Lompat ke konten
Home » Resep » Resep Bolu Kukus Loyang yang enak

Resep Bolu Kukus Loyang yang enak

Resep Bolu Kukus Loyang yang enak1

Resep Bolu Kukus Loyang yang enak

Recipe By siti
Course: Bolu Kukus Loyang Cusine:indonesia Difficulty:mudah

Servings

4 minutes

Preparing Time

60 minutes

Cooking Time

40 minutes

Calories

350 kcal

INGREDIENTS

  1. 200 gram tepung terigu 

  2. 200 gram gula pasir

  3. 5 sendok makan susu bubuk rasa vanilla 

  4. 4 butir telur ayam 

  5. Bubuk soda kue 

  6. 100 ml air 

  7. Margarin

DIRECTION

  1. Setelah

    Setelah semua bahan dan peralatan siap, langkah selanjutnya adalah mengaduk adonan kue hingga merata[2]. 

  2. Mulailah

    Mulailah dengan mengocok telur, gula pasir, dan emulsifier menggunakan mixer hingga adonan mengembang dan berwarna putih.

  3. Kemudian

    Kemudian masukkan Margarin Blue Band Cake ke dalam adonan sedikit demi sedikit sambil terus diaduk. 

  4. Langkah-langkah

    Langkah-langkah lain yang terlibat dalam pencampuran adonan mungkin termasuk: <br>Menambahkan bubuk vanila, garam, tepung terigu protein sedang, baking powder, minyak sayur, santan instan, dan susu kental manis sesuai resep[3]. 

  5. Memasukkan

    Memasukkan bahan-bahan dalam urutan tertentu untuk memastikan adonan kue tercampur dengan baik dan halus[4]. 

  6. Menggunakan

    Menggunakan teknik pengadukan balik untuk mencampurkan mentega, santan, esens vanila, minyak goreng, dan susu ke dalam adonan [5].

  7. Langkah

    Langkah terakhir dalam membuat kue kukus adalah dengan mengukus kue tersebut hingga matang sempurna[6]. 

  8. Penting

    Penting untuk memastikan bahwa pengukus sudah dipanaskan terlebih dahulu dan pada suhu tinggi sebelum memasukkan loyang kue ke dalamnya. <br>Proses mengukus biasanya memakan waktu sekitar 15-20 menit, namun sangat penting untuk mengukus kue hingga matang sepenuhnya dan mekar [7]. 

  9. dinginkan

    Setelah kue matang, biarkan hingga dingin sebelum dikeluarkan dari loyang. Mengikuti langkah-langkah tersebut akan menghasilkan kue kukus yang lezat dan empuk yang siap dinikmati.

NOTES

Bahan dan Langkah Membuat Kue Pan Kukus

Untuk mulai membuat kue pan kukus yang enak, langkah pertama adalah mengumpulkan semua bahan dan peralatan yang diperlukan[1]. 

Untuk resep ini, Anda membutuhkan: 

  1. 200 gram tepung terigu 
  2. 200 gram gula pasir 
  3. 5 sendok makan susu bubuk rasa vanilla 
  4. 4 butir telur ayam 
  5. Bubuk soda kue 
  6. 100 ml air 
  7. Margarin 
Baca Juga :  Resep Bolu Pisang yang Lembut

Menyiapkan bahan-bahan ini akan memastikan proses memanggang yang lancar dan efisien. 

Selain bahan-bahannya, Anda juga membutuhkan loyang kue, mixer, pengukus, dan spatula untuk mengaduk dan mengukus adonan kue secara efektif.

Langkah Membuat Kue Pan Kuku

  1. Setelah semua bahan dan peralatan siap, langkah selanjutnya adalah mengaduk adonan kue hingga merata[2]. 
  2. Mulailah dengan mengocok telur, gula pasir, dan emulsifier menggunakan mixer hingga adonan mengembang dan berwarna putih. 
  3. Kemudian masukkan Margarin Blue Band Cake ke dalam adonan sedikit demi sedikit sambil terus diaduk. 
  4. Langkah-langkah lain yang terlibat dalam pencampuran adonan mungkin termasuk: 
  5. Menambahkan bubuk vanila, garam, tepung terigu protein sedang, baking powder, minyak sayur, santan instan, dan susu kental manis sesuai resep[3]. 
  6. Memasukkan bahan-bahan dalam urutan tertentu untuk memastikan adonan kue tercampur dengan baik dan halus[4]. 
  7. Menggunakan teknik pengadukan balik untuk mencampurkan mentega, santan, esens vanila, minyak goreng, dan susu ke dalam adonan [5].
  8. Langkah terakhir dalam membuat kue kukus adalah dengan mengukus kue tersebut hingga matang sempurna[6]. 
  9. Penting untuk memastikan bahwa pengukus sudah dipanaskan terlebih dahulu dan pada suhu tinggi sebelum memasukkan loyang kue ke dalamnya. 
  10. Proses mengukus biasanya memakan waktu sekitar 15-20 menit, namun sangat penting untuk mengukus kue hingga matang sepenuhnya dan mekar [7]. 
  11. Setelah kue matang, biarkan hingga dingin sebelum dikeluarkan dari loyang. Mengikuti langkah-langkah tersebut akan menghasilkan kue kukus yang lezat dan empuk yang siap dinikmati.

Tip Dan Praktik Terbaik

**Gunakan Pan Kanan** – Pilih loyang yang cocok untuk mengukus kue, misalnya loyang kue bundar atau pengukus bambu. Pastikan wajan pas dengan tempat pengukusan Anda untuk memastikan proses memasak merata. Misalnya, loyang kue bundar berukuran 9 inci cocok untuk sebagian besar resep kue kukus.

**Siapkan Pan dengan Benar** – Olesi loyang secara menyeluruh dengan mentega atau minyak dan alasi bagian bawahnya dengan kertas roti agar kue tidak lengket. Langkah ini penting untuk memastikan kue mudah lepas dan mempertahankan bentuknya saat dikeluarkan dari loyang setelah dikukus.

Baca Juga :  Resep membuat Tempe Goreng Kecap, Cocok buat vs Nasi Sebaskom

**Kontrol Proses Mengukus** – Pertahankan kestabilan uap selama proses memasak dengan memeriksa ketinggian air di dalam kukusan secara teratur. Isi ulang kukusan dengan air panas seperlunya agar uapnya tidak hilang, yang dapat mempengaruhi tekstur kue. Hindari membuka pengukus terlalu sering untuk menjaga lingkungan uap tetap konsisten.

**Cek Kematangan** – Gunakan tusuk gigi atau penguji kue untuk memeriksa apakah kue sudah matang. Masukkan tusuk gigi ke tengah kue; jika sudah bersih dan tidak ada adonan yang menempel berarti kue sudah siap. Berhati-hatilah untuk tidak memasak kue terlalu lama, karena dapat menyebabkan tekstur kue menjadi kering.

**Dinginkan dan Sajikan Secukupnya** – Biarkan kue kukus dalam loyang mendingin di dalam loyang selama beberapa menit sebelum memindahkannya dengan hati-hati ke rak kawat hingga benar-benar dingin. Setelah dingin, potong dan sajikan kue pada suhu kamar atau sedikit hangat, tergantung resepnya. Pertimbangkan untuk menambahkan buah-buahan, kacang-kacangan, atau taburan gula halus untuk menambah rasa dan penyajian.

FAQ

Q: Apa saja bahan umum yang dibutuhkan untuk membuat kue kukus? A: Bahan-bahannya biasanya berupa tepung, gula, telur, baking powder, susu, dan perasa seperti ekstrak vanila.

Q: Bagaimana cara mencampur adonan untuk kue kukus? A: Untuk mencampurkan adonan, biasanya bahan kering terlebih dahulu dicampurkan, kemudian bahan basah dimasukkan sedikit demi sedikit sambil diaduk agar adonan tercampur rata dan halus.

Q: Bisakah saya menambahkan variasi pada resep dasar kue kukus? A: Ya, Anda dapat mempersonalisasi kue kukus Anda dengan menambahkan bahan-bahan seperti keping coklat, kacang-kacangan, buah-buahan, atau bahkan ekstrak rasa yang berbeda untuk menciptakan rasa yang unik.

Q: Berapa lama biasanya waktu yang dibutuhkan untuk mengukus kue dalam wajan? A: Waktu mengukus bisa berbeda-beda tetapi biasanya berkisar antara 30 hingga 40 menit, tergantung ukuran kue dan intensitas panasnya.

Q: Bisakah saya menggunakan loyang biasa untuk mengukus kuenya, atau perlukah loyang khusus untuk mengukusnya? A: Meskipun panci kukusan khusus sangat ideal untuk pemerataan panas, Anda juga dapat menggunakan panci biasa dengan rak kukusan atau pengaturan khusus untuk mendapatkan hasil serupa.

Baca Juga :  Resep Keumamah Khas Aceh yang Rasanya Mampu Menggoyang Lidah, Bisa Buat Lauk Makan Siang

1.   7 Cara Membuat Bolu Kukus yang Lembut di Mulut, ….  (n.d.)   Diperoleh April 30, 2024, dari www.liputan6.com 

2.   Ini Resep Bolu Kukus Loyang yang Lembut – Blue Band.  (n.d.)   Diperoleh April 30, 2024, dari www.blueband.com 

3.   29 resep bolu kukus loyang kecil enak dan mudah.  (n.d.)   Diperoleh April 30, 2024, dari cookpad.com/id/cari/bolu%20kukus%20loyang%20kecil 

4.   3 Resep Bolu Kukus Loyang yang Empuk dan Mengembang.  (n.d.)   Diperoleh April 30, 2024, dari www.cnnindonesia.com 

5.   Resep Bolu Kukus Lembut, Hanya Pakai Telur dan Tepung!.  (n.d.)   Diperoleh April 30, 2024, dari www.idntimes.com 

6.   4 Cara Membuat Bolu Kukus agar Mengembang, ….  (n.d.)   Diperoleh April 30, 2024, dari www.kompas.com 

7.   5 Resep Bolu Kukus Lembut yang Mudah Dibuat ….  (n.d.)   Diperoleh April 30, 2024, dari www.liputan6.com

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan

Sponsor topwisata.info