Skip to main content

Resep Membuat Kerupuk Jariang

Anaya Lariencia

Kerupuk Jariang



Jengkol merupakan resep buah yang berasal dari pohon yang bernama Jengkol. Buah ini bentuknya bulat juga sedikit pipih serta mempunyai kulit yang cukup tebal atau disebut cangkang. 

Bagian cangkang Jengkol yang ada didalam merupakan bagian yang dipakai untuk macam olahan makanan. Diantaranya  adalah makanan seperti semur Jengkol, Jengkol goreng dan Jengkol balado. 

Jengkol juga bisa dibuat menjadi makanan ringan misalnya seperti kerupuk Jariang kerupuk. Kegunaan jengkol ini juga sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Cara Membuat Kerupuk Jariang
Saat mengolah menjadi sebuah kerupuk jariang, Jengkol harus direbus matang dulu. Lalu dibersihkan di kulit dalamnya setelah itu dipukul-pukul sampai pipih. Proses jengkol dijemur di bawah matahari langsung sehingga benar-benar kering atau siap untuk digoreng. 
Kerupuk Jariang atau jengkol sudah bisa dinikmati untuk camilan. Kerupuk Jengkol juga bisa menjadi pelengkap untuk santapan contohnya itu bubur, sop, soto dan mie ayam.

Untuk Anda yang suka mencoba membuat kerupuk Jariang, silahkan anda lihat penjelasan dari resep di bawah ini. 

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat kerupuk jariang adalah:

  1. Jengkol dengan ukuran cukup
  2. Plastik berukuran lebar, untuk membungkus
  3. Minyak secukupnya
  4. Siapkan loyang kue untuk menjemur jengkolnya

Lalu langkah membuat kerupuk jariangnya adalah:

  1. Jengkol direbus dulu hingga empuk, lalu  diangkat tunggu dingin.
  2. Selanjutnya, kupas bagian kulit jengkol dan taruh di atas plastik yang telah diolesi minyak.
  3. Tutup bagian atas jengkol dengan plastik yang sudah dioles minyak lalu memarkan jengkol sampai bentuknya pipih bundar.
  4. Kemudian jengkol yang telah pipih bundar taruh ke loyang dan jemur hingga kering.
  5. Selanjutnya jengkol di goreng yang tadi dijemur kering hingga matang. Lalu Angkat baru tiriskan dan simpan ke wadah yang kedap udara.
  6. Kerupuk jengkol telah selesai dibuat dan dapat untuk dinikmati bersama keluarga. Agar lebih nikmat dan gurih, jengkol kering yang telah digoreng bisa Anda campur dengan bumbu balado bubuk dan bumbu barbeque bubuk.

Sumber referensi:resepkuerenyah.com

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar