Sabtu, 07 Maret 2020

Taman Bunga Impian, Kutabawa Flower Garden Purbalingga

Kutabawa Flower Garden, Bikin Betah dengan Sajian Taman Bunga





Destinasi pariwisata di Negara Indonesia makin berkembang. Tidak sedikit pengusaha yang membuka peluang bisnis di sentral tempat wisata. Salah satunya terdapat di kabupaten Purbalingga. 

Wisata ini bertemakan alam buatan dan tempat ini mungkin lebih cocok untuk piknik bersama keluarga. Jawa tengah memang terkenal dengan kesejukan alamnya. Selain kesegaran alamnya, jawa tengah memiliki tempat wisata yang cukup banyak dan beragam. Mulai dari wisata alam, air, candi dan lainnya.

Kali ini mimin akan bahas sesuatu yang unik dan berada di Pubalingga. Buka pada tahun 2017, tempat wisata ini kian ramai dari tahun ke tahun. Tempat wisata ini diberi nama Kutabawa Flower Garden. Dengan tema bunga-bunga yang disusun sedemikian rupa. Jadilah taman bunga yang sangat sangat sangat indah dan berwarna-warni.

Kabupaten Purbalingga terletak di dataran tinggi, sehingga sangat cocok untuk ngadem dan singgah sambil makan minum sejenak. Tak hanya memiliki kesejukan udara, namun juga menyimpan potensi wisata alam yang begitu menarik. Kalau di dareah Batu, Topwisata lover akan menyamakan wisata ini dengan Selecta yang identik dengan banyak bunga. Dengan munculnya wisata ini di Kabupaten Purbalingga, diharapkan dapat mendongkrak sektor pariwisata di kota tersebut.

Selain menawarkan kebun bunga yang bermekaran pada sejauh mata memandang, pengunjung akan diberikan kesejukan alami dari udara dataran tinggi di lokasi wisata. Nuansa ini paling cocok untuk anda yang stress dan capek karena urusan kerjaan, disini bisa jadi pelepas suntuk dari hiruk ramainya tengah kota dan banyaknya polusi disekitar kita.

Meskipun destinasi ini hanya memiliki kebun bunga, tapi jangan salah dengan kekuatan alamnya. Tempat ini sangat ramai dikunjungi oleh para wisatawan, baik wisatawan lokal maupun kota tetangga. Kalian bisa berfoto dengan seluruh bunga yang ada di lokasi wisata. Apalagi bagi kaulah muda yang eksis di dunia sosial media, tempat wisata ini sangat cocok digunakan sebagai latar foto yang berwarna-warni dan sangat instagenic mengingat banyaknya jenis bunga yang ditanam oleh pihak pengelola.

Ada beberapa jenis bunga yang ada di tempat wisata. Mulai dari bunga lavender, bunga tanggo, bunga marigold, bunga iriancis, bunga petunia, bunga begonia hingga bunga celosia pagoda dan tidak ada bunga berjalan maupun bunga desa maupun bunga kredit.
Spot foto yang paling popular disini adalah jalan cinta, disini memang identik dengan logo love. Mulai dekorasi love yang dibalut dengan kain warna warni yang membuat hiasan ini menjadi hidup dengan dipadu oleh bunga warna warni.

Panorama yang indah dari Kutabawa Flower Garden ini akan langsung terlihat saat memasuki pintu masuk tempat wisata. Pihak pengelola membuat seperti terasering atau permukaan tempat wisata dibuat miring.

Tak hanya bunga saja yang bisa dinikmati di tempat wisata, Kutabawa Flower Garden juga memiliki arena bermain. Khususnya untuk anak-anak, mereka paling suka dengan arena bermain. Apalagi udaranya sangat menyejukkan. Rencananya di Kutabawa Flower Garden akan dibangun bebrapa wahana baru untuk anak-anak dan penginapan villa di area wisata.

Selain bisa bersua foto dan refreshing, anda juga bisa belajar berbagai macam bunga yang ada di tempat wisata. Tak hanya ditampilkan, ada juga bunga yang cantik cantik ini yang memang sengaja dijual oleh pihak pengelola. Cocok banget deh bawa oleh-oleh buat gebetan maupun mantan.

Atau yang ingin bawa oleh-oleh selain bunga, disekitar area terdapat penjual kecil. Seperti penjual sayur dan buah segar. Dipastikan aman dan menyehatkan badan dengan mengkonsumsi sayur dan buah-buahan yang segar. Tapi perlu diingat, cuci buah dan sayuran dulu sebelum dikonsumsi untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Lokasi tempat wisata


Tempat wisata ini berada di kaki Gunung Slamet, kelurahan kutabawa, kecamatan Karangreja, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah dan dekat dengan pos pendakian Gunung Slamet di Desa Bambangan dari sisi timur.

Rute singkat menuju lokasi wisata


Untuk mencapai lokasi wisata Kutabawa Flower Garden terdapat beberapa rute yang bisa kalian lewati. Salah satunya jika pengunjung berada dari pusat kota Purbalingga, arahkan kendaraan anda menuju ke desa Serang. 

Setelah tiba di desa Serang, kalian akan menjumpai pertigaan atau arahkan kendaraan anda ke pasar kutabawa, Setelah tiba di pasar, arahkan kendaraan anda ke kanan sampai melihat masjid didekat jalan raya. 

Cari papan nama tempat wisata, dan ikuti jalan tersebut sampai tiba di taman wisata Kutabawa Flower Garden. Namun jika kalian bingung, cukup buka saja aplikasi Google Maps pada gadget anda, karena sudah terdapat di aplikasi sejuta umat tersebut. Cukup dengan kata kunci “Kutabawa Flower Garden Purbalingga”, anda akan diberikan petunjuk arah oleh si embah yang satu ini.

Harga Tiket Masuk lokasi wisata

Untuk kalian para penikmat wisata murah, bagus, menarik dan asri, kalian tidak perlu repot maupun takut. Disini hanya mengeluarkan receh sebesar Rp. 10.000 per orang (Harga ini bisa berubah dari tahun ke tahun). Masih lebih mahal harga pertalite per liternya. Untuk anak-anak usia 3 tahun sudah membayar tiket masuk penuh. Retribusi parkir untuk kendaraan roda 2 Rp. 2.000 dan untuk roda 4 Rp. 4.000.

Meski memiliki tarif yang sangat murah dibanding kopi kekinian, tempat wisata ini memiliki keindahan taman serta fasilitas yang cukup lengkap. Jika anda ingin sekedar tanya tentang Kubawa Flower Garden, anda bisa menghubungi pihak pengelola dengan nomor telepon 0851-0477-7588. Dan untuk jam operasional tempat wisata, buka mulai pukul 09.00 sampai pukul 17.00 WIB.

Tips berkunjung ke Kutabawa Flower Garden


Mimin akan sedikit memberi tips untuk anda yang akan atau sudah melakukan perjalanan berwisata :

  1. Sediakan gadget mulai dari kamera atau handphone yang canggih. Paling tidak pas lah untuk pengambilan gambar di lokasi wisata. Sebab setelah anda sudah berada di lokasi wisata, mimin pastikan anda tidak akan meletakkan gadget tersebut. Selai spot foto yang sangat indah, juga banyak sekali area untuk bersua foto.
  2. Isi penuh daya tahan batrei gadget kalian. Untuk menghindari human eror atau kelalaian saat perjalanan, alangkahj baiknya mengisi penuh daya batrei gadget anda.
  3. Meskipun tempat wisata ini sudah dikelola baik oleh pengelola. Jangan sampai merusak kebun di area wisata, sebab dapat merugikan pengunjung dan membuat tukang kebun yang bertugas terlalu capek untuk membenahi bunga yang rusak.
  4. Jangan buang sampah sembarangan. Untuk kalian yang suka buang sampah sembarangan, sebaiknya stop melakukan kegiatan tercela tersebut. Selain membuat lokasi wisata tercemar, juga akan sangat merugikan pengunjung.
  5. Untuk anda yang berkendara dari luar kota, sebaiknya cek semua kendaraan anda mulai dari kesehatan mesin kendaraan dan tekanan ban. Kalian pasti tidak ingin mengalami kendaraan mogok dijalan yang sepi.

Sekian info dari mimin yang bisa mimin ulas, meskipun tidak banyak atau hanya sedikit. Semoga bermanfaat sedikit ulasan yang mimin berikan dan semoga liburan anda menyenangkan.



TOPWISATA.INFO - REFERENSI TEMPAT WISATA TERPERCAYA
Disqus Comments