Langganan Berita Terbaru Topwisata.info

Keindahan Pantai Teluk hijau Banyuwangi rute dan tips

Mengunjungi keindahan pantai Teluk Hijau di Banyuwangi yang bisa membuat pikiran rileks dengan keindahan alam yang memukau.

Pesona Keindahan Pantai Perawan Teluk Hijau Banyuwangi ini juga dikenal dengan Green Bay Banyuwangi karena pantai ini memiliki air laut yang berwarna hijau dengan gradasi membiru di tengah lautan. Hamparan pasir putih yang bersih membuat kalian berada di Pantai Lombok atau Bali.

Dimana lokasi Pantai Teluk hijau Banyuwangi ?

Pantai Teluk hijau Banyuwangi ini terletak di Taman Nasional Meru Betiri, Desa sarongan, Kecamatan Pesanggrahan, Kabupaten Banyuwangi. Lokasi Pantai Teluk Hijau ini terletak 90 km dari pusat Kota Banyuwangi dan membutuhkan 2 jam perjalanan darat untuk sampai ke pantai Teluk hijau Banyuwangi.

Alasan kuat untuk pergi ke Pantai Teluk Ijo Banyuwangi adalah keindahan alamnya yang masih perawan termasuk beberapa Spot foto yang memiliki keindahan tersendiri salah satunya adalah air terjun yang berada dekat Pantai Teluk hijau Banyuwangi.


Air terjun tersebut  dikelilingi dengan batu karang sebagai pagar air terjun dan juga ketinggian air terjun Pantai Teluk hijau Banyuwangi ini setinggi 8 meter. Lokasi Air Terjun ini pun sering dibuat untuk tempat bilas setelah berenang di pantai teluk ijo Banyuwangi.

Bagaimana jalan menuju Pantai Teluk hijau Banyuwangi ?

Pantai Teluk Hijau ini pun mulai dikenal masyarakat luas, namun yang disayangkan adalah perjalanan menuju tempat wisata ini. hampir sebagian jalan masih terjal dan berbatu, sehingga kepopuleran pada telur hijau ini masih kurang menggelegar.

lokasi wisata yang berdekatan dengan pantai Teluk Hijau ini adalah Pantai Batu, di mana Pantai Batu ini memiliki pasir dari bebatuan. Susunan bebatuan yang ada di Pantai Batu ini seperti ada yang telah menata, karena hampir sebagian yang membentang di Pantai Batu ini bebatuan nya sudah tertata dengan rapi.

Menurut penduduk sekitar Pantai Batu ini sama dengan pantai Teluk Hijau. memang dulu pernah ada terjangan ombak besar seperti tsunami yang menerpa bebatuan yang ada di Pantai Batu ini. Jadi batuan tersebut lama-lama terpecah-belah dan menutupi area pantai sehingga muncullah nama Pantai Batu yang unik dan indah ini

Jarak antara pantai Batu dan pantau Teluk Hijau tidak terlalu jauh, hanya sekitar 300 meter saja. Hanya saja keberadaan Teluk Hijau memang sangat tersembunyi. Bahkan sebelah Timur dan Barat pantai Teluk Hijau terdapat karang yang tinggi sehingga menyulitkan aksesnya jika dilalui dengan menyusuri pantai. Akses yang biasanya dijadikan lorong menuju Pantai Teluk Hijau adalah hutan kecil di ujung jalan setapak Pantai Batu.

Tips untuk berwisata di pantai teluk hijau Banyuwangi ?

Keindahan pantai Teluk hijau Banyuwangi dari atas

Suasana pantai Teluk hijau Banyuwangi yang nyaman

Pantai Teluk hijau Banyuwangi ini yang berada di Taman Nasional Betiri memang tidak mengherankan banyak sekali satwa liar yang berkeliaran di pantai ini. maka dari itu apabila kalian memutuskan untuk berjalan-jalan di sekitar areal pantai menuju ke Pantai Batu, kalian harus terlebih dahulu berkoordinasi dengan petugas Taman Nasional agar diberi pencerahan tentang satwa liar yang kemungkinan akan menyerang para wisatawan.

Karena perjalanan kalian menuju ke Pantai Batu ini akan melewati aliran sungai yang alami dengan membelah hutan kecil. Kalian juga bisa bermalam di sini dengan mendirikan tenda di areal Pantai Teluk Hijau namun sekali lagi koordinasi kan dulu dengan petugas dari taman wisata Meru Betiri.

Berapa harga tiket masuk ke pantai Teluk hijau Banyuwangi ?

Di Pos Rajekwesi kalian harus membayar retribusi biaya masuk sebesar Rp8.000 per orang, Biaya parkir kendaraan untuk roda 2 sebesar Rp5.000 dan kendaraan roda empat Rp10.000.

Setelah sampai di pemukiman penduduk Rajekwesi kalian harus berjalan kaki sejauh 2 Km untuk menuju Pantai Teluk Ijo Banyuwangi, Kalian juga bisa menyewa jasa ojek motor di sekitar area parkir dengan harga kurang lebih Rp25.000 per rit.
Jangan lupa membawa bekal makanan sendiri karena di sekitar area Pantai Teluk hijau Banyuwangi ini tidak ada warung makan atau tempat kuliner.

Sebaiknya bawa kotak P3K atau obat-obatan pribadi, karena lokasi pantai Teluk Hijau ini cukup jauh dari pemukiman warga juga dari rumah sakit.

Siapkan juga jas hujan terutama saat musim hujan antara bulan November hingga Februari.

TOPWISATA.INFO
INFO TOP UNTUK ANDA

Related Posts

Keindahan Pantai Teluk hijau Banyuwangi rute dan tips
5/ 5
Oleh