Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Sayur Kluwek Ayam Jepara, Rasanya Dijamin Masknyus

Sayur Kluwek Ayam Jepara, Rasanya Dijamin Masknyus

sayur kluwek ayam (1)

Resep sayur kluwek ayam

Sayur kluwek ayam merupakan salah satu masakan khas dari Jepara, Jawa Tengah. Dinamakan seperti itu karena bahan utama sayur ini adalah daging ayam.

Sementara itu, bumbu khas yang digunakan adalah kluwek atau keluak yang berwarna hitam. Mirip dengan bumbu rawon khas Jawa Timur yang juga menggunakan kluwek.

Masakan ini sangat disukai oleh masyarakat Jepara dan sekitarnya. Bahkan, tidak menutup kemungkinan jarang ada warung atau rumah makan di luar Jepara menjual menu kuliner tersebut.

Mungkin kurang populer dibanding menu masakan Jawa lainnya. Namun demikian, citarasa yang dihadirkan begitu lezat.

Anda yang ingin membuktikan sendiri rasa sayur kluwek ayam khas Jepara ini bisa memasaknya sendiri di rumah. Tentu saja dengan bahan, bumbu, serta cara memasak seperti yang diinformasikan di bawah ini.

Bahan-bahan

  1. 1 ekor ayam kampung ukuran sedang
  2. 800 ml air matang
  3. 2 siung bawang putih diiris tipis
  4. 5 buah bawang merah diiris tipis
  5. 2 buah cabai merah diiris serong
  6. 300 ml santan kelapa
  7. 1 sendok makan garam
  8. ½ sendok gula Jawa disisir
  9. 1 sendok teh air asam Jawa
  10. 3 sendok makan minyak goreng untuk menumis
Baca Juga :  Bagaimana Cara Memasak Resep Bubur Manado yang Lezat? Ini Tipsnya

Bumbu yang dihaluskan

  1. 3 buah kluwek dihaluskan dan diseduh air hangat
  2. 2 cm lengkuas
  3. 1 sendok teh ketumbar
  4. ½ sendok teh terasi dibakar

Cara memasaknya

Setelah semua bahan dan bumbu diatas sudah siap, Anda bisa segera memasak sayur kluwek ayam dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Bersihkan daging ayam kampung terlebih dulu di bawah air mengalir. Lalu, potong menjadi 10 bagian dan rebus hingga empuk. Anda yang memiliki panci presto dapat merebus daging ayam tersebut sekitar 15 menit saja. Adapun Anda yang tidak mempunyai panci presto, dapat merebus daging ayamnya di panci biasa sekitar 60 menit atau hingga empuk.
  2. Setelah matang, angkat dan tiriskan daging ayam. Air rebusan ayam yang sudah menjadi kaldu jangan dibuang karena masih digunakan untuk memasak.
  3. Selanjutnya, panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng untuk menumis. Setelah panas, masukkan bawang putih, bawang merah, dan cabai merah. Tumis sebentar, lalu masukkan bumbu halus ke dalamnya. Tumis hingga tercium harum dan matang.
  4. Setelah itu, masukkan potongan ayam kampung yang sudah direbus. Aduk merata lalu tambahkan kaldu bekas rebusan ayam. kecilkan api kompor dan aduk terus perlahan.
  5. Tambahkan santan, garam, gula merah, dan air asam Jawa. Aduk perlahan hingga mendidih. Silahkan dicicipi sedikit kuahnya untuk mengkoreksi rasanya. Jika sudah pas, matikan kompor dan masakan sudah matang siap dihidangkan.
  6. Siapkan mangkuk saji ukuran sedang untuk plating. Tuangkan masakan kluwek ayam yang sudah matang di atasnya. Taburi bawang goreng secukupnya jika ada. Jangan lupa menyiapkan sepiring nasi hangat saat ingin menyantapnya.
Baca Juga :  Udang Masak Woku, Masakan Praktis Nan Lezat Dari Kota Manado

Resep sayur kluwek ayam yang diinformasikan diatas cukup mudah memasaknya. Anda bisa coba memasaknya sendiri di rumah. Selamat mencoba.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan Balasan