Pesona alam Curug Ngebul Cianjur

Curug Ngebul Cianjur

Pesona alam Curug Ngebul Cianjur
Pesona alam Curug Ngebul Cianjur

Cianjur adalah salah satu tempat wisata yang populer di Jawa Barat, karena disana terdapat berbagai macam tempat wisata eksotis seperti Curug Ciastana, Pesona alami air terjun Cianjur dan Taman Bunga Nasional mengenal keindahan alam.

Namun kini tidak hanya tempat wisata itu saja yang bisa dijadikan tempat referensi liburan kamu, kali ini ada wisata yang lagi ngehit di Cianjur yaitu Curug (Air Terjun) Ngebul.

Lokasi wisata Curug Ngebul ini terletak jauh dari pusat kota Cianjur, sehingga para wisatawan yang ingin datang kesini harus mengeluarga biaya serta tenaga ekstra. Mulai dari akses jalan hingga medan jalan yang belum bagus.

Curug Ngebul ini juga menjadi hits bagi para wisatawan asing atau wisatawan mancanegara, sebab mereka dapat info dari berbagai sosial media tentang keindahan Curug Ngebul Cianjur ini dengan ketinggian 100 meter dan Setiap hari selalu ada saja turis yang mengunjungi lokasi ini.

Nama Curug Ngebul ini memang berasal dari titik-titik air yang tumpah di ketinggian air terjun 100 tersebut. sehingga tumpahan air terjun dari atas tadi seperti embun atau asap tebal yang tidak pernah habis. Akhirnya masyarakat sekitar menyebut air terjun ini menjadi Air Terjun Ngebul atau Curug Ngebul.

Sebelum sobat topwisata berencana mengunjungi tempat wisata Curug Ngebul ini, sebaiknya sobat membaca ulasan ini sampai selesai.

Lokasi Curug Ngebul


Lokasi Curug Ngebul ini terletak di Bunijaya, Pagelaran, Bunijaya, Pagelaran, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat 43266.

Lokasi wisata Curug Ngebul ini terletak 72 kilometer ke arah selatan dari pusat kota Cianjur atau membutuhkan waktu tempuh kurang lebih 3 jam perjalanan.

Perlu dicatat ya sobat, infrastruktur untuk menuju lokasi wisata ini masih sangat minim dan butuh banyak pembenahan, sehingga membuat jarak tempuh ke lokasi memakan waktu yang cukup lama karena tidak dapat dilalui kendaraan roda empat. Jadi sobat topwisata hanya berhati-hati jika mengunjungi lokasi wisata ngehits ini.

Harga Tiket masuk dan Jam Buka Curug Ngebul


Harga tiket masuk Curug Ngebul ini adalah sebesar Rp 10.000 per orang dan harga tiket tersebut sama antara hari libur weekend atau weekday. Jadi sobat topwisata cukup membayar uang parkir saja seharga Rp 3.000 untuk kendaraan roda dua.

Untuk jam buka tempat wisata Curug Ngebul ini sebenarnya belum ada referensi yang akurat, namun saran saya sebaiknya jangan ke lokasi ini saat malam hari atau diatas pukul 16.00. Dikarenakan lokasi untuk jalan keluar atau masuk masih belum ada penerangan jalan dan petunjuk jalan yang memenuhi syarat wisata.

Persiapan apa saja untuk menuju Curug Ngebul


Jika sobat topwisata sudah merasa yakin dan kuat untuk melawan trek berat berbatuan, mimin akan kasih tips tentang persiapan untuk menuju lokasi wisata Curug Ngebul Cianjur.


  • Sobat topwisata sebaiknya menggunakan kendaraan roda dua saja, karena ketika sampai di kecamatan pagelaran, jalur untuk masuk kendaraan roda empat masih belum ada.
  • Pastikan bahan bakar minyak cukup, karena dari lokasi terdekat yaitu kecamatan pagelaran, sobat topwisata masih harus menempuh jarak 20 kilometer lagi, atau membutuhkan waktu tempuh 1 jam
  • Bawa Bekal yang cukup termasuk, camilan, makanan, minuman, kotak obat, baju ganti dan tas kresek untuk baju kotor dan sampah makanan
  • Namun jika sobat topwisata tidak membawa bekal makanan atau cemilan, bisa juga membeli di sekitar area parkir Curug Ngebul ini, harga dan jenis yang ditawarkan juga beragam
  • Siapkan sandal atau sepatu anti slip, karena menuju lokasi Curug Ngebul ini adalah jalan terjal dan berbatu
  • Waktu tempuh jalan kaki dari tempat parkir ke lokasi wisata kurang lebih 30 menit, disitu sobat topwisata akan disuguhi pemandangan alam yang sangat luar biasa
  • Bawa Kamera yang mempunyai daya baterai kuat, karena disepanjang lokasi wisata Curug Ngebul ini terbatas colakan carger
  • Gunakan kamera yang bisa menembus air atau waterprof, karena jernihnya air di Curug Ngebul ini akan menjadikan spot foto yang indah
  • Sebaiknya datang kesini berkelompok dan tidak disarankan untuk orang yang tidak bermental baja, trek jalan kaki naik turun, terjal dan licin
  • Namun ditahun 2019 ini sudah ada pengembangan untuk infrastruktur jalan ke lokasi, jadi akan ada trek jalan kaki yang rata dan bagus
  • Persiapan terakhir yaitu berdoa menurut keyakinan masing-masing, agar diberi keselamatan baik pulang maupun pergi

Daya tarik Curug Ngebul Cianjur


Daya tarik Curug Ngebul Cianjur ini adalah dari keindahan tumpahan air terjun yang begitu deras dari ketinggian 100 meter. Dimana serpihan-serpihan air yang jatuh terbawa arus tadi membentuk seperti kebulan asap tebal yang tidak pernah habis.

Disekitar Curug Ngebul ini juga terdapat kubangan air atau danau yang bisa dijadikan tempat untuk berenang. Dengan suasana pemandangan alam yang indah dan air yang sangat jernih, akan membuat nuansa liburan kita menjadi semakin indah.

Keindahan alam yang tersaji ketika sampai di lokasi diakui jauh lebih indah dari unggahan-unggahan warganet di media sosial.

Galeri Foto Curug Ngebul

Nuansa Alami yang indah Curug Ngebul
Nuansa Alami yang indah Curug Ngebul

Treking Jalan yang sudah bagus Curug Ngebul Cianjur
Treking Jalan yang sudah bagus Curug Ngebul Cianjur

Bisa digunakan Tubing di sepanjang sungai Curug Ngebul Cianjur
Bisa digunakan Tubing di sepanjang sungai Curug Ngebul Cianjur
Hanya bisa dilalui kendaraan roda dua ketika mendekati area wisata Curug Ngebul Cianjur
Hanya bisa dilalui kendaraan roda dua Curug Ngebul Cianjur


Bagaimana sobat topwisata, apakah kalian tertarik mengunjungi Curug Ngebul Cianjur Selatan ?


TOPWISATA.INFO - REFERENSI TEMPAT WISATA TERPERCAYA

Related Posts

Pesona alam Curug Ngebul Cianjur
5/ 5
Oleh