Lompat ke konten
Home » Resep » Recipe Schema » Mau Tahu Resep Kalio Ayam Seperti di Rumah Makan Padang?

Mau Tahu Resep Kalio Ayam Seperti di Rumah Makan Padang?

Kalio Ayam (1)
Lazada

Resep kalio ayam

Apakah Anda sudah mengetahui resep kalio ayam? Atau mungkin, Anda belum mengetahui apa itu kalio ayam. Kalio adalah masakan yang bisa disajikan saat diantara fase memasak gulai dan rendang.

Ketika kuah gulai yang dimasak sudah berwarna kecoklatan, kental, dan berminyak. Itulah yang disebut kalio. Jika fase memasak tersebut diteruskan, maka menjadi masakan rendang karena bumbunya benar-benar mengental dan kuahnya mengering.

Biasanya, kalio dapat dijumpai di rumah makan Padang yang identik dengan menu masakan berasa pedas, gurih, bersantan, dan berminyak.

Semua citarasa tersebut menyatu dan sangat menggoyang lidah. Kalio yang biasanya dimasak menggunakan bahan utama daging sapi. Sekarang, Anda bisa memasaknya dengan daging ayam.

Lalu, bagaimana cara memasaknya yang direkomendasikan? Berikut resep kalio ayam yang harus Anda baca hingga tuntas.

Bahan-bahan

  1. ½ ekor ayam kampung ukuran sedang
  2. 1 buah jeruk nipis
  3. 450 ml santan sedang
  4. 2 lembar daun salam
  5. 2 lembar daun jeruk
  6. 1 lembar daun kunyit
  7. 1 batang serai digeprek dan disimpul
  8. 1 cm lengkuas digeprek
  9. 2 cm jahe digeprek
  10. ½ sendok teh garam
  11. ½ sendok teh kaldu bubuk rasa ayam
  12. 1 sendok teh gula Jawa disisir
  13. Minyak goreng secukupnya untuk menumis

Bumbu yang dihaluskan

  1. 7 siung bawang merah
  2. 3 siung bawang putih
  3. 2 butir kemiri
  4. 10 buah cabai merah keriting
  5. 5 buah cabai rawit merah atau sesuai selera
  6. 2 buah cabai merah besar
  7. 2 cm kunyit

Cara memasak kalio ayam

Setelah semua bahan dan bumbu diatas siap, Anda dapat segera mempraktikkan cara memasak resep kalio ayam dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Bersihkan dulu ayam di bawah air mengalir. Lalu, potong menjadi 4 – 5 bagian. Lumuri semua bagian ayam dengan perasan jeruk nipis. Aduk sebentar dan biarkan sekitar 15 menit untuk menghilangkan bau amisnya. Setelah didiamkan 15 menit, bersihkan lagi ayam di bawah air mengalir.
  2. Selanjutnya, panaskan wajan penggorengan dan beri minyak goreng secukupnya untuk menumis. Setelah panas, tumis bumbu halus hingga harum. Lalu, masukkan daun salam, daun jeruk, daun kunyit, batang serai, jahe, dan lengkuas. Tumis hingga layu dan matang.
  3. Masukkan potongan ayam dan aduk merata. Lalu, tuangkan santan dan aduk perlahan. Kecilkan api kompor.
  4. Bumbui dengan garam, kaldu bubuk, dan gula merah. Aduk dan masak hingga kuahnya mengental. Pastikan daging ayam sudah matang dan empuk agar rasanya enak. Dikarenakan menggunakan jenis ayam kampung, sehingga memasaknya lebih lama.
  5. Cicipi sedikit kuahnya untuk mengkoreksi rasanya. Setelah itu, matikan kompor dan masakan kalio ayam sudah matang. Siap disajikan.
  6. Siapkan mangkuk atau piring saji untuk plating. Tuangkan masakan kalio ayam yang sudah matang diatasnya. Taburi bawang goreng secukupnya jika ada agar rasanya semakin sedap. Lengkapi dengan nasi putih hangat saat ingin menyantapnya.

Sekarang, Anda bisa memasak resep kalio ayam sendiri di rumah. Jadi, tak perlu jauh-jauh pergi ke rumah makan Padang. Selamat mencoba.

Ingin Menjadi Penulis di Topwisata, bisa banget dong!! , daftarkan dirimu dan raih penghasilannya
Penulis Lepas Kontributor Topwisata.info

Tinggalkan BalasanBatalkan balasan

Exit mobile version