, jahe, daun bawang, daun seledri, bumbu penyedap, garam, merica, minyak goreng, dan air.

Q: Bagaimana langkah-langkah memasak sup ayam ambengan? A: Langkah-langkah memasak sup ayam ambengan meliputi memasak bumbu halus dengan minyak hingga harum, menambahkan potongan ayam, kemudian udara, dan memasak hingga ayam matang. Setelah itu tambahkan garam, merica, dan bumbu penyedap sesuai selera, lalu masukkan daun bawang dan daun seledri.

Q: Apa yang dimaksud dengan “ambengan” dalam sop ayam ambengan? A: “Ambengan” Merujuk pada resep sop ayam khas dari daerah Ambengan di Surabaya, Indonesia. Sop ayam ambengan memiliki cita rasa khas dengan bumbu yang kaya dan kuah yang gurih.

Q: Bagaimana cara menyajikan sop ayam ambengan? A: Sop ayam ambengan disajikan panas dalam mangkuk, bisa ditambahkan potongan daun seledri dan bawang goreng sebagai hiasan, serta disajikan dengan nasi putih hangat.

Q: Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membuat sop ayam ambengan? A: Waktu memasak sop ayam ambengan biasanya sekitar 1-1,5 jam tergantung pada besar kecilnya potongan ayam dan tingkat kekentalan kuah yang diinginkan.

Referensi : 

1.   Resep Soto Ayam Ambengan ala Pak Sadi yang Gurih ….  (n.d.)   Diperoleh February 14, 2024, dari food.detik.com 

2.   Resep dan Cara Buat Soto Ayam Ambengan.  (n.d.)   Diperoleh February 14, 2024, dari totabuan.news 

3.   Resep Soto Ayam Ambengan oleh Cooking with Sheila.  (n.d.)   Diperoleh February 14, 2024, dari cookpad.com/id/resep/7227314-soto-ayam-ambengan 

4.   Resep Soto Ayam Ambengan, Masakan Berkuah untuk ….  (n.d.)   Diperoleh February 14, 2024, dari www.kompas.com 

5.   Resep Soto Ayam Ambengan Bumbu Kunyit Khas Surabaya.  (n.d.)   Diperoleh February 14, 2024, dari momsmoney.kontan.co.id

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan BalasanBatalkan balasan

Exit mobile version