Rabu, 11 November 2020

Resep Bakmi Goreng Jawa Khas Jogjakarta Anti Gagal

Resep Bakmi Goreng Jawa Yogyakarta

Siapa yang tidak tahu mie goreng jawa di Jogjakarta yakni salah satu kuliner yang menjadi ciri khas Jogja. Dari ciri khas rasanya berpadu dengan sayap ayam kampung yang dicampurkan kedalam bakmi gorengnya. Itulah yang menjadi ciri khas dari ayam jawa yang digantung berderet di dalam gerobak. 

Namun bagaimana apabila anda rindu ingin memakannya saat kita tidak berada di Jogjakarta, oleh karena itu kita akan membuat resep mie goreng jawa Jogjakarta agar tidak gagal membuatnya. Sehingga sewaktu anda ingin memakannya anda bisa memasaknya sendiri dirumah.

Hal pertama adalah menyiapkan bahan resep untuk mie jawa yang dibutuhkan dalam membuatnya. Apa bahan yang dibutuhkan untuk memasak bakmi Goreng Jawa?  ini adalah bahan-bahan yang perlu disiapkan dalam membuat resep Bakmi Goreng Jawa:

Bahan Yang Digunakan Untuk Bakmi Jawa adalah

  1. 250g mie basah
  2. 160g ayam kampung fillet, potong kotak
  3. 4 telur ayam
  4. 21g sawi hijau lalu potong
  5. 2 sdt Kaldu Ayam
  6. 2 sdm Kecap Manis
  7. ¼ sdt garam
  8. 160 ml air
  9. 4 sdm minyak sayur

BUMBU HALUS:

  1. Bawang merah - 6 siung
  2. Bawang putih - 3 siung
  3. Kemiri - 3 butir
  4. Merica butiran - 1 sdt

PELENGKAP:

  1. Bawang merah goreng - secukupnya
  2. Acar cabai rawit mentimun - secukupnya

Cara mengolahnya adalah :

  1. Blender seluruh bumbu hingga halus atau dengan ulekan
  2. Kemudian siapkan minyak yang sudah panas di wajan. Masukkan bumbu yang sudah diblender lalu tumis hingga mengeluarkan bau harum. Jika sudah masukan telur ayam kocok, ayam fillet, garam, penyedap rasa. Tumis sampai seluruhnya tercampur rata.
  3. Jika sudah baru masukan  mie kuning basah, sawi hijau ke wajan yang berisi tumisan ayam tadi. Aduk sampai merata lalu baru tuangkan air ke dalamnya. Tutup sebentar dan biarkan air di dalamnya berkurang banyak.
  4. Jika air sudah agak berkurang tuangkan kecap manis kedalam wajan. Aduk kembali sampai benar tercampur semuanya.
  5. Jika sudah angkat kemudian siapkan bakmi Jogja goreng di piring ditambah dengan bawang goreng dan pelengkap seperti kerupuknya

Itulah resep mie goreng jawa Yogyakarta. Jadi apabila anda sedang tidak berada di Yogyakarta, lalu rindu dan ingin makan mie jawa ini. Anda tidak harus pergi ke Yogyakarta untuk mendapatkannya selamat mencoba.
Disqus Comments