Skip to main content

Resep Untuk Membuat Kue Klepon Kenyal Legit

Anaya Lariencia

Membuat Kue Klepon

Siapa tidak pernah makan Klepon? Jika anda memang asli warga Indonesia tentu anda tidak asing dengan jajanan Klepon. Klepon adalah jajanan kue tradisional Indonesia yang disukai banyak masyarakat. 

Rasanya manisnya membuat seseorang terbuai karena kelezatan Klepon. Sekarang-sekarang ini, Klepon masih viral sebab banyak postingan di media sosial yang mengatakan bahwa Klepon adalah makanan yang disukai. mendingan. Jika sudah mari kita simak tulisan lengkap dari resep Klepon seperti dibawah ini.

Resep Kue Klepon
Masyarakat Indonesia tentu tahu apakah itu Klepon. Jika Rendang dan Nasi Goreng sudah tentu merupakan sajian utama warga Indonesia, oleh karena itu Klepon adalah makanan kue jajanan tradisional atau cemilan kesukaan Indonesia. 

Klepon dibuat dari tepung beras ketan dengan warna hijau dengan putih, yang diisi dengan gula aren/merah cair, setelah itu diberi taburan parutan kelapa. Hampir sama dengan bola salju gitu deh. Rasa manis yang meledak di dalam mulut ketika memakan Klepon.

Ketika itu, Klepon sempat viral serta digemari di Indonesia sebab postingan di media sosial menjelaskan bahwa Klepon adalah makanan yang sederhana namun memiliki rasa yang enak. Setelah diamati, klepon bisa membuat perut anda sedikit kenyang untuk mengganjal. Tentunya harga membeli dan membuat sama- sama tidak mahal. 

Cara membuat Resep Klepon. Klepon dapat dibuat sendiri di rumah serta tidak susah. Pingin tahu? Yuk anda lihat resep Klepon Kue Tradisional dibawah ini.

Yang pertama, pasti menyiapkan bahan yang dibutuhkan sebagai resep Kue klepon Indonesia. Dan bahan yang dibutuhkan membuat resep kue Klepon di indonesia? 

Dibawah ini merupakan bahan yang harus diperlukan untuk membuat resep kue Klepon Tradisional Indonesia:

  1. 260 gr tepung ketan
  2. 220 ml air
  3. 160 gr gula merah
  4. 150 gr kelapa tua, diparut
  5. 1/2 sdt garam
  6. 2 sendok makan pasta pandan atau 1 gelas sari pandan

Jangan lupa alat-alat yang dibutuhkan harus disiapkan dahulu untuk membuat resep kue Klepon. Dan alat-alat yang dibutuhkan membuat resep kue Klepon. 

Berikut alat yang dibutuhkan untuk mengolah resep kue Klepon:

  1. Pisau
  2. Sendok
  3. Talenan
  4. Panci
  5. Piring
  6. Wadah


Cara mengolah Resep kue Klepon 

  1. Sesudah alat juga bahan untuk mengolah resep kue Klepon siap, sekarang anda dapat mulai langkah membuat resep kue Klepon. Dibawah ini adalah proses cara mengolah resep kue Klepon:
  2. Yang Pertama, menyiapkan tempat untuk mengolah Resep kue Klepon.
  3. Lalu Kedua, isi tempat memakai pasta pandan kemudian campur memakai sedikit air hangat. Aduk setelah itu campur sampai merata dua-duanya.
  4. Dan Ketiga, tambahkan tepung ketan pada wadah yang berisi air hangat kemudian campur pasta pandan tersebut. Kemudian aduk buat sampai ulen seluruhnya merata.
  5. Langkah selanjutnya ambil adonan sejumput saja lalu bentuk adonan menjadi bola-bola kecil.
  6. Jika sudah anda pipihkan beri lubang sedikit di tengahnya lalu beri atau isi gula merah. Kembali bulatkan adonan tersebut.
  7. Kemudian, siapkan panci lalu  diisi dengan air. letakkan panci ke kompor setelah itu nyalakan api untuk merebus air sampai sedikit mendidih.
  8. Selanjutnya, masukkan bola adonan klepon panci.
  9. Rebus klepon di air mendidih sampai mengapung sekitar 3 menit.
  10. Jika telah matang, maka angkat klepon dan taruh di atas kelapa parut supaya kelapa parut cepat menempel ke bagian luar klepon.
  11. Selesai sudah Resep membuat kue Klepon. Klepon siap dihidangkan dan dimakan dengan teman atau keluarga.

Sumber referensi:sweetrip.id

Kamu Mungkin Suka:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar