Lompat ke konten
Home » Cara Membuat Lontong Sayur, Nikmat untuk Lebaran Ketupat

Cara Membuat Lontong Sayur, Nikmat untuk Lebaran Ketupat

Lontong sayur with spoon

Resep Lontong Sayur

Selain nasi uduk, nasi kuning dan juga ketupat. Lontong sayur menjadi makanan favorit yang biasa dikonsumsi masyarakat Indonesia di pagi hari sebelum mereka melakukan aktivitas bekerja.

Rasanya yang lezat dan berkuah menjadi andalan mereka yang menyukai makanan berkuah dan tidak suka makan nasi di pagi hari.

Adapun, selain untuk konsumsi sehari-hari, lontong sayur juga menjadi salah satu makanan favorit ketika momen lebaran selain juga opor ayam dan juga rendang daging.

Nah, untuk anda yang ingin mencoba membuat masakan satu ini. Berikut ini kami sajikan resep dan juga cara pembuatan lontong sayur secara sederhana.

Bahan yang Dibutuhkan

  1. Lontong yang siap dikonsumsi
  2. Labu siam
  3. Buncis
  4. Nangka muda
  5. Salam, serai dan lenguas
  6. 3 liter santan
  7. Garam, gula pasir dan minyak goreng secukupnya.
Baca Juga :  Resep Seafood Ikan Kerapu dengan Saus Merah Gurih dan Mantap

Cara Membuat Lontong Sayur

  1. Untuk membuat lontong sayur setidaknya ada 3 hal yang harus anda lakukan. Pertama adalah membuat lontong, kedua membuat bumbu dan ketiga adalah membuat bahan-bahan untuk pelengkap.

Jika anda ingin praktis anda bisa membeli lontong yang sudah jadi, jadi anda hanya tinggal menyiapkan bumbu dan bahan pelengkap saja.

  1. Untuk membuat bumbu lontong sayur, panaskan minyak pada penggorengan, lalu tumis bumbu halus, lengkuas, serai dan juga salam sampai nantinya tercium harus dari bumbu yang dimasak.
  2. Setelah itu anda bisa memasukan labu siam, nangka muda dan juga buncis yang telah diiris-iris. Kemudian aduk bahan bahan tersebut secara merata sampai semua bahan layu.
  3. Selama proses pengadukan, anda bisa menambahkan gula, garam dan juga tentunya santai. Aduk aduk semuah bahan tersebut sampai merata.
  4. Kuah sayur telah siap. Anda hanya tinggal perlu memotong motong lontong pada piring kemudian tuangi dengan bumbu yang telah dibuat tadi.
  5. Sebagai tambahan, anda bisa menambahkan telur yang telah direbus, tempe yang telah dikukus dan juga tentu saja kerupuk.
Baca Juga :  Mau Makan Rendang? Coba Rendang Ati Ampela Ayam

Nah, itulah resep dan juga cara membuat lontong sayur yang dapat anda coba di rumah. Semoga ini bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Sponsor topwisata.info