Indian Camp Penambangan, serasa di Amerika

Home Selfie Indian Camp Penambangan, Bondowoso

Indian Camp Penambangan, serasa di Amerika
Indian Camp Penambangan, serasa di Amerika @travel.kompas.com

Hai Topwisata lovers, ketemu lagi sama mimin yang terkece se kabupaten. Kali ini mimin akan ajak kalian jalan-jalan tapi virtual aja yah, ongkos mahal soalnya. Tempat wisata yang akan mimin ulas berada di daerah Bondowoso, ada apa sih di Bondowoso? Banyak banget tempat wisata di daerah Bondowoso, terutama yang berhubungan dengan alam. Ada gunung, bukit, lembah dan masih banyak lagi yang bisa ditemui disana.

Memasuki era dunia digital ini, banyak tempat-tempat bagus yang digunakan untuk foto-foto untuk mengabadikan kenangan, termasuk kenangan mantan. Ada tempat menarik di Desa Penambangan, Kabupaten Bondowoso lho, tempat yang dikhususkan hanya untuk foto-foto, namun dengan gaya yang berbeda, gaya suku Indian. Tempat wisata ini bernama Home Selfie Indian Camp.

Lokasi Wisata Selfie Indian Camp Penambangan


Lokasi tempat wisata ini terletak di Desa Penambangan, Kecamatan Curahdami, Bondowoso, Jawa Timur. Untuk menuju tempat wisata ini sangat mudah, sebab berada tidak jauh dari Kota Bondowoso, sekitar 6 KM dengan jarak tempuh 15 menit. Sudah ada petunjuk jalan di sekitar jalan. 

Harga Tiket masuk Indian Camp Penambangan


Untuk memasuki tempat wisata ini pengunjung hanya dikenakan tarif sebesar Rp. 8.000 saja lho, murah banget kan! Namun jika ingin berkunjung kesini harus booking dulu melalui media sosial atau nomor kontak pengelola. Sebab bila terlalu padat, para pengunjung kurang bisa memaksimalkan dan menikmati tempat wisata ini. Karena bisa dibilang tempat wisata ini agak kecil dari tempat wisata yang lain. 

Jam Buka Wisata Indian Camp Penambangan


Jam buka dimulai pukul 08.00 sampai 20.00 WIB. Pengunjung tidak dibatasi oleh usia, alias segala umur bisa masuk, dari yang muda hingga yang mudah, karena tempat wisata ini sangat ramah, aman dan nyaman.

Yang sangat menarik adalah tempat wisata ini merupakan aset Badan Usaha Muluk Desa (BUMdes) Desa Penambangan. Memanfaatkan lahan yang memang tidak terpakai dengan kata lain dulu adalah rawa. 

Apa saja yang menarik dari Indian Camp Penambangan


Akhirnya disulap lah oleh pengelola menjadi tempat wisata dadakan namun penuh dengan gaya yang sangat bagus dan milenialis terutama bagi kalangan muda-mudi. Pada akhirnya, sekitar bulan Oktober 2019 tempat wisata ini barulah diresmikan oleh perangkat desa.

Saat ini pemerintah Kota Bondowoso memang sedang bergenjot untuk mengembangkan sarana dan pra sarana seperti tempat wisata di daerah yang kurang terjamah oleh masyarakat, guna untuk mengenalkan dan mempopulerkan kota Bondowoso kepada masyarakat yang jauh dari Kota bondowoso. Dengan kata lain supaya Bondowoso bisa diperhitungkan dari kota lainnya di Indonesia sebagai Negara pariwisata.
Fasilitas tempat wisata

Spot Foto Instagramable Rumah Indian

Indian Camp Penambangan, serasa di Amerika
Spot Foto Instagramable Rumah Indian @travel.kompas.com 

Memasuki lokasi wisata, pengunjung akan langsung disambut dengan tenda-tenda para suku indian, tenda tersebut berbentuk segitiga dengan corak yang lucu-lucu dan berwarna-warni dipasang dengan sangat rapi. Pada sisi kain tenda ala suku indian dilukis dengan berbagai gambar hewan. Mulai dari gambar kuda, burung elang, banteng dan serigala.

Jika pengunjung sudah mengelilingi tenda, maka di tengah lokasi tersebut akan ditemui hiasan seperti api unggun yang di buat oleh penglelola. Setelah melewati tenda kamping, pengunjung akan diberi pilihan untuk memakai berbagai aksesoris suku indian yang sudah disediakan pihak pengelola. Seperti kostum penutup kepala yang terbuat dari bulu ayam, ada juga baju dan tongkat lengkap persis bak menirukan penampilan suku indian asli.

Sewa Kostum Indian

Indian Camp Penambangan, serasa di Amerika
Sewa Kostum Indian @travel.kompas.com 

Kostum yang bisa dipakai oleh pengunjung ini disewakan dengan harga yang relatif sangat murah kok. Hanya merogoh kocek Rp. 5.000 per item, namun jika pengunjung ingin menyewa 1 set lengkap, pengunjung dikenakan biaya paket sebesar Rp. 10.000, masih lebih mahal minuman boba dan kopi kekinian lho.

Merasakan sensasi di perkampungan Indian

Indian Camp Penambangan, serasa di Amerika
Merasakan sensasi di perkampungan Indian @travel.kompas.com

Setelah pengunjung memakai pakaian adat suku indian, para pengunjung langsung dimanjakan dengan spot foto yang sangat menarik di tempat ini. Sesuai dengan tema wisata, semua lokasi disini seperti berada di tengah para suku indian. Pengunjung juga bisa menikmati foto-foto diluar maupun dalam tenda, namun ingat tanpa merusak fasilitas yang ada dan jaga keharmonisan tukun tetangga.

Sangat banyak spot foto dengan gaya suku indian. karena dekorasi disini sudah dibuat semirip mungkin dengan design aslinya. Ada satu ruangan khusus yang di design dengan unik untuk foto selfie. Di dalam ruangan ini sudah dilantunkan musik khas suku indian banget yang sangat merdu, bukan music rock maupun pop apalagi dangdut yah kawan. 

Yang khusus di ruangan ini, sering kali digunakan sebagai foto prewedding, jika anda berkunjung kesini ajak pasangan kalian, barang kali ingin membuat foto prewedding dengan konsep lain dari pada yang lain. Di bagian ruangan terdapat banyak pernak pernik khas suku indian, mulai dari topeng, penutup kepala khas suku dayak, kerajinan tangan dan ornamen-ornamen kecil pada setiap sudut.

Makna Rumah Indian


Tidak hanya diruangan tersebut, pada outdoor atau halaman tempat wisata, pengunjung juga bisa memasuki tenda suku indian, namun pintunya sangat kecil. Untuk bisa memasuki tenda, pengunjung harus menunduk. Rupanya ini ada maknanya lho, para suku indian harus hidup merendah (artinya tidak sombong). Spot foto didalam tenda membuat hasil foto semakin menarik. Didalam tenda hanya ada 1 meja, selain itu kosong. Jangan khawatir kotor, karena didalam tenda sudah teraspal dengan sangat baik dan sangat bersih. 

Pengunjung juga diperbolehkan untuk mencoba memasuki semua tenda yang ada di lokasi wisata.

Meski tak seperti camp indian di beberapa kota yang ukurannya gede-gede, camp indian ini cukup menarik lho. Disamping sudah murah, pengunjung juga bisa menikmati berswa foto sebebas mungkin tanpa ada batasan waktu, tapi kalau pengunjung ingin menginap di tenda sepertinya belum bisa.

Fasilitas Wisata Indian Camp Penambangan


Tempat parkir di wisata ini cukup luas, jadi tidak perlu khawatir jika tidak kebagian tempat. Karena tempat wisata ini juga masih terbilang baru dan promosinya juga dirasa kurang, maka dipastikan agak sepi. Jadi pengunjung bisa bebas memilih hari jika ingin berwisata kesini.

Tips Berwisata di Indian Camp Penambangan



Sedikit tips dari mimin, karena tempat ini masih dibilang baru, jadi kemungkinan orang jualanan jajanan, makanan dan minuman masih sepi, jadi lebih baik jika para pengunjung membawa bekal dari rumah atau beli di minimarket sebelum memasuki tempat wisata. 

Mimin juga belum bisa memeberi keterangan apakah tempat ini menyediakan fasilitas seperti mushola dan toilet, karena info yang mimin himpun belum lengkap. Dan lagi sepertinya belum ada penjual souvenir disini. Barang kali para pembaca mau buka lapaknya disini juga oke juga lho.

Terus cintai Negara kita, Negara Indonesia dan juga kembangkan produknya sampai terdengar dan terasa ke luar negeri. Jaga kesehatan karena banyak penyakit yang menghuni sekitar kita, cuci tangan pakai sabun, dan bersihkan diri sebelum melakukan aktifitas. Saya mimin yang paling kece se kabupaten, mohon maaf jika ulasan mimin sedikit berantakan dan mimin mengucapkan terima kasih atas kunjungan Topwisata lovers, sampai ketemu lagi pada artikel lainnya.



TOPWISATA.INFO - REFERENSI TEMPAT WISATA TERPERCAYA

0 Comments

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bijak, jangan melakukan spamming ataupun yang merugikan banyak pihak.