Skip to main content

Nasi Ulam, Makanan Tradisional Asal Betawi, Ini Resepnya

Risca Monita

Resep Nasi Ulam


Salah satu sajian makanan khas betawi yang sering kita jumpai ketika berkunjung kesana adalah menu makanan nasi ulam. Betul sekali, Nasi ulam sendiri adalah jawaranya makanan khas dari betawi.

Nasi ulam ini sendiri biasanya dihidangkan dengan campuran berbagai bumbu dan rempah yang begitu menggoyang lidah. Tidak lupa juga diberi tambahan seperti daun pegagan atau biasa disebut daun kemangi yang membuat aromanya semakin mantap.


Nasi ulam sendiri juga terbagi menjadi dua jenis, yaitu nasi ulam dengan kuah yang base nya di jakarta utara atau jakarta pusat, kemudian nasi ulam kering atau tanpa kuah yang sering kita jumpai di jakarta selatan.

Untuk sajian Nasi ulam sendiri, biasanya kita sering menjumpai ada sajian dendeng, telur dadar, tahu goreng, perkedel, kerupuk dan tempe.

Resep nasi ulam ala Top Wisata kali ini akan dimodifikasi menggunakan nasi merah supaya lebih sehat. Beras merah dianggap sebagai salah satu jenis beras yang paling bernutrisi, karena proses produksinya tanpa pembuangan kulit. 

Satu gelas beras merah mengandung 218 kalori, 4.5 gram protein, 1.8 gram lemak, 3.5 gram serat, dan 45.8 gram karbohidrat. Dengan porsi yang sama, beras putih mengandung 242 kalori, 4.4 gram protein, 0.4 gram lemak, 53.2 gram karbohidrat, dan 0.6 gram serat. 
Berdasarkan jurnal yang dipublikasikan di International Journal of Food Science and Nutrition tahun 2006, indeks glikemik beras merah lebih rendah (55) jika dibandingkan dengan beras putih (86). Kandungan serat, polifenol dan phytic acid pada beras merah lebih tinggi dari beras putih. 

Tanpa berlama-lama lagi yuk kita siapkan bahan-bahannya :

 

Nasi ulam

  1. 250 gram beras merah
  2. 700 ml air
  3. 3 lembar daun salam
  4. 1 cm jahe
  5. 2 cm lengkuas
  6. 11/2 batang serai
  7. 1/2 sdt garam
  8. 1/2 sdt kaldu jamur
  9. 1/2 ikat daun kemangi, siangi ambil daunnya saja
 

Serundeng

  1. 2 sdt ketumbar bubuk
  2. 3 siung bawang putih
  3. 3 butir bawang merah
  4. 3 buah cabe keriting
  5. 3 buah cabe rawit
  6. 1 sdt kaldu jamur
  7. 300 gram kelapa parut
  8. 70 gram gula merah
  9. 2 lembar daun salam
  10. 3 cm lengkuas
  11. 3 sdm air
  12. 1/2 sdt garam
  13. minyak, untuk menumis
 

Semur daging & tahu

  1. 100 gram slice beef has dalam
  2. 1 buah tahu putih, potong 4x4 cm
  3. 1/2 cm kayu manis 
  4. 1 sdt pala bubuk
  5. 5 sdm kecap manis
  6. 150 ml air
  7. 6 siung bawang putih
  8. 6 butir bawang merah
  9. 3 buah cabe keriting
  10. 3 butir kemiri
  11. 1/4 sdt garam
  12. 1/2 sdt merica putih bubuk
  13. minyak, untuk menumis

Langkah memasak :

  1. Untuk membuat Nasi ulam yang enak, yuk ikuti langkah-langkah berikut : Masukkan semua bahan ke dalam rice cooker (penanak nasi) dan beri air secukupnya (seperti ketika menanak nasi). Masak dalam rice cooker hingga nasi matang. Angkat dan sisihkan.
  2. Serundeng: Haluskan ketumbar, bawang putih dan bawang merah, cabe rawit dan cabe keriting menggunakan cooper. Panaskan sedikit minyak di wajan lalu tumis bumbu hingga harum. Masukkan kaldu jamur dan gula merah, aduk rata. Masukkan daun salam dan lengkuas aduk sebentar lalu tambahkan 5 sendok air. Masukkan kelapa parut masak dengan api kecil hingga hingga kelapa kering dan berwarna kecoklatan. Angkat dan sisihkan.
  3. Semur: Haluskan bawang putih, bawang merah, kemiri, garam, cabe keriting dan merica. Kemudian panaskan sedikit minyak. Tumis bumbu halus bersama kayu manis dan pala bubuk hingga harum. Masukkan daging lalu tuang air. Aduk perlahan dan tambahkan kecap, biarkan daging empuk terlebih dahulu. Masukkan tahu yang sudah digoreng setengah matang. Aduk kembali dan masak tahu hingga kuah sedikit mengental dan menyusut. Angkat dan sisihkan.
  4. Di piring saji, susun nasi ulam merah, serundeng dan semur daging tahu. Dapat dilengkapi juga dengan bihun goreng, telur dadar, telur puyuh, ketimun, dan daun kemangi.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar