Air Terjun Blawan Bondowoso, Eksotis+Memukau

Air Terjun Blawan

Air Terjun Blawan Bondowoso, Eksotis+Memukau
Air Terjun Blawan Bondowoso, Eksotis+Memukau - Credit Image : Mulyati Asih

Ingin menikmati keindahan air terjun, tetapi masih belum tahun ingin pergi kemana, tenang saja topwisata punya referensinya yaitu mengunjungi Air Terjun Blawan yang berada di Bondowoso.

Air Terjun Blawan ini tidak jauh dari kawasan wisata populer Kawah Ijen, karena debit air yang dihasilkan Air Terjun ini berasal dari rembesan Gunung Ijen, maka tidak heran jika airnya banyak terdapat kandungan belerang yang dipercaya bisa melunturkan penyakit kulit.

Tipe Air Terjun Blawan ini hampir mirip dengan air terjun yang ada di Amerika yaitu Air Terjun Niagara. Dimana air yang terjun dari atas dinding langsung bermuara ke dalam tanah dan mengalir sampai daerah Situbondo.

Debit air yang dihasilkan pun cukup deras, sehingga banyak dari wisatawan yang belum ke titik pusat air terjun sudah kena basah akibat embun air terjun tersebut. Tempat wisata ini juga menjadi destinasi favorit di Bondowoso, disamping air terjunnya yang sangat indah, suasana disekitarnya pun turut mendukung untuk berwisata.

Sebelum sobat topwisata memutuskan untuk mengunjungi lokasi Air Terjun Blawan Bondowoso ini, alangkah baiknya membaca ulasan ini sampai selesai, supaya sobat topwisata lebih tahu dan faham karakter, Rute, dan spot foto bagus disini. Mulai dari :

Lokasi Air Terjun Blawan Bondowoso


Lokasi Air Terjun Blawan Bondowoso ini terletak di alamat Rengahrejo, Kalianyar, Sempol, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur 68288.

Lokasinya yang cukup jauh dari pusat kota Bondowoso atau sekitar 52 kilometer, sehingga sobat harus sabar menempuh jarak tersebut dengan waktu 1.30 menit. Namun tenang saja, disepanjang perjalanan menuju wisata ini sobat topwisata akan disuguhi pemandangan yang indah serta hijau yang menyejukan mata.

Lokasi Air Terjun Blawan ini berada di ketinggian, maka tidak kami sarankan bagi para driver mobil yang baru belajar. Jalan yang sempit, banyak tikungan tajam, serta jalan rusak akan menjadi kendala serius bagi pengendara yang belum lihai menghadapi medan ini.

Beberapa kilometer mendekati lokasi wisata Air Terjun Blawan Bondowoso ini sobat topwisata akan melihat pemandangan indah juga dari depan rumah perkampungan warga terdapat tanaman bunga-bunga berwarna-warni yang indah, bahkan ada juga yang membuat kolam ikan, sungguh pemandangan yang indah.

Baca Juga Wisata di Sekitar Bondowoso :

Harga tiket dan Jam buka wisata Air Terjun Blawan Bondowoso


Untuk harga tiket masuk wisata Air Terjun Blawan Bondowoso ini tidak dipungut biaya, alias gratis (Namun ada beberapa sumber yang mengatakan tiket masuk air terjun blawan ini Rp 2.000) . Jadi sobat topwisata hanya dikenai retribusi biaya parkir saja Rp 2.000 untuk kendaraan roda dua dan Rp 5.000 untuk kendaraan roda empat.

Jam buka wisata Air Terjun Blawan Bondowoso ini mulai pukul 05.00 sampai dengan pukul 18.00. Biasanya para pengunjung menghabiskan waktu berwisata disini kurang lebih 45 menit dan jam kunjungan tertinggi mulai pukul 10.00 sampai dengan pukul 15.00 pada hari libur atau hari minggu.

Ada baiknya jika sobat topwisata ingin mengunjungi tempat wisata Air Terjun Blawan Bondowoso ini pada hari libur saja, karena jika hari kerja atau hari biasa tempat wisata ini sangat sepi dan sedikit bikin bulu kudu merinding ya sob, karena sepanjang tempat lokasi wisata hanya ada suara air terjun yang deras sama suara alam sekitar.

Petugas yang berjaga ditempat wisata ini juga jarang ditemui, karena tempat wisata ini masih belum dikelola secara profesional oleh BUMD atau Pemkab setempat.

Fasilitas serta Daya Tarik wisata Air Terjun Blawan Bondowoso


Fasilitas umum yang ada di tempat wisata Air Terjun Blawan Bondowoso ini terbilang cukup minim. Memang sudah ada sih fasilitas seperti Kamar Mandi, Toilet, Tempat Bersandar atau Istirahat, namun semua fasilitas umum tersebut masih kurang perhatian dan perawatan dari pengelola wisata ini.

Maka kedepan kami mohon, tempat wisata ini agar semakin gencar di promosikan dan diperbaikan fasilitas dasar pendukung wisata populernya, agar masyarakat yang datang berkunjung tidak merasa dirugikan dengan infrastruktur yang kurang memadai.

Daya Tarik wisata Air Terjun Blawan Bondowoso ini terletak pada keindahan air terjunnya yang sangat luar biasa, dimana air terjun tersebur tidak mengalir seperti air terjun biasanya, melainkan air yang turun tersebut langsung masuk kedalam tanah dan mengalir setelah beberapa meter setelah terjunnya air tersebut. Andai saja tempat wisata ini bisa dikelola dengan baik oleh pemangku kepentingan, alhasil Air Terjun Niagara yang ada di Amerika bakalan disikat deh keindahannya.

Kemudian jalan menuju ke wisata air terjun Blawan dari tempat parkir terbilang cukup menantang ya sob, karena harus berjalan naik turun berpuluh-puluh bahkan beratus-ratus anak tangga dengan dihimpit dua tebing tinggi. Ngeri juga kalau ada longsor, semoga saja semua pengunjung disini selamat ya sob, dan pemerintah segera membuat alternatif jalan yang lebih aman dilalui.

Jika sobat topwisata ingin berendam dan menikmati air terjun blawan yang mengandung belerang ini, biasa berendam di area :

1. Pemandian Damar Wulan

Letaknya di sebelah Air Terjun Blawan, dimana sobat topwisata bisa berendam, membasuh muka, atau berenang di Pemandian Damar Wulan ini. Pemandian ini dulunya adalah petilasan Damar Wulan. dimana dilokasi itu ada bendungan kecil yang merupakan tempat mandi Damar Wulan.

2. Sumber Air Panas Blawan

Pengunjung yang menikmati suasana di Sumber air panas ini bisa memilih lokasi yang tidak terlalu panas untuk merendam kaki atau bahkan membasuh muka. Karena dipercaya air belerang pun bisa bermanfaat untuk kesehatan kulit.

Galeri Foto Air Terjun Blawan Bondowoso

Tempat Berendam Belerang Air Panas di Air Terjun Blawan Bondowoso
Tempat Berendam Belerang Air Panas di Air Terjun Blawan Bondowoso - Credit Image : Mulyati Asih

Air Terjun Blawan Bondowoso Menjadi spot foto Instagramable
Air Terjun Blawan Bondowoso Menjadi spot foto Instagramable

Air Terjun Blawan Bondowoso memiliki debit yang yang begitu deras
Air Terjun Blawan Bondowoso memiliki debit yang yang begitu deras - Credit Image : Mulyati Asih

Bagaimana sobat topwisata, apakah kalian tertarik mengunjungi wisata alam Air Terjun Blawan Bondowoso ?


TOPWISATA.INFO - REFERENSI TEMPAT WISATA TERPERCAYA

Related Posts

Air Terjun Blawan Bondowoso, Eksotis+Memukau
5/ 5
Oleh