Lompat ke konten
Home » Uncategorized » Resep Pempek Dos Panggang, Bisa kok dirumahaja

Resep Pempek Dos Panggang, Bisa kok dirumahaja

Resep Pempek Dos Panggang


Mendengar kata-kata empek-empek pastinya membuat kita ngiler ya guys, apalagi kalian pecinta makanan palembang ini. Rasa gurih, manis dan kenyalnya yang pas ketika gigitan pertama.
Tidak jarang, banyak sekali penyuka makanan satu ini, bahkan tidak hanya orang palembang sendiri. Makanan satu ini banyak sekali peminatnya dari sabang sampai merauke.
Makanan satu ini pun tidak sulit kita dapatkan, karena tidak hanya restoran besar saja sekarang yang menjual pempek, tetap warung kecil dan kedai-kedai juga banyak yang menjual makanan ini. Rasanya pun tidak kalah dengan aslinya.
Bahan dasar Pempek ini sendiri adalah Ikan Tengiri ataupun ikan gabus yang digiling halus. Kemudian dicampur bahan lain seperti tepung sagu ataupun tepung tapioka, telur, bumbu bawang putih, garam dan penyedap rasa.
Kalian yang alergi dengan bahan dasar pempek ini, bisa kok membuat pempek tanpa ikan. Tentunya dengan meracik dirumah ya.
Kemudian yang membuatnya menjadi terasa nikmat yaitu bumbu cocolannya. Pempek Palembang ini wajib ada cuko yang berwarna coklat. Bahan-bahannya terbuat dari cuka, asam jawa, gula merah, cabai merah tumbuk dan garam. Untuk pelengkapnya ada juga yang menambahkan dengan mi dan irisan mentimun.
Nah, jika kalian tertarik dan ingin mencicipi Pempek Palembang ini dirumah. Bisa kok, bahkan bahan-bahan yang dibutuhkan tidak terlalu repot. Simak nih resep membuat berbagai varian Pempek Palembang dirumah aja. Inilah Cara membuat pempek Palembang paling enak
Pempek dos panggang.

Bahan:

  1. 500 ml air
  2. 250 gr tepung terigu
  3. 500 gr sagu
  4. 3 butir telur, kocok lepas
  5. 4 sdt garam
  6. 3 sdt kaldu jamur
Baca Juga :  Review Kuliner : RM Ikan Bakar Cianjur Gresik

Isian:

  1. ebi sangrai dihaluskan
  2. kecap manis
  3. cabai

Cara membuat Pempek dos panggang :

  1. Pertama-tama adalah memasak air sampai mendidih sebagai pencampur berbagai bahan adonan
  2. Setelah air matang dan mendidih, kali ini kita membuat adonan pempeknya. Yaitu dengan mencampurkan tepung terigu, garam, dan kaldu, sembari kalian mencampur adonan tadi tuangkan air panas sedikit demi sedikit ke dalam adonan dan aduk-aduk terus sampai kenyal merata.
  3. Setelah adonan tadi rata, kali ini campurkan sagu sedikit demi sedikit sampai merata ke semua bagian.
  4. Adonan pempek dos panggang tadi sudah jadi, kini tinggal mencetaknya menjadi bulatan-bulatan kecil sampai semua adonan habis.
  5. Bulatan adonan pempek sudah jadi, kalian tinggal memanggangnya kurang lebih 5-10 menit sampai kedua sisi matang. sebelum dipanggang olesi dengan kocokan telur ya
  6. Belah Pempek yang sudah kalian panggang tadi dan masukan berbagai bahan isian seperti ebi sangrai dihaluskan, kecap manis dan cabai. Untuk memasukan bahan isian, kalian membelahnya jangan sampai putus ya, cukup ¾ saja.
  7. Pempek Panggang sudah jadi dan Sajikan dengan cuko dan timun
Baca Juga :  Resep Tumis Kambing, Sederhana Namun Rasa Istimewa
Nah, gimana topwisata kuliner. Sangat mudah sekali bukan membuat Pempek Palembang dirumahaja.
Yuk simak ulasan resep makanan lain, tetap di topwisata kuliner.

TOPWISATA.INFO | RSS TOPWISATA

TOPWISATA.INFO – REFERENSI TEPAT GAYA HIDUPMU

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tag:

Tinggalkan Balasan