Rabu, 26 Februari 2020

Tips Wisata Kuliner yang Halal untuk Umat Muslim

Suka Kuliner, Jangan Lupa Halal atau Tidak ya





Tips wisata kuliner penting bagi kamu yang suka jajan. Mencoba makanan baru dengan citarasa unik, akan memberikan pengalaman menyenangkan. Apalagi bagi kamu yang suka makan. Wisata kuliner pasti akan menjadi agenda rutin yang tak boleh terlewatkan. Wisata kuliner bahkan menjadi rekomendasi bagi orang lain. Sampai ada acara khusus di Televisi 
Pada dasarnya semua orang suka makan. Apalagi makanan enak dan unik yang jarang ditemui sehari-hari. Merupakan kebanggaan tersendiri bagi siapapun yang mencoba makan makanan di daerah lain. Makanan khas daerah tidak terdapat di daerah lain, jadi merupakan pengalaman spesial yang perlu diabadikan. Bukan hanya cita rasanya tetapi juga keseruan perjalanannya yang menarik.

Wisata Kuliner Wajib Berdasarkan Daerahnya

Wisata kuliner adalah agenda wajib jika kamu mengunjungi tempat baru. Makan makanan yang penting kenyang bukan lagi kebiasaan orang Indonesia. Melainkan makan makanan legend lebih seru dan istimewa. Kuliner yang wajib dicoba adalah kuliner khas suatu daerah yang menjadi ikon. Terutama resto atau warung makan hits yang terkenal sejak lama.
Contohnya jika kamu mengunjungi Jogja, wajib mencoba gudeg dan bakpia. Makanan ini bisa saja terdapat di daerah lain seperti solo dan sekitarnya. Tetapi makan makanan langsung di tempat asalnya akan memberikan sensasi berbeda. Selain itu makanan ini rasanya akan sangat berbeda dengan daerah lain. Karena kebiasaan cara pengolahannya juga berbeda.
Mengunjungi semarang tidak lengkap rasanya jika tidak mencicipi lumpia semarang yang terkenal itu. Meskipun jajanan bukan makan besar, tetapi kuliner ini merupakan daya tarik khusus kota ini. Tidak ditemui di daerah lain, karena bahan pokok pembuatnya juga khusus. Bahan rebung tidak tumbuh di semua tempat, kalaupun ada cara pengolahannya berbeda. 
Begitu juga jika berkunjung ke Negara tetangga. Malaysia terkenal dengan nasi lemak, Thailand terkenal dengan tom yam. Kuliner tersebut wajib dicoba karena hanya bisa ditemui di Negara itu. Citarasa khas yang tidak bisa didapatkan di Negara lain. Meskipun banyak resep untuk membuatnya sendiri di rumah. Tetapi rasanya tentu akan berbeda.

Tips Wisata Kuliner Bagi Umat Muslim

Bagi muslim traveling lebih banyak yang harus dipersiapkan. Salah satunya harus memperhatikan tips wisata kuliner yang halal. Karena berhubungan dengan hukum dan ketentuan agama, jadi perlu untuk mempelajari tempat-tempat mana saja yang menyajikan makanan halal. Yang pertama harus menggali informasi seputar kuliner halal yang ada di suatu daerah.
Paling aman mengunjungi daerah berpenduduk mayoritas muslim. Di sana akan mudah menemukan tempat makan halal. Jika di Indonesia kita akan dengan mudah mengetahui halal atau tidaknya makanan yang disediakan, meskipun belum berlabel MUI. Tetapi di beberapa daerah lain kita perlu menanyakan langsung dengan penjual mengenai kehalalan makanan yang dijualnya.
Beberapa daerah yang ramah muslim, penjualnya lebih kooperatif. Mereka akan memberikan informasi jika makanan yang kita beli tidak halal dan dengan senang hati menunjukkan tempat dimana bisa membeli makanan halal. Jika ragu ketika akan membeli makanan, pilihlah restoran yang menjual makanan vegetarian. Lebih aman dan tidak mengandung bahan-bahan yang diharamkan.
Ikuti saran travel blogger muslim. Mereka umumnya akan menunjukkan lokasi mana saja yang menyediakan makanan halal. Bahkan jika bepergian keluar negeri kita bisa menggunakan rekomendasi travel blogger untuk berwisata kuliner. Lebih tenang, karena kita tahu tempat yang akan dituju. Tips wisata kuliner ini juga berlaku untuk non-muslim, meskipun lebih fleksibel.

Disqus Comments