Rabu, 29 Juli 2020

Dos Adaan / Tanpa Ikan : Resep Pempek Palembang

Resep Pempek Dos Adaan / Tanpa Ikan


Mendengar kata-kata empek-empek pastinya membuat kita ngiler ya guys, apalagi kalian pecinta makanan palembang ini. Rasa gurih, manis dan kenyalnya yang pas ketika gigitan pertama.

Tidak jarang, banyak sekali penyuka makanan satu ini, bahkan tidak hanya orang palembang sendiri. Makanan satu ini banyak sekali peminatnya dari sabang sampai merauke.

Makanan satu ini pun tidak sulit kita dapatkan, karena tidak hanya restoran besar saja sekarang yang menjual pempek, tetap warung kecil dan kedai-kedai juga banyak yang menjual makanan ini. Rasanya pun tidak kalah dengan aslinya.

Bahan dasar Pempek ini sendiri adalah Ikan Tengiri ataupun ikan gabus yang digiling halus. Kemudian dicampur bahan lain seperti tepung sagu ataupun tepung tapioka, telur, bumbu bawang putih, garam dan penyedap rasa.

Kalian yang alergi dengan bahan dasar pempek ini, bisa kok membuat pempek tanpa ikan. Tentunya dengan meracik dirumah ya.

Kemudian yang membuatnya menjadi terasa nikmat yaitu bumbu cocolannya. Pempek Palembang ini wajib ada cuko yang berwarna coklat. Bahan-bahannya terbuat dari cuka, asam jawa, gula merah, cabai merah tumbuk dan garam. Untuk pelengkapnya ada juga yang menambahkan dengan mi dan irisan mentimun.

Nah, jika kalian tertarik dan ingin mencicipi Pempek Palembang ini dirumah. Bisa kok, bahkan bahan-bahan yang dibutuhkan tidak terlalu repot. Simak nih resep membuat berbagai varian Pempek Palembang dirumah aja. Inilah Cara membuat pempek Palembang paling enak

Pempek Dos Adaan / Tanpa Ikan


Bahan:

  1. 500 ml air
  2. 250 gr tepung terigu
  3. 500 gr sagu
  4. 3 butir telur, kocok lepas
  5. 10 buah bawang merah iris tipis
  6. 4 sdt garam
  7. 3 sdt kaldu jamur
  8. minyak sayur secukupnya

Bahan cuko:

  1. 250 gr gula merah
  2. 50 gr gula pasir
  3. 50 gr cabai rawit
  4. 50 gr bawang putih
  5. 1/2 sdm garam
  6. 1-2 sdm air asam Jawa/cuka
  7. 500 ml air


Cara membuat dos adaan / Tanpa Ikan :

  1. Pertama-tama adalah memasak air pada panci sampai mendidih.
  2. Campurkan berbagai bahan utama seperti, tepung terigu, garam, kaldu, dan tuangkan air panas sedikit demi sedikit sampai adonan benar-benar kenyal.
  3. Setelah adonan tadi dirasa sudah kenyal, tambahkan bahan-bahan lain seperti telur, bawang merah yang sudah di iris, dan aduk-aduk lagi adonan sampai benar-benar merata.
  4. Langkah selanjutnya adalah memasukan sagu kedalam adonan tadi, tambahkan sedikit demi sedikit sampai merata juga.
  5. Adonan sudah jadi, kalian tinggal mencetak adonan tersebut menjadi bulatan-bulatan sesuai selera.
  6. Goreng semua adonan tadi dengan api kecil, agar tidak gosong dan matangnya merata, kurang lebih 5 - 10 menit adonan matang dan tiriskan.
  7. Proses membuat Pempek Palembang Dos Adaan telah selesai, saatnya membuat Cuko nya.
  8. Haluskan cabai dan bawang putih, didihkan air 500 ml dan masukan gula merah hingga meleleh.
  9. Saring gula merah tadi dan masukan ke dalam mangkuk tersendiri, campurkan garam, gula pasir, air asam jawa, aduk rata, tes rasa dan masak lagi hingga mendidih. Tiriskan dan Pempek Palembang Dos Adaan siap untuk dihidangkan.





TOPWISATA.INFO | RSS TOPWISATA

TOPWISATA.INFO - REFERENSI TEPAT GAYA HIDUPMU
Disqus Comments