Skip to main content

Resep Ikan Kembung Balado Sederhana

Risca Monita

Resep Ikan Kembung Balado



Memiliki perawakan yang kecil serta jumlah populasi yang melimpah, ikan kembung memiliki nilai jual yang jauh lebih terjangkau jika dibandingkan dengan ikan salmon. 

Harga ikan kembung di pasaran berkisar antara Rp. 30.000 sampai Rp. 35.000 per kilonya. Ikan ini adalah jenis ikan pelagis kecil yang menjadi komoditas utama para nelayan kelas menengah. Kandungan gizi ikan kembung pun tak kalah bagusnya dengan ikan salmon, kandungan omega 3 pada ikan ini tiga kali lipat lebih tinggi dari ikan salmon. 

Omega 3 dalam tubuh bermanfaat untuk membantu penyerapan vitamin, menurunkan resiko penyakit jantung, dan pada ibu hamil maupun anak balita sangat baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan perkembangan otak. 

Terdapat 2 resep ikan kembung yang dimasak dengan metode yang simple dan cocok sebagai lauk pendamping sayur untuk makan pagi, siang maupun makan malam. Selamat mencoba di rumah ya..

Ikan Kembung Balado

Bahan-bahan :

  1. 3 ekor ikan kembung ukuran sedang
  2. Garam
  3. 1 ruas kunyit
  4. 1/2 sdt ketumbar
  5. 2 sdm jeruk limau/jeruk nipis/lemon
  6. 2 lembar daun jeruk, buang batangnya lalu iris tipis
  7. Garam, gula, kaldu jamur, dan minyak untuk menumis secukupnya
  8. 10 sdm air matang

Bumbu balado yang dihaluskan:

  1. 100 gram cabe rawit
  2. 100 gram cabe keriting
  3. 2 buah tomat ukuran sedang
  4. 8 buah bawang merah
  5. 6 siung bawang putih

Cara pembuatannya :

  1. Bersihkan ikan hingga bersih, beri perasan jeruk nipis, haluskan bumbu untuk menggoreng ikan. Selanjutnya marinasi ikan dengan bumbu kurang lebih 30 menit. Panaskan minyak lalu goreng ikan hingga matang, sisihkan.
  2. Tumis bumbu balado dengan minyak panas, tambahkan irisan daun jeruk. tumis hingga bumbu berbau harum dan matang. Tambahkan sedikit air agar bumbu tidak gosong.
  3. Tambahkan gula, garam, kaldu jamur bubuk secukupnya llau koreksi rasa.
  4. Masukkan ikan yang sudah digoreng sebelumnya, aduk-aduk hingga tercampur rata. Koreksi rasa lalu matikan api kompor.
  5. Hidangkan di atas piring saji dan siap disantap dengan nasi hangat.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar