Skip to main content

Resep Membuat Roti Kukus Kacang Ijo

Membuat Roti Kukus Kacang Ijo

Roti merupakan makanan yang mempunyai banyak jenis dan gampang ditemukan. Roti memang makanan yang paling banyak disukai sebab roti dapat mengganjal perut namun praktis untuk dimakan. 

Karena banyak orang yang menginginkan roti maka membuat roti sekarang ini makin bervariasi, apalagi pengusaha roti makin marak dalam mengolah aneka jenis rasa dengan menambah isian ke roti. 

Persaingan pasar mengharuskan semua pengusaha memutar otak agar dapat menghasilkan roti yang enak dan disenangi banyak orang. Salah satunya roti yang diisi dengan kacang hijau. 

Mulai dari kalangan anak anak hingga dewasa dapat dengan mudah memakan dan menikmati roti karena tekstur yang empuk akan membuat mudah digigit. Maka sudah pasti apabila semua kalangan umur dapat menikmati roti dengan mudah. 
Produk roti ini akan semakin disenangi jika dibuat dengan memberi tambahan isi contohnya adalah kacang hijau. Kacang hijau ini memiliki banyak kandungan gizi yang membuat roti semakin bagus untuk dimakan. 

Cara membuat roti dengan isian kacang ijo ini lumayan bervariasi, seperti roti kukus isi kacang hijau, roti goreng isi kacang hijau dan masih banyak macam roti panggang dengan isian kacang hijau. Banyak cara untuk membuat roti isi kacang hijau dan cukup gampang dicoba oleh siapa pun. 

Membuat roti isi kacang hijau ini, memerlukan peralatan juga bahan yang sederhana dimana bisa didapat dengan gampang pada beberapa toko bahan kue dan bahan makanan. 

Roti isian kacang hijau ini dapat menjadi salah satu pilihan untuk mengganjal perut anda, kandungan serat pada roti akan membuat perut kenyang lebih lama. Apabila mau mencoba membuat roti isi kacang hijau, silahkan anda lihat resep di bawah ini :

Resep Roti Kukus Kacang Hijau

Bahan yang harus anda siapkan untuk isiannya adalah seperti dibawah ini:

  1. 151 gram kacang hijau
  2. 251 ml santan kelapa
  3. 121 gram gula pasir
  4. 2 lembar daun pandan
  5. ½ sdt garam halus

Bahan yang harus disiapkan untuk membuat rotinya adalah:

  1. 151 ml air es
  2. 51 gram mentega putih
  3. Pewarna makanan hijau pandan sesuai kebutuhan
  4. ½ sendok teh baking powder
  5. 67 gram tepung maizena
  6. 3 telur ayam
  7. 310 gram tepung terigu
  8. 76 gram gula halus
  9. 1 sdt ragi instan

Cara mengolahnya atau membuatnya seperti dibawah ini:

  1. Untuk Membuat isiannya pertama Kukus kacang hijau yang sudah dibersihkan sampai empuk kira kira 35 menit.
  2. Kedua anda campur kacang hijau kukus memakai seluruh bahan isi yang lain. Lalu Masak dengan api sedang kemudian campur hingga seluruhnya merata dan hasilnya kalis. Lalu anda Sisihkan.
  3. Ketiga untuk Membuat rotinya dengan mencampur bahan roti yang sudah disiapkan ke satu tempat. Lalu anda uleni pakai tangan hingga adonan terbentuk kalis.
  4. Keempat apabila sudah adonan diambil sesuai keperluanya lalu tambah dengan bahan isi sesuai keperluan dan buatlah hingga adonan habis.
  5. Kelima anda diamkan adonan kira kira 20 menit lalu siapkan kukusan dan tunggu hingga matang. Resep kue kukus kacang hijau siap dihidangkan.


Sumber:kompas.com