Skip to main content

Cara Membuat Resep Es Gempol yang Enak dan Seger

Anaya Lariencia

Resep Membuat Es Gempol



Masih membahas tentang minuman segar bercampur es, pada hari ini kami akan memberikan resep membuat es gempol yang manis serta segar untuk Anda. 

Es gempol merupakan es dengan penyajian pulungan tepung sagu, tepung terigu dengan tambahan bahan lain yang direbus matang kemudian disajikan dengan kuah santan melalui hasil rebusan santan yang ditambah gula. Es ini tidak terlalu tahu sejarah asal usulnya atau masih simpang siur.

Sedikit orang ada yang mengatakan jika es gempol merupakan sajian minuman yang asalnya dari kota Semarang, Solo, Jepara bahkan Jakarta. 
Akan tetapi semua itu belum jelas untuk sajian minuman tersebut yang mempunyai rasa cukup enak dan harus di coba. Bagi yang mau mencoba membuat es gempol ini anda dapat melihat caranya seperti dibawah ini.

Bahan yang diperlukan untuk membuat es gempol yakni :

  1. 28 gr tepung sagu
  2. 181 gr tepung beras
  3. ½ sendok teh garam
  4. 211 cc air yang mendidih
  5. 1 liter santan
  6. 31 gr gula pasir
  7. 311 gr gula merah serut dengan pisau
  8. 4 helai daun pandan
  9. ½ sendok teh garam
  10. Es batu secukupnya

Langkah membuat es gempol:

  1. Campurkan tepung beras dengan garam kemudian diaduk hingga merata.
  2. Setelah itu disiram air mendidih di bagian tepung beras untuk bagian atas lalu campur sampai merata.
  3. Tambah tepung sagu kemudian uleni hingga menjadi kalis.
  4. Pulung adonan kira kira 2 gr kemudian tekan-tekan di tengahnya. Seterusnya begitu terus. Untuk kreasi anda bisa mencampur adonan dengan pewarna makanan.
  5. Adonan yang telah di pulung kemudian masukkan ke rebusan air yang mendidih. Tunggu hingga adonan mengapung ke atas kemudian angkat dan tiriskan.
  6. Selanjutnya buat kuah untuk melengkapi adonan yang telah direbus matang dengan cara merebus santan dengan tambahan gula pasir, serut gula merah, daun pandan juga garam. Aduk semua dan rebus hingga matang. Angkat dan sisihkan.
  7. Taruh adonan yang telah direbus matang yang ada pada mangkuk saji kemudian siram memakai rebusan santan dengan es batu yang sudah diserut
  8. Es gempol sudah siap dinikmati bersama keluarga

Sumber referensi:resepkuerenyah.com

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar